Ngga Cuma Download File 3GB dalam 3 Menit, Ini Keunggulan Lain Snapdragon 845

Spesifikasi Snapdragon 845

Setelah pertama kali terungkap eksistensinya pertengahan Mei 2017 lalu, akhirnya hari ini Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 845, chipset terkuat mereka yang akan menjadi mesin utama smartphone flagship 2018.

Acara peluncuran bertajuk Snapdragon Summit yang berlangsung di Hawaii ini tampak sekadar perkenalan saja, karena spesifikasi dan fitur baru yang mereka siapkan dalam Snapdragon 845 belum terungkap. Rumornya sih, kita akan kembali mendapatkan prosesor octa-core dengan empat inti kelas atas ARM Cortex-A75, sedangkan empat lainnya ARM Cortex-A55 berfungsi untuk menghemat daya. Untuk kebutuhan olah grafis, bakal diserahkan pada GPU Adreno 630.

Sumber: 91mobiles

Apa yang sudah diungkapkan, spesifikasi Snapdragon 845 nantinya bakal menyuguhkan kinerja yang lebih baik, makin efisien, serta peningkatan kemampuan memproses gambar dan video. Beberapa fitur Snapdragon 845 lainnya yang disinggung adalah dukungan untuk Artificial Intelligence, Virtual Reality dan Augmented Reality.

Qualcomm Snapdragon 845 juga disebutkan dibangun di sekitar enam pilar: kamera, teknologi yang mendalam seperti AR dan VR, kepandaian buatan, keamanan yang lebih kuat, Gigabit LTE, dan ketahanan baterai yang kuat dan bisa diisi kembali dalam hitungan menit.

ES Jung, yang merupakan President and General Manger of Foundry Business dari Samsung Electronics juga memastikan jika pihaknya yang akan kembali memproduksi chipset Snapdragon 845 tersebut. Hal ini sekaligus menepis rumor lama, yang menyebutkan bahwa Qualcomm bakal berpisah dengan Samsung untuk produksi chipset mereka ini. Namun nyatanya tidak demikian, dan kemungkinan besar kita bakal mendapatkan Snapdragon 845 ini kembali pada awalnya hanya akan ada di Galaxy S9.

Qualcomm Dikabarkan Bakal Ceraikan Samsung dan Rujuk dengan Pasangan Lama?

Qualcomm Dikabarkan Bakal Ceraikan Samsung dan Rujuk dengan Pasangan Lama? Benchmark Snapdragon 845 vs Snapdragon 835, Android dengan Snapdragon 845
Baca Juga

Sekilas mengenai teknologinya, jika Snapdragon 835 dibangun dengan proses manufaktur 10nm, maka penerusnya ini merupakan 10nm generasi kedua chipset, yang kini dilengkapi dengan modem LTE Snapdragon X20, yang disebutkan mampu menghasilkan konektivitas sekelas gigabit pada jaringan yang sudah mendukungnya. Bahkan Alex Katouzian, VP and General Manager, Mobile Qualcomm menyebutkan jika semua variabel terpenuhi, perangkat yang menggunakan chipset Snapdragon 845 hanya membutuhkan waktu tiga menit saja untuk mengunduh file sebesar 3GB dari ruang penyimpanan di cloud.

Sumber: 91mobiles

Apa yang menarik selama Tech Summit ini adalah kehadiran CEO Xiaomi, Lei Jun. Dia naik ke panggung untuk mengkonfirmasikan jika smartphone premium Xiaomi tahun depan dipastikan akan menggunakan Snapdragon 845. Selain Xiaomi, flagship 2018 dari Samsung, Sony, HTC dan LG juga sudah antri menggunakannya.

Namun sepertinya keadaan bakal kembali terulang seperti tahun lalu. Duo Galaxy S9 kemungkinan bakal mendapatkan chipset ini lebih awal, sedangkan flagship Xiaomi, Mi 7, mungkin bakal berakhis sebagai Android pertama di Cina yang menggunakan Snapdragon 845. Sebelumnya kami juga sudah melaporkan jika Snapdragon 845 mungkin akan menjadi mesin untuk perangkat selain Android, lebih tepatnya, laptop Windows 10.

Bakal Heboh, Ini Teknologi Masa Depan yang Melengkapi Spesifikasi Xiaomi Mi 7

Beberapa teknologi dikabarkan menjadi tren melengkapi spesifikasi Xiaomi Mi 7. Selain Snapdragon 845, apa lagi fitur yang akan menjadi tren tahun 2018?
Baca Juga

Pada hari pertama Snapdragon Tech Summit, Qualcom juga mengumumkan bahwa chipset terkuat mereka tahun 2017 ini, Snapdragon 835 bakal ditemui juga pada perangkat 2-in-1 dari ASUS dan HP. Detail mengenai produk 2-in-1 ini bakal kami ulas lebih dalam pada artikel selanjutnya.

Sumber: 91mobiles

Satu hal menarik lainnya yang diungkapkan Qualcomm pada hari pertama Tech Summit, mereka bakal mendukung usaha Google membawa OS terbarunya, Android Oreo ke perangkat kelas bawah, yang hanya memiliki memory RAM 1GB saja, melalui program Android Oreo Go Edition. Untuk yang satu ini, Qualcomm melakukannya dengan mengoptimalkan chipset kelas bawah dan menengahnya, agar bisa kompatibel dengan Oreo Go Edition.

Qualcomm Snapdragon 845 Mobile Platform

Sumber: Qualcomm