Apa sih Game Development Kit dan Perbedaannya dengan Konsol Game Biasa?

Game Development Kit
Jadi sebenernya game development kit itu apa sih?

Beberapa minggu yang lalu kita dihebohkan dengan berita game developer lokal yang Game Development Kit nya disita oleh petugas di bandara. Namun sebelum kita membahas masala itu, apakah kalian tahu apa itu Game Development Kit? Apa yang membedakannya GDK dengan konsol video game biasa?

Game Development Kit adalah satu set piranti keras dan lunak (Hardware dan Software) yang dibuat khusus untuk mengembangkan dan menguji cobakan peranti lunak untuk konsol game tersebut, seperti digunakan untuk mengembangkan video game itu sendiri atau game engine milik developer yang bersangkutan.

Game Development Kit memiliki fitur khusus yang tidak dimiliki konsol game pada umumnya, misalnya bisa disambungkan dengan komputer untuk langsung mengetes game yang dikembangkan, mempunya port khusus, bahkan sistem replikasi game juga! Wah keren juga ya.. ! Terus gimana cara dapetinnya dan berapa harganya?

Game Development Kit
Bentuk Development Kit Nintendo Switch yang berbeda jauh dengan konsolnya sumber: gamasutra

Jawaban singkatnya: Gak bisa kamu dapetin. Loh kok!?

Oke, jawaban panjangnya: Kamu harus teken kontrak dulu dengan perusahaan pemilik konsol tersebut, bisa juga harus membayar iuran keanggotaan atau iuran lainnya untuk merilis game kalian di konsol tersebut, dan pada akhirnya kamu bisa memiliki konsol khusus untuk mengembangkan game kalian.

Itu pun bisa jadi kalian harus membayar untuk Game Development Kit tersebut yang bisa saja harganya 2 atau 3 kali lipat dari konsol untuk pengguna umum. Waduh …

Memang apa bedanya sih Game Development Kit sampai ribet banget untuk dapetinnya? Klik next page untuk mengetahui lebih lanjut!