Cara Aktifkan Google Chrome Parallel Download, Accelerator Gratisan untuk Android

Google Chrome bakal mendapatkan fitur baru yang mempercepat proses unduh file. Simak panduan kami berikut untuk cara aktifkan Google Chrome parallel download.

Kalian yang hobi unduh file menggunakan browser mobile, bakal mendapatkan “peralatan” tempur baru. Memang ini belum resmi, masih dalam tahap pengujian, namun kalian sudah bisa mencobanya. Google Chrome 64 (versi Developer dari salah satu browser terfavorit) bakal mendukung mode unduh secara paralel. Artinya, dengan parallel download, kalian bakal mendapatkan dorongan kecepatan untuk mengunduh suatu file.

Cara kerja parallel download ini sendiri secara otomatis bakal aktif ketika kalian mengunduh suatu file, dengan membuat 3 tugas paralel selama mengunduh file tersebut, sehingga menambah kecepatan unduhnya.

Amankan Diri sampai Dibantu Brotli, Ini Rahasia Google Chrome di Ponsel (Update 2017)

Dari Amankan Diri sampai Dibantu Brotli, Ini Rahasia Google Chrome di Smartphone (Update 2017), tips & trick Google Chrome, tips Chrome Mobile Terbaru
Baca Juga

Fitur parallel download ini sendiri sebenarnya sudah sudah diajukan oleh tim pengembang beberapa bulan yang lalu, dan kemudian dilakukan pengujian di tengah tim. Sepertinya fitur ini bakal segera selesai, dan Google ingin melakukan uji coba langsung melibatkan pengguna Chrome mereka (versi developer tentunya).

Secara teori, seharusnya dengan fitur ini aktif, kalian bisa merasakan kecepatan unduh, meskipun Google belum menjelaskan secara resmi. Namun jika kalian penasaran, berikut cara mengaktifkan parallel download melalui browser Chrome:

Berikut cara aktifkan Google Chrome parallel download.

1

Unduh Google Chrome Developer

Kalian bisa langsung mengunduhnya melalui Play Store, gratis. Menurut pengujian kami, versi yang tersedia saat ini v64.0.3282.12 (penulis menggunakan Xiaomi Mi 6, Huawei Mate 9 dan LG V20 untuk mengujinya).

aplikasi terkait

Chrome Dev

Google LLC

4.3
starstarstarstarstar
Google menjawab kebutuhan kalian yang hobi download film berukuran ratusan MB, atau file ROM berukuran GB. Dengan cara ini, proses unduh file menjadi lebih cepat
2

Buka Chrome Developer dan Aktifkan Paralel

Setelah kalian membuka aplikasi Chrome Dev, masuk ke menu rahasia chrome://flags (ketikkan di search bar), untuk melihat daftar fitur yang masih bersifat eksperimental. Cari opsi “Parallel Download” menggunakan fungsi search di sisi atas. Atau, kalian tinggal ketikkan saja chrome://flags#chrome-parallel-download di search bar Chrome Dev.

3

Aktifkan Parallel Download

Setelah menemukan fitur Parallel downloading, sentuh kotak bertuliskan Default untuk membuka jendela. Di sana ada tiga pilihan, sentuh yang Enabled, dan kemudian diikuti sentuh toombol Relaunch Now yang muncul di kanan-bawah. Browser bakal tertutup dan terbuka kembali untuk mengaktifkan fitur parallel download.

Fitur ini seharusnya bakal diaktifkan juga untuk aplikasi Google Chrome lainnya, seperti Chrome Beta dan Chrome yang stabil. Selain parallel download, Google juga sedang menguji opsi memutar video dengan dukungan HDR, serta bisa mengatur lokasi folder pengunduhan untuk browser Chrome ke depannya nanti.

Setelah mengaktifkan opsi ini, kami memang tidak merasakan perbedaan kecepatan unduh untuk file-file yang ukurannya kecil. Namun untuk file yang ukurannya besar dan membutuhkan waktu lebih lama, seperti lebih dari beberapa detik, terasa perbedaannya.

Hal senada juga diungkapkan beberapa pengguna di XDA-Developers, bahwa fitur ini setelah diaktifkan, akan otomatis membuat tiga tugas paralel pengunduhan untuk file yang memerlukan proses pengunduhan lebih lama. Kalian yang hobi unduh file .zip / .rar suatu ROM smartphone (yang ukurannya bisa mencapai lebih dari 1GB), tentu bisa merasakan kelebihan fitur baru ini.

Bikin Jempol Anti Pegel, Ini Trik Terbaru Google Chrome untuk Smartphone (Update 2017)

Bukan Game Dinosaurus, Ini Trik Terbaru Google Chrome untuk Smartphone (Update 2017), tips Google Chrome trick, trick Google Chrome 2017
Baca Juga
Setelah kalian mencoba fitur ini, apakah juga merasakan ada perbedaan kecepatan mengunduh? Tuangkan pengalaman kalian melalui kolom komentar di bawah.
SHARE
Previous articleMiris! Indonesia Merupakan Negara Pengakses Situs Porno Nomor 2 di Dunia
Next articleIni Dia 5 Smartphone dengan Layar Terbaik di Tahun 2017!