Tiru Snapchat, Facebook Boyong Augment Reality ke Messenger

facebook messenger
Sumber: Feedough

Aplikasi pesan instan Facebook Messenger kini menghadirkan fitur efek Augment Reality (AR) seperti yang ada di Snapchat. Ini membuat Facebook mendapatkan kemampuan dari aplikasi pemberi macam-macam wajah tersebut.

Dengan demikian, pengguna Facebook Messenger bisa menambahkan efek AR dengan objek-objek realistis seperti hati atau beberapa animasi menarik lainnya dalam sebuah foto atau video yang hendak dikirim ke kontak di aplikasi.

Alasan Facebook menambahkan efek AR ke dalam aplikasinya ini sederhana. Mereka ingin membuat Messenger menjadi aplikasi yang menyenangkan dan tak cuma fokus pada komunikasi semata.

Meski tidak mengklaim fitur ini seperti bekerja sama dengan Snapchat, tampak jelas sepertinya Facebook ingin bersaing dengan Snapchat dan menaklukannya berbekal beberapa fitur yang sudah ada lebih dulu di aplikasi tersebut.

Sumber: AJC.com

Seperti yang kita tahu, Snapchat dapat menghadirkan fitur-fitur yang bisa menggabungkan wajahmu dengan berbagai bingkau lucu dan keren. Fitur AR yang dihadirkan pada Snapchat sama seperti saat kita bermain Pokemon GO.

Ditambah lagi, saat ini Snapchat sudah memiliki berbagai fitur tambahan yang dapat membuatnya menjadi aplikasi terbaik pemberi fitur efek AR. Fitur tersebut antara lain bisa menghemat data dengan Travel Mode. Dengan ini, tentunya pengguna tidak akan mengalami krisis kuota internet.

Sumber: Daily Mirror

Tidak hanya itu, ada juga fitur berbagi waktu ulang tahun yang otomatis akan aktif ketika hari ulang tahunmu tiba. Fitur lainnya adalah prediksi cuaca, voicemail, menebak judul lagu. Tentunya tidak mudah untuk mengalahkan Snapchat dengan berbagai fitur terbarunya tersebut.

Upaya Facebook mengembangkan fitur AR sendiri sebetulnya sudah diungkap sang CEO Mark Zuckerberg pada April lalu. Kala itu, Zuck yang mengisi sesi konferensi pengembang Facebook F8 di San Jose, Amerika Serikat, berkata ingin mengembangkan AR sebagai salah satu platform utama Facebook, khususnya untuk kamera.

Nggak Cuma Dewasa, Facebook Luncurkan Inovasi Baru untuk Anak-anak

Facebook telah meluncurkan aplikasi layanan pesan untuk anak-anak. Apa sih fungsi dari fitur terbaru Facebook ini? Simak bahasan berikut
Baca Juga

Waktu itu, platform tersebut sudah diluncurkan dalam versi beta tertutup untuk sejumlah pengembang. Apakah pengguna setia Snapchat akan berpaling dan berpindah ke Facebook nantinya? Apakah strategi Facebook selanjutnya untuk menghadapi fitur-fitur andalan terbaru Snapchat?