Departemen Kesehatan di Amerika Serikat: Jangan Sering-Sering Menyimpan Handphone di Samping Badan

Departemen Kesehatan Publik California Amerika Serikat memberikan peringatan untuk tidak sering menyimpan handphone di samping badan demi keselamatan.

Hidup di zaman sekarang rasanya tidak pas jika tidak membawa handphone. Pernah kebayang ngga sih, barang atau alat yang paling sulit dilepas oleh orang-orang zaman now tersebut ternyata bisa membahayakan loh.

Bukan sembarang orang yang bilang. Departemen Kesehatan Publik Amerika Serikat (CDPH) menyarankan pada kita semua untuk tidak sering menyimpan handphone di samping badan kita. Mengapa demikian?

Dr. Karen Smith, Direktur dari CDPH mengatakan bahwa walaupun saat ini ilmu pengetahuan sedang berkembang, banyak ahli kesehatan publik yang memandang bahwa handphone mengeluarkan energi (atau radiasi yang disebut EMF) dalam jumlah tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan manusia.

Tahun lalu, seorang Profesor dari University of California, Berkeley, Joel Moskowitz mencoba mencari tahu lebih mendalam khususnya resiko penggunaan handphone terhadap potensi terjadinya tumor.

Ia mendapatkan hasil bahwa handphone tipe apapun memiliki konsekuansi terhadap kesehatan khususnya tumor. Maka tak heran jika salah produsen handphone menyarankan agar menjaga jarak antara handphone dengan segala bagian tubuh.

Pihak CDPH telah resmi mengeluarkan dokumen berbahasa Inggris yang bisa kamu unduh di sini jika tertarik dan kalau kamu memang ngga percaya.

5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Membeli Smartphone Baru!

Menjelang hari libur besar justru menandakan banyaknya orang yang melirik smartphone baru. Untuk itu Teknosaurus coba buatkan tips membeli smartphone baru.
Baca Juga

Tetapi tenang, handphone di samping badan yang dimaksud di sini adalah terlalu sering menempel, bukan berarti menggunakan dalam sehari hari ya.

Tidak hanya CDPH, organisasi kesehatan lainnya seperti Connecticut Department of Health sudah memberikan peringatan pada Mei 2015 silam dengan mengatakan bahwa terlalu sering mendekatkan handphone ke dekat tubuh bisa menyebabkan kanker.

Nah buat para pecinta handphone maupun smartphone, jangan lupa untuk senantiasa menjaga jarak dengan handphone agar mengurangi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ya. Ini juga berlaku khususnya kepada para orang tua yang memiliki anak. Kalau bisa sudah diwaspadai sejak dini ya.

Sumber: Tech Crunch