Yakin Kalau Anak Mobile Legends dan DOTA Nggak Punya Masa Depan?

game moba
Sumber: Sports Douchebags

Beberapa orang berpendapat bahwa bermain game MOBA seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan DOTA hanyalah buang-buang waktu dan tidak akan menghasilkan apa-apa. Apakah benar yang mereka ucapkan? Yuk kita bahas disini.

Perlu kalian tahu jika game MOBA yang disebutkan di atas tadi termasuk dalam kategori
E-SPORT atau Electronic Sport (olahraga elektronik). Sama seperti olahraga lainnya (sepak bola, basket, bulutangkis), game juga memiliki kompetisi tersendiri. Inilah yang dinamakan dengan E-SPORT.

E-SPORT sendiri sudah diakui di Indonesia sebagai cabang olahraga resmi. Jadi seandainya kamu bermain DOTA atau Mobile Legends, itu sama saja kamu sudah melakukan olahraga yang lainnya. Selain melatih kerjasama tim, E-SPORT ini juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan.

Jika kamu merupakan orang yang berniat untuk menekuni bidang E-SPORT, tidak mustahil kamu akan menjadi jutawan, bahkan milyader seperti para pemain E-SPORT di bawah ini:

1

Peter Dager

Sumber: Esportsku

Peter Dager yang menjadi anggota dari Evil Geniuses ini adalah salah satu pemain DOTA 2 profesional yang berasal dari Amerika Serikat. Ia juga menjadi kapten dari Evil Geniuses saat menjadi juara pada turnamen The International pada 2015 dengan total hadiah sebesar US$6.000.000.

Pemain profesiaonal ini memulai karirnya dari game Heroes of Newearth. Kemudian pada akhir 2013, barulah ia menjadi seorang pemain DOTA 2 profesional. Sekarang ia sudah meninggalkan Evil Geniuses dan mulai menjadi bagian dari tim WanteD pada Januari 2017 kemarin.

2

Sumail Hassan Syed

Sumber: Autotekno – SINDOnews

Pria yang berasal dari Pakistan ini juga merupakan salah satu pemain E-SPORT yang menetap di Amerika. Sejak berusia 16 tahun, Sumail sudah menjadi jutawan. Saat ini dia menjadi bagian dari tim Evil Geniuses.

Coba tebak kira-kira berapa gaji dari Sumail ini? Dilansir dari Detik, gajinya adalah sekitar US$4000 atau sekitar 50 juta. Gileee, sudah kerjanya cuma main game, digaji sebesar itu pula.

3

Navi Dendi

Sumber: gosugamers.net

Jika kamu bertanya siapa pemain DOTA 2 terkaya di dunia, jawabannya adalah Navi Dendi. Saking besar penghasilannya, ia tercatat di dalamĀ Guniness World RecordĀ sebagai pemain E-SPORT dengan penghasilan terbesar.

Total penghasilan yang ia dapat adalah sebesar US$500.000 atau sebesar 6,7 milyar rupiah. Kamu sendiri pasti bingung mau dibuat apa uang sebesar itu. Dendi sudah memiliki toko fashion sendiri yang bernama Dendi di Ukraina.


5 Misteri di Mobile Legends yang Masih Belum Terpecahkan

Jika kamu perhatikan, ada beberapa misteri hero Mobile Legends yang tidak dimengerti sampai sekarang ini. Siapa saja sih hero dengan misteri ini?
Baca Juga

Setelah melihat penghasilan para pemain E-SPORT diatas, apa masih ada yang mengatakan kalau pemain E-SPORT tidak punya masa depan? Dengan ketekunan dan determinasi, kamu juga bisa kok menjadi satu dari mereka.