CES 2018: Samsung Luncurkan Modular TV yang Disebut The Wall

tv raksasa samsung
Sumber: TrustedReviews

Sebuah TV raksasa Samsung yang berukuran 146 inci atau sekitar 396 cm yang disebut The Wall telah diresmikan.

The Wall diresmikan kemarin (9/1/2017) pada event CES (Customer Electronics Show), sebuah pameran barang-barang elektronik yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat. TV ini menghadirkan sebuah micro-LED display.

Tampilan ini merupakan alternatif unggul untuk OLED karena menawarkan warna hitam dalam dan sorotan cerah. Namun, salah satu peneliti dari Samsung bilang bahwa produk terbarunya tersebut memiliki harga pembuatan yang sangat mahal. 

Samsung juga mengatakan bahwa teknologi modularnya akan memungkinkan TV untuk disesuaikan dengan ukuran yang akan dipesan.

Ini karena tampilan sebenarnya terdiri dari banyak modul yang ternyata lebih kecil, yang juga dapat diatur untuk membentuk dimensi yang tidak biasa. Ini merupakan contoh dari tampilan TV super lebar yang ditunjukkan secara singkat pada presentasi.

Sumber: Facepunch

Berkat pancaran cahaya otomatis yang didapat dari micro-LED display, TV ini bisa menampilkan gambar yang cerah tanpa adanya backlight. Backlight biasanya sulit untuk menampilkan gambar gelap di layar karena kelebihan pencahayaannya melampaui piksel yang menjadi sasarannya.

Sony mencoba memproduksi TV yang dibuat dari teknologi dasar yang sama di tahun 2012 lalu, namun mereka membuktikan kalau itu terlalu memakan biaya yang terlalu mahal untuk diproduksi secara massal.

Sumber: News.com.au

Keputusan Samsung untuk mengandalkan micro-LED menempatkannya dalam persaingan langsung dengan pesaing yang telah memutuskan display OLED sebagai senjata andalan mereka. “Layar micro-LED sulit diproduksi karena LED perlu ditempatkan secara terpisah ke lapisan oleh mesin”, ujar analis Paul Gray dari IHS Technology.

“Kamu bisa memiliki jutaan warna dalam satu tampilan” tambah Paul.

Seperti Inikah Penampakan Samsung Galaxy S9? (Bagian 2)

Terdapat banyak sekali bocoran mengenai penampakan Samsung Galaxy S9 dan juga S9+ yang beredar di internet. Namun kali ini nampaknya kita telah mendapatkan sumber yang terpercaya.
Baca Juga

Paul menambahkan bahwa meskipun Samsung menerapkan teknologinya sebagai produk konsumen, kemungkinan ia hanya akan muncul dalam perangkat yang berharga sangat mahal. Samsung belum menjelaskan tentang harganya sendiri.

Kelebihan yang dimiliki oleh TV raksasa ini diperkirakan bisa menarik perhatian fans Samsung yang sudah mulai meninggalkannya. Dengan ini, mereka diharapkan tidak akan move on dari Samsung. Penasaran dengan harganya? Tunggu informasi selanjutnya ya.