5 Tips Foto dengan Smartphone yang Hasilnya Bakal Kayak DSLR!

Tips Foto dengan Smartphone
Sumber: Shutterstock

Kamera pada smartphone adalah nilai jual yang saat ini paling diutamakan oleh banyak orang, baik kamera belakangnya ataupun kamera depannya. Inilah tips foto dengan smartphone, tapi hasilnya hampir mirip dengan DSLR.

Beragam vendor yang ada di pasaran saat ini saling berlomba-lomba untuk menyematkan teknologi kamera terbaik ke dalam produk smartphone besutannya. Hal itu berdasarkan keinginan dan ketertarikan pasar yang terus meningkat akan kemampuan jepret menjepret sebuah smartphone.

Dengan demikian, tak heran jika kemampuan kamera smartphone terus meningkat. Sedari ponsel genggam pertama yang hanya dibekali dengan lenca VGA, kini smartphone sampai mengemban lensa dual pixel atau bahkan dual lensa kamera yang dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization).

Sayangnya, tanpa pengetahuan yang mumpuni kemampuan lensa kamera canggih dari smartphone tersebut tidak dapat keluar secara maksimal. Akan tetapi, bagi mereka yang tahu seluk beluk dari sebuah kamera, maka teknologi lensa pas-pasan yang tersemat di dalam smarpthone sudah mampu menghasilkan kualitas foto yang indah.

Lalu, bagaimana caranya untuk menghasilkan kualitas foto yang indah hanya dengan smartphone? Berikut 5 tips foto dengan smartphone yang bisa kami bagikan kepada kamu.

1

Menyadari Tingkat Cahaya di Sekitar Objek

Tips Foto dengan Smartphone
Sumber: Shutterstock

Sebagai perangkat yang memang tidak dikhususkan sebagai alat mengabadikan momen, smartphone tentu masih memiliki sederet kekurangan yang membuatnya tidak bisa menghasilkan gambar dengan sempurna. Salah satu contohnya adalah bukaan diafragma yang masih terbatas, dan tidak bisa disempurnakan dengan lensa tambahan, layaknya DSLR.

Sayangnya, harga sebuah lensa kamera DSLR yang dilengkapi dengan kemampuan tingkat tinggi masih belum sama dengan sebuah smartphone, alias lebih sangat mahal berkali-kali lipat. Namun, keterbatasan ini tidak boleh menghalangi kamu.

Tips Memilih HP Android Motorola Terbaik untuk Bermain Game!

HP Android Motorola terbaik untuk bermain game? Motorola punya 5 variasi HP Android untuk bermain game yang bisa disesuaikan dengan bujet kamu!
Baca Juga

Langkah pertama yang wajib diperhatikan oleh fotografer bersenjata smartphone adalah dengan menyadari tingkat cahaya yang ada di sekitar objek sasaran mereka. Semakin tinggi tingkat cahayanya, tentu dengan batasan,, maka semakin sempurna pula gambar yang akan mereka ciptakan hanya dengan smartphone.

Berdasarkan pengalaman kami, menangkap objek dengan lensa kamera smartphone akan sempurna dan dapat dikreasikan secara lebih saat berada di bawah sinar Matahari langsung. Waktu yang kami manfaatkan biasanya jam 7 hingga jam 9 pagi, atau jam 3 hingga jam 5 sore, namun tidak pada kondisi mendung.

Pada jam tersebutlah Matahari dapat difungsikan layaknya flash yang selalu siap siaga bertugas.

2

Belajar Menentukan Sudut Pengambilan Gambar

Tips Foto dengan Smartphone
Sumber: Pexels

Setelah kalian menyadari tingkat cahaya yang berada di sekitaran objek, tips foto dengan smartphone berikutnya adalah belajar menentukan sudut pengambilan gambar. Hal ini merupakan salah satu dari komposisi utama yang menentukan foto yang baik di dunia fotografi.

Penentuan sudut akan menjadi salah satu penyebab tingginya kualitas dari sebuah foto yang dihasilkan. Jika kamu tidak percaya, maka silahkan cek akun instragram para fotografer dunia, yang memiliki kreatifitas tinggi dalam menentukan sudut pengambilan gambar mereka, salah satu contohnya adalah Janske Kaethoven dengan akunnya @Janske.

Tips dan Trik Menerbangkan Drone untuk Pemula dan Berbagai Pilihannya yang Mantab

Kamu harus baca tips dan trik menerbangkan drone ini jika kamu baru ingin beli drone, dijamin kamu langsung pro jika mengikuti tips ini!
Baca Juga

Setiap benda yang diabadikan oleh fotografer asal Belgia tersebut tidak hanya terpaku dari satu sudut saja. Sehingga, benda mati yang dijadikannya sebagai objek seakan hidup dan memberikan kesan yang kuat.

Nah, langkah Janske tersebut bisa kamu ikuti di awal perjalanan kamu sebagai fotografer bersenjatakan smartphone. Setiap sudut dari objek kamu memiliki arti yang berbeda-beda, dan hanya bisa dirasakan oleh sang empunya foto.

Apalagi tips foto dengan smartphone yang wajib kamu pelajari agar dapat hasilnya baik? Silahkan lihat halaman berikutnya!