Yuk Nostalgia! Mengenang Sosial Media yang Terkenal sebelum Facebook

Sosial media yang terkenal sebelum Facebook featured

Kamu pernah menggunakan salah satu dari tiga sosial media yang terkenal sebelum Facebook di bawah ini? Ketahuan deh umurnya!

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Facebook adalah platform sosial media terbesar saat ini, baik di dunia maupun Indonesia. Namun, sebelum Facebook berjaya, kita pernah juga lho seru-seruan dengan sosial media jadul di bawah ini.

Yuk simak 3 sosial media yang terkenal sebelum Facebook di bawah ini! Mana yang pernah kamu pakai?

1

Yahoo Messenger

sosial media yang terkenal sebelum Facebook
Tampilan Yahoo! Messenger, ada yang ingat Happy Tree Friends? Sumber: au.pcmag.com

Walaupun bisa dibilang Yahoo! Messenger alias YM lebih dikenal sebagai aplikasi chat, akan tetapi berbagai fitur yang ada di dalamnya merupakan bibit-bibit dari aplikasi chat/sosial media seperti LINE, WE Chat, dan sebagainya.

Fiturnya yang paling berkesan adalah IMvironment, di mana kamu bisa melakukan chatting dengan latar yang interaktif. Tersedia pula latar atau tema yang didukung oleh karakter-karakter terkenal seperti Garfield dan Dilbert.

YM juga merupakan salah satu aplikasi chat pertama yang memungkinkan penggunanya untuk membuat avatar sendiri dan mengirim file dengan mudah layaknya aplikasi-aplikasi yang ada sekarang.

Cara Download Video dari Facebook di Android Tanpa Ribet

Ingin download video dari Facebook di Android agar kamu tak perlu khawatir akan kualitas sinyal dan kuota? Ikuti caranya di sini!
Baca Juga

Yahoo! Messenger merupakan aplikasi utama untuk melakukan chatting pada masanya, dan kini masih bisa diunduh di platform Windows, Mac, Android, dan iOS.

Aplikasi ini telah menjadi nomor satu di era 2000-an hingga awal 2010-an, namun akhirnya tergeser oleh berbagai aplikasi chat dan sosial media lainnya. Sebut saja WhatsApp, LINE, WE Chat, bahkan Facebook Messenger.

Hal yang membuat Yahoo! Messenger meraja di masanya adalah fakta bahwa kebanyakan netizen pada saat itu memiliki akun email di Yahoo!. Seiring hadirnya Gmail yang lebih ringan dan kaya fitur, serta netizen yang mulai meninggalkan alamat email alay zaman sekolah, penggunaan Yahoo! Mail pun semakin menipis.

2

Myspace

MySpace sosial media yang terkenal sebelum Facebook
Ini tampilan MySpace zaman dulu. Out of date banget ya desainnya! Sumber: thefiscaltimes.com

MySpace sebenarnya lebih banyak digunakan oleh pengguna asal Amerika Serikat, namun situs ini memang salah satu sosial media yang paling besar di masanya. Hingga kini, Myspace masih aktif dan memiliki fitur utama sebagai agregator berita hiburan.

Pada masa jayanya, Myspace dipenuhi oleh pengguna yang mengunggah karya-karya mereka seperti musik, gambar, dan lain sebagainya. Banyak artis internasional yang mengunggah karya mereka di sana.

Myspace bahkan sampai memiliki perusahaan rekaman sendiri bernama Myspace Recording, untuk menggali bakat-bakat yang muncul di platform mereka.

Mengawali 2018, Mark Zuckerberg Ingin Facebook Terbebas dari Konten Negatif

Tahun telah berganti menjadi 2018 dan tentunya segala hal diharapkan akan kembali lebih baik. Begitupun media sosial Facebook yang diharapkan Mark Zuckerberg untuk terbebas dari konten negatif di awal tahun ini.
Baca Juga

Pada tahun 2005 hingga 2008, Myspace digadang sebagai situs sosial networking terbesar di dunia, dengan puncaknya pada tahun 2006 ketika berhasil menyusul Google sebagai situs yang paling dikunjungi di Amerika Serikat.

Akhirnya, situs ini kalah pamor dengan Facebook yang muncul beberapa tahun setelahnya. Pada April 2008, Myspace dikalahkan oleh Facebook dalam jumlah pengunjung di seluruh dunia. Setelah itu kawasan Amerika Serikat pun menjadi milik Facebook dengan mengalahkan Myspace pada bulan Mei 2009.

Sempat dibeli oleh Specific Media Group dan Justin Timberlake pada tahun 2011, akhirnya Myspace dibeli oleh Time Inc. pada 2016.

3

Friendster

Friendster sosial media yang terkenal sebelum Facebook
Friendster, menyakiti mata sejak 2002. Sumber: Keepo.me

Bagi anak muda Indonesia zaman old, Friendster adalah sosial media yang hampir wajib dimiliki. Seperti namanya, sosial media ini mengedepankan koneksi antarteman di dunia maya.

Kamu bisa memberikan testimoni kepada teman lain, mengunggah foto-foto, tulisan, bahkan MP3.

Fitur yang paling menarik dari Friendster pada saat itu adalah kustomisasi halaman Friendster. Dengan beberapa kode tertentu, kamu bisa mengubah halaman Friendster kamu menjadi penuh glitter, animasi, dan gambar yang kamu inginkan.

Ini Dia 5 Fakta Tentang Facebook yang Cukup Meresahkan

Facebook, jejaring sosial terbesar dunia sudah dimainkan oleh hampir setiap orang. Dibalik hal itu, tahukah kamu tentang fakta dibalik Facebook?
Baca Juga

Kamu juga bisa secara otomatsi memutar MP3 ketika orang lain masuk ke halaman Friendster milikmu.

Setelah mulai ditinggalkan penggunanya yang banyajk hijrah ke Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, Friendster mulai mengubah fungsinya menjadi situs game. Sayang, setelah bertahan selama beberapa lama, pada tahun 2015 Friendster akhirnya memutuskan untuk hiatus hingga saat yang belum bisa diketahui.


Nah itu dia deretan sosial media yang terkenal sebelum Facebook. Berapa banyak yang pernah kamu pakai? Atau justru kamu belum pernah memakainya sama sekali?