Nostalgia Gadget: Nokia N Gage, HP Gamer yang Lebih Keren dari Razer Phone!

Nokia N Gage

Trend bermain game di smartphone semakin menyebar, tidak heran jika perusahaan periferal PC gaming sekelas Razer sampai repot-repot meluncurkan produk smartphone. Namun, dulu ada HP gamer yang lebih keren dari Razer Phone, yakni Nokia N-Gage.

Kehadiran N Gage bisa dibilang sebagai awal mula dari trend konsol gaming portable. Bagaimana tidak? Sony saja baru meluncurkan PlayStation Portable atau yang akrab dikenal sebagai PSP di tahun 2005, sementara Nokia N-Gage tela diperkenalkan dua tahun lebih cepat, atau tepatnya pada 7 Oktober 2004.

Perangkat itu pun dengan cepat merebut hati banyak pihak. Pasar HP saat itu pun seakan terarah ke urusan yang serba gaming. Para anak muda yang ketika itu masih disibukan dengan PlayStation 2, sempat dibingungkan oleh Nokia N Gage.

Walaupun N Gage sering dinilai sebagai HP gagal, berkat beragam masalah yang ditimbulkannya, mulai dari penampilan jelek saat digunakan hingga game yang tidak memuaskan, namun tetap saja HP nokia tersebut adalah pelopor di dunia konsol portable.

Apa aja sih hal-hal yang harus kamu ketahui soal HP jadul Nokia N Gage? Saya pun telah merangkum banyak informasi mengenai perangkat tersebut, yang mungkin akan membuat kita semua sedikit mengenangnya atau sekedar mengetahui keberadaan dari Sang Legenda, Nokia N Gage.

Desain

Nokia N Gage
Sumber: Wikipedia

Wujud dari N Gage sangat memperkuat kesan perangkat gaming portable. Jika perangkat telepon genggam lain di masanya mengusung desain kotak dengan keypad berada di bawah layar, maka Nokia N Gage memiliki tombol yang jauh lebih banyak dan di posisikan pada kiri dan kanan layarnya.

Nokia turut menyematkan tombol kursor (kiri, kanan, atas, bawah) tepat di sebelah kiri layarnya. Pada baris yang sama, kamu juga akan melihat tiga buah tombol multimedia yang berbaris rapih, tombol select, dan  tombol clear. Pada bagian atas pojok kiri atas, kamu akan melihat tombol yang berfungsi untuk menerima panggilan.

Review Moto G5S Plus, Smartphone Kelas Menengah dengan Rasa Megah

Motorola mengejutkan dunia ketika untuk pertama kalinya memperkenalkan G5 Plus ke pasaran, sebagai smartphone menengah dengan kualitas yang unggul di kelasnya. Namun, rupanya perangkat tersebut dirasa kurang melakukan hentakan yang hebat, sehingga pihaknya memperkenalkan Moto G5S Plus.
Baca Juga

Sementara itu, keypad tiga huruf bisa kamu temui pada sisi kanan layar. Tepat di atasnya kamu akan melihat tombol yang berfungsi untuk menolak atau mengakhiri panggilan. Tepat di bawahnya, kamu bisa melihat tombol back dan juga sebuah tombol yang fungsinya cukup menjadi tanda tanya.

Banyak yang mengatakan jika N Gage adalah ponsel yang unik, namun tidak sedikit pula yang menyebut perangkat Nokia tersebut aneh. Hal itu bisa dimaklumi, pasalnya lubang microspeaker perangkat tersebut berada di bagian sisi atas layar, yang membuat pengguna terlihat aneh ketika menerima panggilan.

Nokia N Gage
Sumber: Know Your Meme

Tombol power perangkat ini bisa dilihat pada sisi kanan tubuhnya. Dikarenakan baterai perangkat ini masih bisa dilepas, tepat pada bagian punggungnya kamu akan melihat tutup baterai yang ukurannya tidak kecil. Oh iya, lubang audio jack (bukan 3,5 mm) bisa kamu temukan di sisi bawah kiri tubuh perangkat tersebut.

Bentuknya yang unik sering disamakan dengan bentuk makanan khas Amerika Selatan, yakni Taco. Dengan demikian, tidak heran jika banyak pihak yang menyebutkan sebagai Taco Phone.  Secara rinci, Nokia N Gage memiliki dimensi 134 x 70 x 20 mm. Perangkat ini terbilang ringan, karena beban yang harus ditanggung pengguna hanya 137 gram.

Display

Nokia N Gage
Sumber: Wikipedia

Kamu yang belum pernah melihat Nokia N Gage mungkin akan berpikir jika perangkat ini memiliki ukuran layar yang besar, dikarenakan fungsi lainnya sebagai konsol gaming portable. Sayangnya perkiraan kamu tersebut salah besar.

Pasalnya, N Gage hanya akan menyuguhkan layar seluas 2,1 inci. Ukuran tersebut jika dibandingkan dengan perangkat saat ini sangat tidak memungkinkan untuk digunakan. Pun demikian, pada zamannya banyak orang yang menilai ukuran itu lebih dari cukup untuk menikmati konten game.

Hal yang cukup mengesalkan jika kita berbicara display dari Nokia N Gage adalah resolusi yang disuguhkannya. Bagaimana tidak? Perangkat ini hanya akan menyuguhkan resolusi 176 x 208 piksel, resolusi yang dijamin bikin kamu sakit mata.

Review Moto Z2 Play Ini Tak Akan Membuat Kamu Berpikir Dua Kali untuk Membelinya!

Motorola adalah vendor yang namanya kembali bersinar di tahun 2017 ini. Salah satu perangkat andalannya adalah Moto Z2 Play. Kami pun berkesempatan untuk mencicipi perangkat tersebut, dan inilah hasilnya.
Baca Juga

Di sekitaran layarnya pun kamu akan melihat garis hitam yang sangat tebal. Hal itu semakin mengganggu sudut pandang kamu ketika tengah menikmati beragam game bersamanya.

Pun demikian, perlu diingat jika perangkat tersebut hadir di tahun 2003, tahun dimana smartphone masih sebuah khayalan. Tahun dimana kualitas video masih jauh untuk disebut sebagai Full HD. Tahun dimana, semua sudah cukup puas dengan layar 2 incian.

Bagaimana performa yang ditawarkan oleh Nokia N Gage? Seperti apa spesifikasi HP jadul tersebut? Seluruh jawaban dari pertanyaan tersebut bisa kamu temukan pada halaman selanjutnya.