Tips Android: Menghemat Penggunaan Baterai pada Smartphone

tips untuk menghemat baterai HP
Sumber: The Opera blog

Kamu mungkin sering bingung sendiri dan bertanya kenapa HP-mu sering lowbatt. Contohnya baterai 3100 mAh yang seharusnya bisa bertahan selama 2 hari dalam penggunaan berat seperti untuk bermain game, namun di HP-mu hanya bertahan beberapa jam. Kenapa ya? Coba simak tips menghemat baterai HP berikut.

Kemampuan baterai yang menurun akan mempengaruhi kinerjanya sehingga tidak bisa melakukan performa yang terbaik. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat penggunaan baterai HP supaya bisa membuat ponselmu hidup lebih lama.

1

Matikan Bluetooth, GPS, dan Koneksi

hemat baterai
Sumber: Hipwee

Sebagian orang pasti sering lupa untuk mematikan fitur semacam Bluetooth atau GPS setelah menggunakannya. Saat selesai mengirim/menerima file dari temanmu, jangan lupa untuk mematikan Bluetooth (lebih baik gunakan ShareIt atau semacamnya). Juga setelah selesai memesan ojek online menggunakan GPS, jangan lupa untuk mematikannya.

Ini akan membantu untuk mengurangi penggunaan daya baterai pada HP. Jika kamu ingin melakukan penghematan ‘to the max‘, matikan koneksi internet pada HP-mu. Jangan pindah ke 2G atau 3G, namun benar-benar matikan koneksi. Setelah melakukan ini, kamu akan tahu betapa iritnya penggunaan baterai saat koneksi internet dimatikan.

2

Matikan Smartphone jika Tidak Digunakan dalam Waktu Lama

irit baterai HP
Sumber: Motherboard VICE

Smartphone yang terus dalam keadaan aktif juga bisa mengurangi daya baterainya walaupun tidak secepat saat digunakan untuk membuka berbagai aplikasi. Lebih baik dimatikan saja saat kamu akan melakukan aktifitas seperti belajar di kelas, mengendarai mobil/motor atau tidur.

Namun jangan terlalu sering mematikan smartphone, karena menyalakan smartphone dari keadaan mati memakan lebih banyak baterai ketimbang mengaktifkannya dari keadaan terkunci.

3

Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu

hemat baterai
Sumber: gs5.gadgethacks.com

Terkadang kita lupa untuk tidak menutup aplikasi yang telah digunakan dengan hanya di-minimize. Walaupun sudah di-minimize, aplikasi tersebut masih menyala dan akan terus memakan daya baterai.

Karena itu biasakan untuk benar-benar menutup aplikasi yang sudah selesai dimainkan, demi lebih menghemat penggunaan baterai HP-mu.

4

Matikan Fungsi Getar

getar hp
Sumber: gs5.gadgethacks.com

Perlu kamu tahu, hanya sekedar getar di HP juga bisa jadi salah satu penyebab yang mengurangi daya baterai. Jika hanya suara, baterai tidak membutuhkan daya yang besar untuk digunakan.

Getar mungkin lebih cocok untuk digunakan pada saat bermain, agar permainan jadi lebih berkesan. Namun lebih baik kamu mematikan fungsi getar saat tidak dibutuhkan.

5

Kurangi Kecerahan Layar

kecerahan hp
Sumber: YouTube

Saat bermain HP, akan lebih baik jika kamu menggunakan cahaya yang minimal dari layar. Karena ini akan memberikan dua keuntungan, yaitu kamu bisa lebih menjaga kesehatan mata dan ini juga bisa menghemat penggunaan daya baterai.

Tips Memilih HP Android Motorola Terbaik untuk Bermain Game!

HP Android Motorola terbaik untuk bermain game? Motorola punya 5 variasi HP Android untuk bermain game yang bisa disesuaikan dengan bujet kamu!
Baca Juga

Dengan mengikuti beberapa tips itu, kamu bisa menghemat penggunaan baterai yang sebelumnya cukup boros. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman ya jika kamu rasa cukup membantu.