UC Browser Versi 12.0 Hadir! Browser Mobile Tercepat?

Pada 1 Februari 2018 kemarin, UCWeb merilis UC Browser versi 12.0. Versi ini diklaim menjanjikan pengalaman browsing yang lebih cepat dan cerdas. Apakah kita akan melihat browser tercepat untuk smartphone?

UC Browser versi 12.0 dirilis karena fakta bahwa Indonesia merupakan negara dengan traffic online menggunakan mobile di atas rata-rata. UCWeb ingin memberikan pengalaman terbaik khususnya bagi penggunanya di mana pun mereka berada.

Salah satu fitur yang ditonjolkan pada UC Browser versi 12.0 ialah penyediaan konten yang beragam. Memang UC Browser terkenal karena terintegrasi dengan konten berita dari UC News-nya.

Namun, kali ini pada UC Browser versi terbaru, mereka menambahkan sebuah algoritma yang memungkinkan untuk para penggunanya diberikan rekomendasi terhadap berita-berita yang mereka inginkan.

UC Browser versi 12.0
Shallia Li, Kepala Bagian Bisnis Internasional UC Browser, Alibaba Mobile Business Group memperkenalkan UC Browser 12.0.

Teknologi baru lainnya seperti zodiak dan cuaca ditambahkan ke dalam versi terbarunya ini. Hal ini dilakukan agar para pengguna lebih mendapatkan user experience dalam berbagai kontennya.

UC Browser 12.0 juga mendukung format pengkodean video terbaru yaitu VP9 Codec. Format ini mampu menyimpan data mobile hingga 50% dibandingkan versi yang terakhir, VP8, namun tetap mempertahankan kualitas video yang sama.

Hal ini tentu merupakan sebuh keunggulan yang dimiliki oleh UC Browser karena tidak semua aplikasi web browser bisa memainkan video dengan VP9 Codec.

Protokol QUIC (Quick UDP Internet Connections) juga didukung dalam versi terbaru dari UC Browser. QUIC adalah alat transportasi baru yang meningkatkan efisiensi bandwidth dibandingkan dengan TCP, sehingga browser mampu tampil lebih baik dan cepat dalam kondisi jaringan yang buruk sekalipun.

Alternatif UC Browser? Inilah 5 Internet Browser Terbaik buat Smartphone!

Kamu ingin internetan dengan nyaman? Berikut ini adalah 5 browser internet terbaik yang bisa jadi alternatif UC Browser untuk smartphone kamu!
Baca Juga

Teknologi tersebut cocok untuk para pengguna yang tinggal di daerah yang susah mendapatkan sinyal atau koneksi internet yang konsisten. Penulis sendiri merupakan seorang pengguna aplikasi Google Chrome untuk browsing sehari-hari.

Namun, setelah mengetahui bahwa UC Browser mengeluarkan versi 12.0, penulis menjajalnya selama beberapa hari. Ternyata hasilnya melebihi ekspektasi.

Secara umum, UC Browser versi terbaru ini sangat memudahkan penulis dalam mem-browsing internet. Protokol QUIC-nya juga langsung terasa terutama ketika penulis berada di sebuah tempat yang minim sinyal.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu menggunakan UC Browser? Sudah mencoba versi terbarunya?

Diedit oleh Arya W. Wibowo