Gelut Gadget: Redmi 4X atau Redmi Note 5A Prime, Mana yang Lebih Baik?

Redmi 4X atau Redmi Note 5A Prime

Terdapat sebuah vendor yang cukup getol menyuguhkan perangkatnya ke Tanah Air, yakni Xiaomi. Saya pun memiliki rasa penasaran yang cukup besar untuk mengadu dua perangkat keluaran vendor tersebut. Mana yang terbaik, Redmi 4X atau Redmi Note 5A Prime?

Di tahun 2017 lalu, Xiaomi bisa dibilang sebagai vendor yang paling memperhatikan kebahagiaan pasar kelas menengah kebawah. Pasalnya, vendor asal Negeri Tirai Bambu tersebut tetap rajin memperkenalkan perangkat-perangkat dengan harga yang sangat terjangkau, namun dibalut dengan harga yang terjangkau.

Tepat di bulan Mei 2017, Xiaomi memperkenalkan Redmi 4X ke hadapan publik. Terdapat 3 pilihan yang disuguhkannya, yakni RAM 2 GB + ROM 16 GB, RAM 3 GB + ROM 32 GB, dan RAM 4 GB + 64 GB. Seluruh pilihan tersebut pada akhirnya diterima oleh masyarakat Indonesia dengan sangat baik.

Setelahnya, di bulan November 2017, Xiaomi kembali memperkenalkan perangkat murah meriahnya, yang kali ini Xiaomi Redmi 5A atau Redmi Y1. Terdapat dua pilihan yang disuguhkannya, yakni RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Secara singkat, kedua perangkat tersebut memiliki komposisi yang sama di dalamnya. Tidak heran jika banyak masyarakat yang kebingungan untuk mencari mana yang terbaik dari keduamnya. Dengan demikian, saya pun melakukan riset singkat yang mungkin bisa dijadikan refrensi kamu dalam memilih salah satu diantaranya.

Berikut hasil riset  yang saya lakukan dan akan dibeberkan kepada kamu secara gamblang.

Desain

Redmi 4X atau Redmi Note 5A Prime

Xiaomi merupakan vendor yang nampak enggan untuk beribet-ribet ria untuk menghadirkan desain indah ke rangkaian perangkat murah meriah miliknya. Hal itu semakin memperkuat kesan, mereka yang memilih Xiaomi adalah mereka yang tidak terlalu pusing dengan penampilan, namun lebih ke performa.

Nah, hal itu bisa bisa dilihat pada Xiaomi Redmi 4X dan Redmi Note 5A Prime, yang sekilas sangat serupa tanpa adanya perbedaan apapun. Pun demikian, ketika kamu melihatnya secara rinci, maka terdapat perbedaan yang sangat mencolok.

Selain ukuran layar yang akan saya bahas pada poin kedua nanti, perbedaan yang sangat ketara adalah pemosisian lensa kamera utama dan LED Flash. Jika pada Redmi 4X LED Flash yang tersemat di bagian belakangnya akan berada di tepi, maka di Redmi Note 5A Prime, lensa kamera utamanya yang berada di bagian tepi.

Kamu Wajib Tahu Cara Membedakan Smartphone Xiaomi Resmi dan yang Tidak Resmi!

Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang kiprahnya sangat baik di pasar Indonesia. Sayangnya, larisnya nama vendor tersebut dimanfaatkan beberapa pihak untuk menghadirkan versi ilegalnya. Sehingga, kamu harus tahu cara membedakan smartphone Xiaomi resmi dan yang tidak resmi.
Baca Juga

Kamera utama dan LED Flash dari Redmi 4X juga berada di atas garis antena miliknya. Sementara itu, kamera utama dan LED Flash dari Redmi Note 5A Prime seakan memotong garis antena miliknya. Hal itu memang tidak berpengaruh besar, namun wajib diketahui agar dapat membedakan kedua perangkat tersebut.

Kedua perangkat tersebut sama-sama mengusung desain unibody, dengan memanfaatkan bahan aluminium di bagian punggunanya dan bahan kaca dari Corning Gorilla Glass di bagian depannya. Dengan demikian, kedua perangkat tersebut tidak memiliki perbedaan yang besar dari segi desain.

Display

Redmi 4X atau Redmi Note 5A Prime
Sumber: Kimovil

Jika soal desain Xiaomi Redmi 4X dan Redmi Note 5A Prime tidak memiliki perbedaan yang besar, maka lain halnya jika kita berbicara soal display. Kedua perangkat ini mengusung ukuran layar yang berbeda, yang mana bertujuan untuk tetap mempertahankan kasta Redmi Note.

Pada Redmi 4X, kamu hanya akan menemukan layar seluas 5 inci. Sementara itu, saat kamu memegang Redmi Note 5A Prime, maka yang akan kamu rasakan adalah sebuah perangkat dengan ukuran layar seluas 5,5 inci.

Begini Cara Jadikan SD Card Sebagai Memori Utama Xiaomi!

Smartphone memiliki memori internal, namun juga menyediakan slot SD card. Nah, begini cara jadikan SD card sebagai memori utama xiaomi.
Baca Juga

Perbedaan ukuran tersebut nampaknya sedikit berpengaruh terhadap kualitas display yang akan dirasakan oleh penggunanya. Walaupun layar Redmi Note 5A Prime jauh lebih lebar, namun resolusi yang ditawarkannya sama dengan Redmi 4X, yakni HD 720 x 1280 piksel.

Terlebih, jumlah piksel yang dimiliki oleh Redmi Note 5A Prime jauh lebih sedikit dibandingkan Redmi 4X. Jika pada Redmi Note 5A Prime kita hanya akan disuguhkan kepadatan piksel 267 ppi, maka pada Redmi 4X kepadatan piksel yang disuguhkannya adalah 294 ppi.

Kepadatan piksel tersebut tentu akan berpengaruh terhadap pengalaman pengguna dalam menikmati beragam konten di dalam kedua perangkat tersebut. Ditambah lagi, saya merupakan pengguna smartphone yang sangat mencintai layar seluas 5 inci.

redmi 4X atau redmi note 5a prime
Redmi Note 5A Prime. Sumber: Mi.com

Jadi, jangan heran jika kami menyebut Xiaomi Redmi 4X jauh lebih baik dari Redmi Note 5A Prime, saat berbicara soal display. Selain ukurannya pas, kepadatan piksel yang disuguhkannya pun jauh lebih kaya. Sehingga, saat menikmati konten pengalaman terbaik bisa terjamin.

Apalagi lagi sih kemampuan-kemampuan dari kedua smartphone besutan Xiaomi tersebut? Coba kamu cek aja di halaman berikutnya, jawaban telah saya tulis secara gamblang.