Anak Nakal? Berikut Tips Bagi Orangtua untuk Menjaga Para Kids Zaman Now di Internet

menjaga kids zaman now
Sumber: Hijrah Merah Jambu

Sekarang ini makin banyak anak-anak yang sudah mengenal dunia internet, dan berpotensi tinggi untuk mengetahui hal-hal yang belum saatnya mereka tahu. Yah, namanya juga Kids Zaman Now. Berikut adalah tips bagi orangtua untuk menjaga Kids Zaman Now.

Anak-anak yang bahkan belum duduk di bangku sekolah sudah seringkali melihat berbagai konten yang seharusnya tidak mereka lihat. Para orangtua harus segera menyadari hal ini dan menjaga anak-anak mereka sehingga tidak terjerumus ke jalan yang salah dan menjadi salah satu dari Kids Zaman Now yang sering menjadi bahan meme.

Sebelum menjadi masalah, yuk kita didik anak-anak kita sehingga tidak terjerumus ke jalan yang salah. Cara yang pertama adalah mengawasi langsung berbagai aktifitas yang dilakukan anak. Kita tahu sendiri bahwa Kids Zaman Now akan melakukan hal-hal biasa dilakukan oleh orang dewasa seperti ingin jadi YouTuber, berbicara kasar, dan lain-lain.

Dengan adanya pengawasan dari orangtua, saat anak melakukan hal yang semacam itu, kita bisa memberitahu mereka bahwa itu salah dan menyarankan kegiatan positif lainnya untuk anak seumuran mereka. Jangan sampai dengan melihat yang aneh-aneh di YouTube, anak kita menjadi punya sifat dan tingkah yang nggak karuan.

Sumber: TechBurgeon

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengajak langsung anak kita berbicara. Tanpa adanya komunikasi dengan orangtua, seringkali anak-anak kita mempelajari bahasa baru yang mungkin hanya diucapkan oleh kebanyakan orang dewasa. Sudah menjadi kewajiban kita kan untuk menegur anak nakal.

Pastikan untuk memberikan tontonan yang mendidik sesuai dengan umur mereka. Juga perhatikan berapa lama ia berada di depan layar komputer. Terlalu lama di depan layar komputer juga tidak bagus untuk anak. Batasi waktu untuk bermain komputer atau smartphone.

Berikut Adalah 7 Istilah Kids Zaman Old yang Nggak Kalah dengan Kids Zaman Now

Sudah banyak istilah yang dimengerti Kids Zaman Now seperti sleding dan tercyduk. Selain itu, hanya juga istilah yang hanya dimengerti oleh Kids Zaman Old.
Baca Juga

Kamu tidak mau kan anakmu sampai sakit mata dan tidak punya kegiatan lain selain bermain di depan komputer. Efek buruk yang didapat jika anak terlalu lama berada di depan komputer adalah mereka tidak kenal dengan lingkungan sekitar dan menjadi anak yang anti sosial.


Semoga beberapa tips itu bisa membantu dan membuat anak kita tidak menjadi Kids Zaman Now yang viral di Facebook atau Instagram dan jadi bahan bully para netizen