Nostalgia Gadget: Nokia 6600, HP yang Lebih Menggoda dari iPhone

nostalgia gadget nokia 6600

Nokia merupakan vendor HP yang ketenarannya melebihi vendor manapun di masanya. Salah satu perangkat tersuksesnya adalah Nokia 6600, yang bagi saya pribadi lebih menggoda dibandingkan iPhone.

Nokia 6600 hadir sebagai perangkat yang menembus batasan telepon genggam saat itu. Pasalnya, disaat sistem navigasi ponsel masih berupa tombol atas dan bawah (tahun 2003), Nokia menghadirkan 6600 dengan kemampuan tombol navigasi 5 arah, yakni atas, bawah, kiri, kanan, dan tekan.

Keindahan Nokia 6600 pun sempat membuat saya jatuh hati kepadanya. Masih ingat betul bagaimana dulu saya merengek sejadi-jadinya kepada orang tua hanya demi memiliki perangkat ini. Keindahannya bukan untuk dipamerkan, melainkan untuk saya genggam dan saya rasakan secara pribadi.

Alhasil, rengekan saya pun berhasil meluluhkan hati orang tua. Nokia 6600 menjadi milik saya, semua pasang mata di dunia seakan mengarah kepada saya. Teman kelas saya pun memiliki rasa penasaran yang besar terhadap Si Bulat itu, namun maaf, saat itu saya tidak suka meminjamkannya kepada orang lain.

Memangnya, seberapa indah sih Nokia 6600 itu? Apa yang membuatnya banyak dicintai oleh kalangan muda di zamannya? Berikut penjelasannya.

Desain Bulat yang Menggemaskan

nokia 6600
Sumber: eBay

Saat ini, semakin tipis sebuah ponsel maka semakin meningkat pula daya tarik yang dimilikinya. Namun, hal itu tidak berlaku di tahun 2003 hingga 2005. Pasalnya, Nokia 6600 yang berbadan bulat dan gempal saja laku keras di pasaran.

Nokia 6600 merupakan smartphone dengan layar berukuran 2,1 inci, yang telah mengadopsi teknologi TFT dengan jumlah warna yang mampu ditampilkannya adalah 65 ribu. Mungkin jika dibandingkan dengan perangkat di masa ini, layar dari Nokia 6600 bisa membuat mata pedih, berair, sakit, dan kunang-kunang.

Pun demikian, di masanya Nokia 6600 adalah barang mewah, di mana belum ada ponsel lain yang mampu menyuguhkan layar dengan warna sekaya Nokia 6600. Mata saya di saat itu seakan terhipnotis oleh keindahan layarnya.

Nostalgia Gadget: Nokia N Gage, HP Gamer yang Lebih Keren dari Razer Phone!

Trend bermain game di smartphone semakin menyebar, tidak heran jika perusahaan periferal PC gaming sekelas Razer sampai repot-repot meluncurkan produk smartphone. Namun, dulu ada HP gamer yang lebih keren dari Razer Phone, yakni Nokia N-Gage.
Baca Juga

Selain layar, pada bagian depan saya disuguhkan dengan rangkaian tombol numpad, yang bentuknya seakan menunjukan kemewahan yang hakiki. Hal yang menarik adalah tombol navigasinya yang berwarna hitam itu. Tombol itulah yang menjadi nilai jual utama dari Nokia 6600. Tombol itulah pelaku dibalik rengekan saya.

Bagaimana tidak? Dengan adanya tombol navigasi tersebut, saya tidak perlu lagi repot-repot memutar ke samping untuk mencapai folder keempat, yang notabene berada di bawah folder pertama  Saya tidak perlu lagi melewati folder kedua dan ketiga, karena dengan Nokia 6600, saya cukup menarik tombol navigasinya ke bawah.

nokia 6600
Sumber: YTIMG

Nokia 6600 juga menjadi perangkat yang menggoda berkat pemosisian tombol menerima panggilan, menolak panggilan, dan dua tombol lainnya yang samapai saat ini saya lupa namanya berada di sisi kiri dan kanan dari numpad.

Sementara itu, pada bagian belakangnya saya disuguhkan dengan desain lensa kamera layaknya DSLR. Namun sayangnya, lensa kamera yang berada di bagian tengah agak ke atas punggung dari Nokia 6600 tersebut, kemampuannya masih terbatas.

Pada bagian bawah punggungnya, kamu tidak akan melihat tulisan apapun, seperti kebanyakan smartphone saat ini, melainkan sebuah tombol mekanik yang berguna untuk membuka penutup baterai dari Nokia 6600.

Secara rinci, Nokia 6600 berdimensi 109 x 58 x 24 mm, dengan beban yang harus ditanggung oleh penggunanya adalah 122 gram.

Performa

nokia 6600
Sumber: YTIMG

Setelah membicarakan desain dari Nokia 6600, maka kini saatnya kita membicarakan hal yang cukup cringe bagi saya, yakni performanya. Jujur, ini sangat memalukan, karena saya menceritakannya di masa yang berbeda, namun ini merupakan kewajiban saya, menyampaikan informasi yang selengkap-lengkapnya.

Nokia 6600 hadir dengan CPU berkecepatan 104 MHz ARM 9. Teknologi tersebut tentu sangat sulit dibayangkan oleh para pengguna smartphone di masa ini, bukan? Namun, dengan adanya CPU tersebut saya sudah sangat terhibur, karena sudah bisa memainkan sebuah game keren saat itu, yakni Bounce.

Dalam menyempurnakan kinerjanya, Nokia memadukan CPU tersebut dengan sistem operasi Symbian 7.0s, Series 60 V2.0 UI. Dari namanya saja, saat itu terdengar sangat canggih dan menggoda jiwa saya. Pokoknya cinta banget deh.

HP Murah Nokia akan Keluar Lagi? Kali ini Pakai Android Go!

Di awal tahun 2018 ini Nokia kembali dikabarkan tengah menyiapkan hp murah, yang dipercaya menggunakan OS Android Go. Wujudnya sendiri mirip dengan Nokia 2, apa nama dari hp murah nokia di 2018 tersebut?
Baca Juga

Nokia pun memberikan ruang penyimpanan sebesar 6 MB. Walau terkesan kecil, namun rupanya ukuran tersebut masih bisa menyimpan 25 voice command slots dan voice memo. Jika dirasa kurang, maka terdapat slot MMC, yang telah dibekali dengan memori 32 MB.

Pernagkat ini tidak hanya saya gunakan untuk bertukar pesan dan melakukan panggilan saja. Namun, berkat adanya WAP 2.0/xHTML, saya sudah bisa mengakses dunia maya secara ringkas. Yang ujung-ujungnya saat itu saya mengunjungi Waptrick.

Selain itu, dengan adanya Bluetooth, saya bisa bertukar foto dengan beberapa teman yang juga perangkatnya telah dibekali konektivitas tersebut.. Ya walaupun waktu yang dibutuhkan lama, tapi tetap saja saat itu masih jarang perangkat yang memiliki teknologi tersebut.

Bagaimana kemampuan kamera dari Nokia 6600? Berapa lama baterainya mampu bertahan? Jawabannya bisa kamu cari di halaman berikutnya!

1
2
SHARE
Previous articleSedih, Ini Dia Alasan YouTuber Zaman Now yang Kurang Berhasil
Next articlePokemon GO Update: Shiny Pokemon Baru Telah Hadir Beserta Rayquaza!