Kini WhatsApp Sudah Bisa Digunakan untuk Transfer Uang, tapi di Negara Ini Dulu!

WhatsApp Sudah Bisa Digunakan untuk Transfer Uang

Salah satu aplikasi chatting terkenal di dunia, WhatsApp sudah bisa digunakan untuk transfer uang ke sesama penggunanya. Bagaimana sistemnya dan kapan sudah bisa mulai menggunakannya? Simak artikel berikut ini!

WhatsApp sudah bisa digunakan untuk transfer uang sejak dua hari lalu (18/2) di India. Berdasarkan informasi dari National Payment Corps of India (NCPI), fitur ini masih terbatas pada satu juta pengguna.

WhatsApp merilis fitur transfer uang di India karena merupakan negara dengan market terbesar saat ini. Di India sendiri terdapat sekitar 200 juta pengguna WhatsApp. Angka segitu cukup signifikan mengingat pengguna total WhatsApp di seluruh dunia lebih dari satu miliar.

WhatsApp sendiri bekerja sama dengan empat bank resmi di India. Keempat bank tersebut akan bergabung dengan United Payments Interface (UPI) sebagai servis resmi pengiriman uang aplikasi WhatsApp. State Bank of India, ICIC Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank adalah empat bank yang bekerja sama dengan WhatsApp. Namun, ke depannya diprediksi akan bertambah lagi.

Lalu bagaimana pengguna mengirim uangnya ke pengguna lainnya? Well, kamu membutuhkan rekening bank yang terintegrasi dengan nomor smartphone kamu (mirip dengan mobile banking).

Kamu akan dikirimkan SMS verifikasi dan setelah itu kamu bisa masuk ke bagian setting dan mencari tombol “Payment”.

Lalu pertanyaan yang muncul adalah, Indonesia kapan kecipratan fitur ini? Pertama-tama, jangan heran kalau memang India duluan yang dipilih untuk menjadi negara pertama yang memiliki fitur ini.

Selain jumlah penggunanya, India juga merupakan negara yang sedang naik di industri pembayaran online terutama setelah Perdana Menteri Narendra Modi membuat kebijakan yang mendukung pembayaran online seperti Paytm.

5 Fakta Menarik WhatsApp yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Sejak dirilis, WhatsApp berkembang menjadi perusahaan yang kita kenal sekarang. Tapi ada beberapa hal mengenai fakta WhatsApp yang belum kamu ketahui.
Baca Juga

Di Indonesia, pemerintah memang sudah memperkenalkan pembayaran online terutama dengan sistem uang elektronik seperti Brizzi, e-Money, atau BCA Flazz.

Kami memprediksi bahwa WhatsApp akan melirik Indonesia, tetapi bukan sebagai negara prioritas. Sayangnya, WhatsApp sendiri juga belum memberikan info mengenai negara mana dan kapan mereka akan memperluas fitur ini.

Diedit oleh Arya W. Wibowo. Sumber: Gadgets 360