Yah! Ternyata Android P Tidak Akan Mendapatkan “Mode Gelap!”

mode gelap android P
Yah, gak jadi deh ngehemat batre

Setelah kehebohan yang ramai beberapa waktu lalu, ternyata “mode gelap” di Android P hanyalah kesalahpahaman. Yah, tidak ada mode gelap android P dong!

Pada hari Jumat pekan lalu, para penggemar Android bersorak-ria karena mendapatkan konfirmasi dari Google kalau Android P atau 9.0 akan mendapatkan tema “mode gelap” tanpa harus menggunakan software tambahan. Mode gelap android P tentunya akan memberikan kelebihan bagi para pengguna Android P.

Tentunya ini membuat para penggemar girang karena “mode gelap” merupakan salah satu fitur yang cukup populer karena selain mengurangi penggunaan cahaya yang terang di malam hari, warna gelap juga dianggap mengkonsumsi daya yang lebih kecil daripada warna terang.

mode gelap android p
Yah, gak jadi deh ada mode gelap di android P.

Namun ternyata, tim Android mengklarifikasi bahwa “mode gelap android P” yang dimaksud adalah kesalahpahaman. Yang dimaksud “mode gelap android P” adalah setting untuk pengembang aplikasi yang ingin mengetes “mode malam” pada aplikasi mereka. Fungsi tersebut baru ditambahkan dalam menu “settings” di Android P untuk memudahkan para pengembang.

Berikut adalah pernyataan dari tim android:

Hi folks, you may remember me from the last three releases where it looked like Dark Mode was being added. Unfortunately, this bug was closed prematurely due to a miscommunication with the team that handles AOSP issues.

What we *have* added in a future Android release is a developer-facing setting (via Developer Options) to toggle the -night UI mode qualifier, which will make it easier for developers to create and test apps that implement night mode. This qualifier has been in the platform since Froyo (SDK 8) and globally modifiable via UiModeManager since Marshmallow (SDK 23); however, there was never an explicit toggle made available anywhere in Settings.

If it’s any consolation, we will also not be adding Hot Dog Mode (where all UI elements are yellow and red).

Menurut pernyataan dari tim developer Android, mode gelap di Android hanyalah kesalahpahaman dimana mode gelap yang dimaksud adalah mode untuk mengetes aplikasi dari pengembang yang dibuat dengan mode gelap android P. Di akhir pernyataan, mereka menambahkan kalau mereka tidak akan menambahkan hot dog mode (ini tentunya hanyalah lelucon saja)

Mengalami Berbagai Hal Ini? Itu Berarti Sudah Saatnya Buatmu untuk Ganti HP

Mungkin butuh beberapa bulan sebelumnya bagi kebanyakan pengguna smartphone untuk memutuskan mengganti HP mereka. Namun jika kamu sudah menemui berbagai hal ini, itu berarti sebuah pertanda bagimu untuk segera ganti HP.
Baca Juga

Yah sayang sekali, padahal dengan mode gelap sebagai fitur bawaan dari Android P akan sangatlah menarik bagi banyak orang, khususnya ketika malam hari karena cahaya dari handphone masih terasa sangatlah terang walau intensitas cahayanya sudah paling rendah.

Bagaimana menurut kalian, apakah ini cukup mengecewakan? Bagikan artikel ini di media sosial kalian dan jangan lupa untuk memberikan komentar di kolom komentar di bawah ya.

Diedit oleh Arya W. Wibowo