Udah Gak Zaman Apple vs Android, Google Search Kini Tersedia di iMessage

Udah ga Zaman Apple vs Android, Google Search Kini Tersedia di iMessage

Di tahun 2009-2013 muncul sebuah tren di mana terdapat kubu Apple dan kubu Android yang sama-sama menyanjung tinggi gadget andalan mereka yaitu gadget Android dan gadget iPhone. Sekarang hal ini sudah bukan zamannya para fanboy berantem, antara kubu Google/Android dan Apple/iOS justru saling melengkapi.

Hal ini ditunjukkan dengan mulai meningkatnya dukungan Google terhadap perangkat buatan Apple. Jika kamu melakukan pembaruan aplikasi di sistem iOS, maka kamu akan menemukan fitur Google Search di iMessage.

Udah ga Zaman Apple vs Android, Google Search Kini Tersedia di iMessage
Sekitar tahun 2009-2013, para fanboy Apple dan Android saling “berperang” hanya untuk menunjukkan gadget siapa yang lebih baik.

Layaknya fitur Google Search di perangkat lainnya. Kamu bisa melakukan berbagai layanan yang disediakan Google seperti mencari informasi, situs, gambar hingga video melalui Google Search.

Pembaruan sistem iOS kali ini juga bisa memilih untuk menggunakan aplikasi chatting default yang sebelumnya kamu harus menggunakan aplikasi chatting bawaan Apple. Fitur Google Search ini memang menjadi fitur utama di iMessage.

Para pengguna hanya perlu menuliskan kata kunci yang ingin dicari di Google Search melalui iMessage. Kemudian para pengguna bisa langsung mengirimkan tautan dari hasil pencarian Google Search tersebut.

Selain itu, Google Search yang terdapat di iMessage ini juga menjadikan para pengguna bisa berbagi ekspresi menggunakan GIF, gambar bergerak yang memang saat ini juga menjadi bahan meme comic sebagai wakil ekspresi yang mau para pengguna tunjukkan.

Udah ga Zaman Apple vs Android, Google Search Kini Tersedia di iMessage

Google Sendiri pada dasarnya sedang mengembangkan aplikasi chatting dengan sistem RCS (Rich Communication Services), yang artinya aplikasi chatting tersebut adalah pesaing langsung bagi iMessage.

Ternyata Google tidak menganggap bahwa iMessage sebagai musuh, melainkan menjadikannya sebagai partner untuk terus mengembangkan Google Search di iMessage.

Memang sejak tahun 2017 lalu, Google terlihat terus mengembangkan berbagai aplikasinya untuk bisa hadir di perangkat besutan Apple.

View Image di Google Hilang, Ini Alasan dan Cara Mengembalikannya!

Google secara mengejutkan menghilangkan tombol View Image di Google Search. Namun, sudah banyak extension yang mencoba mengembalikan tombol tersebut. Tapi sepertinya tidak akan bertahan lama.
Baca Juga

Seperti Google Photo untuk menyajikan gambar yang tersimpan di perangkat Apple, Youtube untuk menonton dan mengunggah video, serta Google Maps yang justru awalnya Apple secara default memiliki aplikasi GPS sendiri.

Kamu sendiri merasakan pentingnya fitur-fitur dari Google di Apple? Yuk kita ngobrol bareng soal itu di kolom komentar!

Diedit oleh Arya W. Wibowo