Tumblr Diblokir karena Konten Dewasa? Seharusnya Kemkominfo Blokir Juga 4 Situs Ini!

Kemarin, warganet Indonesia dihebohkan dengan manuver yang dilakukan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dengan memblokir salah satu situs microblogging, Tumblr.

Berkat aksi tersebut, netizen pun ramai di berbagai media sosial, terutama banyak yang menanyakan alasan logis dari Kemkominfo melakukan pemblokiran tersebut.

Dua alasan Tumblr diblokir oleh Kemkominfo adalah pertama, terdapat lebih dari 360 akun yang mengunggah konten asusila. Kedua, tidak adanya reporting tools untuk melaporkan konten berjenis tersebut.

Pemblokiran ini tentu bukanlah yang pertama. Situs seperti Reddit dan Vimeo juga saat ini masih dalam status blokir karena alasan yang sama, yaitu terdapat konten asusila di dalamnya.

Melihat hal tersebut, seharusnya tidak hanya Tumblr saja yang diblokir, tapi juga 5 situs ini karena mengandung konten asusila di dalamnya. Apa saja itu?

1

Twitter

Tumblr diblokir

Salah satu media sosial yang mulai “ditinggalkan” oleh mayoritas netizen Indonesia ini pun ternyata memiliki banyak sekali konten asusila, atau konten dewasa di dalamnya.

Tanpa mengurangi rasa hormat, dan dari pengalaman saya menggunakan Twitter selama beberapa tahun terakhir, saya pernah melakukan riset dan memang benar menemukan banyak sekali konten asusila di sana.

Contoh konten yang marak di Twitter adalah akun-akun Twitter yang mengunggah video-video cuplikan film dewasa, foto dengan busana terbuka, hingga akun yang diduga menawarkan jasa prostitusi. Mengerikan juga ya!

Kamu bisa mencarinya dengan mudah lewat fitur pencarian di Twitter dengan berbagai kata kunci yang sifatnya “dewasa”. Jadi, kapan nih Twitter bakal diblokir?

2

Instagram

Tumblr diblokir

Sebuah platform media sosial yang awalnya digunakan untuk mengunggah foto, kini juga bisa digunakan untuk mengunggah video pendek lewat fitur Instagram Story.

Namun, ternyata di Instagram juga masih banyak ditemukan akun-akun yang mengunggah foto atau bahkan story yang sifatnya konten dewasa.

Fitur report? Tentu saja ada. Namun, pada kenyataannya terdapat banyak sekali akun-akun seperti itu di Instagram. Terlebih lagi, Instagram tidak memiliki filter umur, sehingga ditakutkan anak di bawah umur bisa dengan mudah mengaksesnya.

Caranya gampang kok, tinggal search saja nama akunnya, atau menggunakan hashtag tertentu, lalu tinggal follow. Bahkan tidak perlu follow pun, sudah bisa melihat kontennya. Jadi, apakah Instagram yang akan diblokir berikutnya?

3

Google

Tumblr diblokir

Ya, Google, mesin pencari yang kita agung-agungkan selama ini merupakan salah satu situs yang mampu mencari banyak konten asusila, atau konten yang hanya boleh dinikmati oleh orang dewasa.

Tumblr diblokir? Tidak masalah, tinggal Google saja dengan kata kunci tertentu untuk mencari gambar-gambar yang sifatnya “dewasa”. Bahkan, Google masih memberikanmu situs-situs dewasa (biasanya lokal) yang ternyata masih belum terblokir oleh Kemkominfo.

Menurut kamu, apakah Google juga akan diblokir?

4

Facebook

Tumblr diblokir

Wah, masa Facebook harus diblokir juga? Ya, karena seperti Instagram dan Twitter, Facebook juga terdapat akun-akun yang rutin mengunggah konten-konten asusila, baik itu akun personal, fanpage, maupun verified fanpage. Ya, verified.

Apakah Facebook memiliki fitur report? Tentu saja ada. Tapi kembali lagi, apakah kita bisa menjamin kalau Facebook akan menutup fanpage tersebut yang sudah memiliki lebih dari 1 juta penggemar di seluruh dunia?

Cara Download Video dari Facebook di Android Tanpa Ribet

Ingin download video dari Facebook di Android agar kamu tak perlu khawatir akan kualitas sinyal dan kuota? Ikuti caranya di sini!
Baca Juga

Sama saja dengan Instagram, untuk melihat konten tersebut, yang dibutuhkan oleh pengguna Facebook hanya kemampuan untuk mencari keyword di fitur pencari yang terdapat pada Facebook.

Jadi, setelah Tumblr diblokir, apakah Facebook juga akan terblokir?

Lantas, bagaimana solusi terbaik selain blokir?

Internet adalah sebuah dunia yang begitu luas. Di dalamnya, berisi banyak sekali konten beragam jenis dan tipe, mulai dari yang aman untuk segala umur, hingga konten-konten sensitif yang terlalu kejam/asusila untuk diperlihatkan.

Tumblr diblokir

Ya, kebebasan berinternet pun menjadi salah satu faktornya, karena memang pada dasarnya internet adalah dunia bebas, kamu bisa melakukan apa saja di sana jika memang kamu berani menanggung risikonya.

Apakah pemblokiran solusi terbaik? Tidak, blokir adalah solusi yang bersifat sementara, bahkan menurut saya kurang tepat, karena terdapat konten-konten kreatif yang juga terkena imbasnya.

Tapi di sana kan ada konten dewasanya. Ya, seperti yang kamu bisa baca sebelumnya, di Facebook hingga Instagram pun banyak sekali konten dewasa, apakah kita harus sampai ke pemblokiran media sosial juga?

Terdapat dua solusi yang menurut Teknosaurus.com, bisa diambil oleh Kemkominfo:

1. Mengedukasi masyarakat untuk penggunaan internet sehat

Tumblr diblokir

Hal inilah yang paling efektif untuk menyadarkan masyarakat bahwa internet bukan tempat untuk mencari konten asusila semata. Namun, internet adalah tempat kita mencari informasi, inspirasi, bekerja, hingga menampilkan karya kita di sana.

Tidak hanya di situ saja, Kemkominfo juga dapat menyampaikan kepada masyarakat tentang bahaya-bahaya yang bisa didapatkan dari menggunakan internet, seperti konten hoax yang bisa memecahkan persatuan, atau konten dewasa yang katanya mampu merusak moral dan meresahkan para orang tua.

Dengan begini, para orang tua pun bisa menyampaikan ke anak-anaknya, atau kerabatnya, agar tidak terjerumus melihat konten yang tidak seharusnya mereka lihat.

2. Menggunakan firewall satu negara (intranet)

Tumblr diblokir
Screenshot Weibo, sosial media buatan Cina untuk digunakan di Cina

Cara kedua bisa dibilang efektif, namun pastinya akan menimbulkan banyak pro kontra dalam penggunaannya. Yang dimaksud intranet di sini adalah jaringan internet yang hanya bisa diakses dari dalam negara itu sendiri, dan diawasi total oleh pemerintah penggunaannya.

Dengan begini, pemerintah atau Kemkominfo bisa membatasi seluruh aktifitas pengguna internet di Indonesia, mulai dari situs apa yang bisa mereka akses, hingga konten apa yang dapat mereka download.

Namun, membuat sistem ini tentu tidak murah. Jika ingin total memiliki akses internet yang “aman”, kita harus memiliki sosial media sendiri seperti di Tiongkok yang memiliki WeChat, dan Weibo. Sehingga semua bisa terpantau oleh pemerintah.

Anak Nakal? Berikut Tips Bagi Orangtua untuk Menjaga Para Kids Zaman Now di Internet

Sekarang ini makin banyak anak-anak yang sudah mengenal dunia internet, dan berpotensi tinggi untuk mengetahui hal-hal yang belum saatnya mereka tahu. Yah, namanya juga Kids Zaman Now. Berikut adalah tips bagi orangtua untuk menjaga Kids Zaman Now.
Baca Juga

Akhir kata, Tumblr diblokir merupakan salah satu langkah Kemkominfo dalam menggalakkan budaya internet sehat. Akan tetapi, sayangnya langkah ini menimbulkan banyak collateral damage bagi user yang ingin mengakses konten yang bermanfaat.

Jadi, apakah Kemkominfo akan memblokir 4 situs yang disebutkan sebelumnya, atau menggunakan salah satu dari 2 solusi di atas?