10 Keuntungan yang Bisa Didapat dari Upgrade OS Android Marshmallow ke Nougat

android marshmallow to nougat

Sebagian besar dari kamu mungkin masih menggunakan OS Android Marshmallow. Pernah nggak sih untuk kepikiran upgrade ke Nougat? Nggak usah Oreo deh, Nougat saja juga memberikan keuntungan yang cukup bagus kok. Berikut adalah 10 keuntungan yang bisa kamu dapat dengan upgrade OS Android Marshmallow ke Nougat.

1

Mode Doze yang Sudah Berkembang

Sumber: Android Authority

Pada OS Android Marshmallow, telah diperkenalkan mode Doze untuk tujuan menghemat penggunaan baterai HP. Saat layar mati dan ponsel tidak bergerak, HP akan mengonsumsi lebih sedikit penggunaan baterai.

Agar cara ini bekerja, kamu harus memosisikan HP agar membuat Doze bisa bekerja, contohnya kamu tidak boleh membawa HP di kantung sambil memantul-mantul (ada pergerakan dari HP).

Sekarang dengan Android Nougat, Doze akan bekerja begitu layarmu mati dan masih akan bekerja walau ponselmu bergerak. Saat mengupgrade ke Nougat, mode Doze ini akan otomatis aktif, jadi kamu tak perlu repot-repot berusaha untuk mengaktifkannya lagi.

2

Perubahan Notifikasi

Sumber: Telset.id

Tampilan, rasa, dan penggunaan dari notifikasi terlihat berbeda di Nougat. Tampilan notifikasi terlihat lebih lebar dan bahkan bisa mengisi seluruh layar, juga terdapat sedikit ruang pada tiap notifikasi.

Tergantung dari aplikasi yang digunakan, kamu bisa membuka beberapa notifikasi dan membalasnya langsung tanpa harus membuka aplikasinya. Contohnya seperti Line dan WhatsApp, juga Messenger dan Hangouts yang mempunyai fitur quick-reply.

3

Penggunaan Split-screen

Sumber: Pocket-lint

Split-screen atau layar yang terbagi adalah salah satu keuntungan yang juga didapat dari upgrade ke Android Nougat. Sekarang kamu bisa menggunakan lebih dari satu aplikasi dalam satu layar.

Tinggal buka satu aplikasi yang ingin kamu gunakan di layar, lalu tekan dan tahan tombol segiempat pada bagian bawah untuk memilih aplikasi lainnya yang ditambahkan ke layar.

Dengan Nougat sekarang kamu bisa membuka Google Maps dan Spotify dalam satu layar tanpa perlu meminimize salah satu dari mereka. Sekarang sudah banyak aplikasi yang mendukung fitur ini.

4

Penggunaan Baru untuk Tombol Overview

Sumber: Android Authority

Berbicara tentang tombol overview, sekarang ia sudah memiliki fitur baru yang cerdik. Dengan double tap pada tombol itu, sekarang kamu bisa dengan cepat bergerak kembali pada aplikasi apa saja yang sebelumnya kamu gunakan.

Seperti pada mode split-screen, kemampuan ini bisa membuat berbagai aplikasi yang dibuka memiliki pengaruh yang besar kepada pengguna. Dan ini juga menunjukkan kalau Google menyadari bahwa lebih banyak pengguna ingin ponselnya memiliki kemampuan multitasking yang sangat membantu pekerjaan mereka sehari-harinya.

Mantab, Ini 14 Smartphone Xiaomi yang Bisa Di-update ke Android Nougat!

Yay! Kabar gembira buat Mi Fans! 14 smartphone Xiaomi sudah dikonfirmasi mendapat update ke Nougat! Cek di sini untuk cari tahu punya kamu masuk atau enggak
Baca Juga

Masih ada kelebihan lainnya yang didapat dengan upgrade Android Marshmallow ke Nougat dan pastinya akan sangat membantumu. Yuk simak halaman selnjutnya!