3 Tips agar Smartphone Tidak Terkena Hack

3 Tips agar Smartphone-mu Tidak Terkena Hack

Pernah mengalami smartphone terkena hack? Sebelumnya kita sudah membahas mengenai ciri-ciri smartphone terkena hack, beberapa di antaranya adalah smartphone cepat habis baterainya, cepat panas, dan muncul aplikasi yang tidak diinginkan.

Layaknya sebuah penyakit pasti ada obatnya. Meskipun belum ditemukan obatnya, setidaknya ada cara untuk pencegahan penyakit itu datang. Smartphone terkena hack bisa jadi karena memang kelalaian pengguna yang kurang apik untuk menjaga gadget-nya dengan baik.

Lalu bagaimana kira-kira untuk menjaga smartphone kita dengan baik? Pada dasarnya ada banyak cara dari yang sifatnya dasar maupun advanced. Kali ini kita akan membahas 3 tips umum, untuk menjaga smartphone kita dari terkena hack. Yuk cekidot!

1

Pasang Password

3 Tips agar Smartphone-mu Tidak Terkena Hack

Terkadang memasang kata sandi dianggap hal yang sepele. Padahal hal ini penting untuk menjaga smartphone kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Memasang kata sandi atau password adalah cara yang paling umum untuk menjaga smartphone kita. Bahkan sekarang sudah banyak sekali skema password yang bisa digunakan, seperti dengan sandi angka, huruf, bahkan fingerprint dan face scanner.

2

Hati-Hati dengan file APK

3 Tips agar Smartphone-mu Tidak Terkena Hack

File APK adalah salah satu format file program Android yang biasanya berisi package untuk menginstal aplikasi Android tertentu. Kamu bisa mendapatkan file APK di beberapa situs yang memang menyediakan file tersebut jika kamu kesulitan ketika mengunduh aplikasi dari Play Store.

Sayangnya tidak semua file APK bersih dari virus dan script berbahaya lainnya. Mengunduh APK secara sembarangan, bisa saja akan menginfeksi smartphone kamu yang artinya smartphone kamu rawan untuk di-hack.

Hindari mengunduh APK dari situs yang tidak jelas asalnya. Terutama situs yang terkadang menawarkan film atau lagu tapi yang kamu unduh malah berbentuk APK bukannya lagu. Berbagai situs aplikasi bajakan juga terkadang menyelipkan APK berbahaya yang bisa saja menjadikan smartphone kamu bisa terkena hack.

3

Root Seperlunya

3 Tips agar Smartphone-mu Tidak Terkena Hack

Akses Root biasanya digunakan untuk para pengguna yang memang sudah berpengalaman terhadap Android atau setidaknya mengerti dasar Linux. Sayangnya para pengguna awam terkadang terjebak dengan hal ini.

Terkadang ada pengguna awam yang mengira bahwa dengan menjadikan gadget mereka dalam mode Rooted akan menjadikan smartphone-nya lebih bagus performanya. Padahal akses Root hanyalah sebuah jalan untuk membuka akses admin. Sehingga segala otak-atik sistem dapat dilakukan.

Uh Oh! Inilah Gadget Terburuk di Tahun 2017!

Gadget terburuk di 2017 ternyata ada banyak banget loh, bahkan bisa bikin kamu geleng-geleng parah. Emang produk apa aja sih yang masuk ke daftar ini? Cek aja disini.
Baca Juga

Hal ini sangat berbahaya jika kita tidak tahu apa yang kita lakukan. Salah-salah sistem bisa dirusak oleh software yang berbahaya. Yang awalnya software tersebut tidak dapat berbuat apa-apa, karena akses Root telah dibuka, akhirnya software berbahaya tersebut bisa merusak smartphone kamu.

Lakukan Root jika memang kamu mengerti apa yang hendak dilakukan. Selain itu, usahakan agar tidak menggunakan akses Root.


Itu dia 3 tips buat kamu yang ingin menjaga smartphone-mu dari terkena hack. Kamu punya saran yang lebih baik lagi? Share aja di kolom komentar!

Diedit oleh Arya W. Wibowo

SHARE
Previous articleWaspada, Inilah 7 Ciri-Ciri Smartphone Kena Hack!
Next articleGame Berburu Dinosaurus Mirip Pokemon GO Akan Segera Hadir!