Coba Tebak: Lebih Setia Mana, Pengguna Android atau iOS?

android atau ios
Sekitar tahun 2009-2013, para fanboy Apple dan Android saling "berperang" hanya untuk menunjukkan gadget siapa yang lebih baik

Memang sudah bukan zamannya Android vs Apple. Hanya saja, persaingan di antara keduanya memang tidak bisa terpisahkan.

Baru-baru ini ada kabar menarik antara keduanya. CIRP (Consumer Intellegence Research Partners) sebuah badan riset dari Amerika menyatakan bahwa tingkat kesetiaan para pengguna Android lebih tinggi dibandingkan pengguna iOS.

Riset ini telah menemukan bahwa loyalitas atau kesetiaan para pengguna Android cenderung stabil dari tahun 2016 dan meningkat tinggi hingga sekarang. Pada hari ini, tingkat kesetiaan tersebut tercapai hingga 91%.

Lebih Setia Mana, Pengguna Android atau iOS?
Grafik Tingkat Loyalitas Penguna dari Banyaknya Pengulangan Pembelian

Dari Januari 2016 hingga Desember 2017, kesetiaan pada pengguna Android berada di kisaran 86% hingga 91%. Sedangkan para pengguna iOS justru berada di kisaran 80-86%.

Mike Levin, selaku pendiri dari CIRP mengatakan bahwa para pengguna cenderung loyal karena berdasarkan perilaku mereka. Para pengguna berpikir hanya ada dua produk yaitu antara Apple dan Google.

Para pengguna memilih, menggunakan, dan belajar terbiasa dengan gadget-nya. Setelah itu para pengguna akan invest untuk menikmati layanan aplikasi dan cloud storage dari Apple ataupun Google.

Itulah alasan mengapa antara Apple dan Google sekarang cenderung fokus di bidang service. Hal ini bisa dilihat dari para perilaku penggunanya. Para pengguna iOS cenderung mengandalkan integrasi setiap produk Apple ke iPhone. Seperti App Store, iTunes, iCloud dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk para pengguna Android, loyalitas dilihat dari seringnya ganti-ganti jenis smartphone tapi tidak meninggalkan Android di dalamnya. Hal ini juga didukung dari berbagai merk smartphone yang berbasis Android, para pengguna bisa ganti-ganti spesifikasi sesuai keinginan mereka tanpa harus meninggalkan Android.

Meskipun begitu, tidak menjadikan pengguna Android sebagai pengguna yang paling loyal sepanjang masa. Pada tahun 2013, pengguna iOS cenderung memiliki tingkat loyalitas jauh lebih tinggi dibandingkan pengguna Android.

Tingkat Jumlah Pengguna Android dan iOS di tahun 2012-2013

Kesimpulan yang dapat diambil. Untuk saat ini pengguna Android memang jauh lebih loyal dibanding pengguna iOS. Hal ini bukan disebabkan karena gadget yang ditawarkan, melainkan integrasi services yang diberikan oleh Google maupun Apple.

Hingga saat ini Android dan iOS justru saling melengkapi. Seperti saat ini, fitur Google Search di iMessage yang dulunya belum ada.

Udah Gak Zaman Apple vs Android, Google Search Kini Tersedia di iMessage

Udah ga zaman apple vs android sekarang, Google sebagai pengembang Android justru sedang gencar-gencarnya mendukung perangkat Apple. Buktinya, Google Search kini tersedia di iMessage
Baca Juga

Diedit oleh Arya W. Wibowo. Sumber: Techcrunch.