Jangan Asal Pilih! Inilah Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Android Baru

memilih android baru

Ponsel Android menjadi makin populer dari hari ke hari. Ini karena ponsel Android diharapkan menjadi semakin kuat, menarik, dan juga lebih mudah untuk digunakan. Saat ingin memilih Android baru, perhatikan dulu hal-hal berikut agar kamu tidak menyesal nantinya.

Operator

Sumber: mivecblog.com

Terkadang memilih operator menjadi lebih penting daripada memilih Android itu sendiri. Ini karena ponsel Android yang paling mahal dan mendapat review terbaik sekalipun tidak akan memberikanmu keuntungan jika layanan operator yang kamu gunakan tidak berfungsi dengan baik di daerahmu.

Bahkan negara maju sekalipun punya daerah di mana sinyal sangat buruk sehingga tidak bisa menerima layanan operator dengan baik. Jika kamu adalah salah satu dari pengguna yang tinggal di daerah tersebut, maka kamu adalah orang yang kurang beruntung.

Sebelum kamu menetapkan ingin menggunakan suatu tipe ponsel Android, cari tahu dulu operator manakah yang terbaik untukmu. Kamu bisa menemukannya dengan bertanya kepada teman atau kerabat terdekat tentang operator apa yang mereka gunakan serta berbagai tawaran menarik yang diberikan.

Layanan 4G

Sumber: Enciety

Faktor lain yang perlu diperhatikan saat memilih Android baru dan operatornya adalah apakah itu mendukung jaringan 4G yang terbaru. Android adalah ponsel pertama yang bisa berjalan di jaringan super cepat 4G.

Sayangnya tidak semua Android mendukung jaringan 4G. Jika jaringan super cepat merupakan hal yang sangat penting untukmu, pastikan kalau operator yang kamu gunakan menawarkan jaringan 4G dan ponsel Android yang mendukungnya.

Desain

Sumber: vWork Support – vWorkApp

Karena ponsel Android dibuat oleh banyak pabrik, kamu mempunyai berbagai ragam pilihan saat memilih. Ini berarti kamu bisa memilih yang cocok dengan kebutuhanmu. Salah satu hal yang sangat penting saat memilih desain ponsel Android adalah apakah itu mempunyai fungsi full keyboard atau tidak.

Kebanyakan Android adalah perangkat yang hanya memiliki tombol touch screen. Walaupun terlihat agak keren, namun itu tidak memiliki keyboard fisik yang suatu saat bisa berfungsi. Contohnya seperti Android Motorola Droid 4 yang memiliki keyboard fisik. Ini akan berfungsi jika sewaktu-waktu touchscreen bermasalah.

Fitur lain yang perlu diperhatikan pada sedain suatu ponsel adalah ukuran layar dan resolusi. Banyak ponsel Android yang menawarkan layar lebar, mulai dari 4 sampai 4.3 inci, yang bersahabat dengan tangan maupun mata.

10 Keuntungan yang Bisa Didapat dari Upgrade OS Android Marshmallow ke Nougat

Sebagian besar dari kamu mungkin masih menggunakan OS Android Marshmallow. Pernah nggak sih untuk kepikiran upgrade ke Nougat? Nggak usah Oreo deh, Nougat saja juga memberikan keuntungan yang cukup bagus kok. Berikut adalah 10 keuntungan yang bisa kamu dapat dengan upgrade OS Android Marshmallow ke Nougat.
Baca Juga

Namun layar yang lebih lebar berarti juga ponsel yang lebih besar. Dan ponsel yang besar akan lebih sulit untuk masuk ke kantung. Lalu ponsel yang sangat besar juga tidak akan nyaman bagi telinga saat digunakan untuk menelpon.

Sebuah resolusi layar ponsel juga penting seperti pada ukurannya. Umumnya, lebih besar resolusi yang dimiliki, lebih jelas dan lebih mantap juga tampilan yang dihasilkan. Jika memungkinkan, cobalah dulu ponsel yang sebelum kamu beli saat berada di toko.

Perhatikan seperti apa tampilan yang diperlihatkan kepadamu. Kamu juga harus mencobanya dari berbagai pencahayaan, terutama sinar matahari yang mempengaruhi tampilan layar secara drastis.

Kamera

Sumber: Gadget Hacks

Semua ponsel Android memiliki perbedaan walaupun hanya sedikit, termasuk pada kamera yang mereka tawarkan. Beberapa Android menawarkan kamera dengan 3 megapiksel, sedangkan sebagian lainnya menawarkan kamera sampai dengan 8 megapiksel.

Beberapa menawarkan kamera depan yang berfungsi untuk merekam video, dan beberapa hanya mempunyai kamera belakang.

Tidak semua Android dapat menghasilkan foto atau video dengan kualitas HD, jadi pastikan untuk memilih Android yang sesuai dengan kebutuhanmu. Contohnya jika kamu seorang YouTuber, pilihlah ponsel yang dapat menghasilkan video dengan kualitas HD demi kesempurnaan konten yang kamu tampilkan.

Tips Android: Menghemat Penggunaan Baterai pada Smartphone

Kamu mungkin sering bingung sendiri dan bertanya kenapa HP-mu sering lowbatt. Coba simak tips untuk menghemat baterai HP berikut.
Baca Juga

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih Android baru. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu jika kamu pikir cukup bermanfaat. Simak tips gadget lainnya di Teknosaurus.com.

Diedit oleh Arya W. Wibowo