Review The Sims Mobile – Ajang Panjat Sosial Dunia Digital

The Sims Mobile 6

The Sims adalah sebuah game simulator kehidupan manusia yang legendaris. Semenjak dirilis pada tahun tahun 2000 lalu (18 tahun, saya merasa tua), game ini langsung meledak dan menjadi favorit para gamer, pria maupun wanita.

Hingga edisi keempatnya, The Sims masih terus menjadi franchise simulator yang terkemuka. Edisi mobile pun telah muncul beberapa. Mulai dari versi N-Gage yang legendaris itu, hingga The Sims FreePlay dan kini muncullah The Sims Mobile.

The Sims Mobile, sama seperti pendahulunya: The Sims FreePlay, merupakan game yang bisa kamu unduh secara gratis. Terdapat opsi in-app purchase yang memiliki seabrek fungsi dan fitur.

Lalu bagaimana review dari The Sims Mobile ini? Apakah akan memuaskan dahaga fans The Sims untuk bermain setiap saat? Yuk kita simak pembahasannya berikut ini!

Menonjolkan sisi sibuk dari The Sims

Dari segi gameplay, The Sims Mobile memiliki alur yang lebih linear. Artinya, di awal-awal kamu akan diberi arahan terlebih dahulu, apakah dalam meniti karir, jumlah anggota keluarga, dan lain sebagainya.

Yang sangat berbeda tentunya adalah dari segi needs atau kebutuhan Sim yang kamu kendalikan. Berbeda dengan The Sims biasanya, di sini Sim yang kamu miliki tidak punya needs sama sekali. Ya, mereka tidak memiliki bar status untuk makan, buang air, kebersihan, sosial, dan lain sebagainya.

Bosan Game Lama? Ini Dia 5 Game Android Terbaik Februari 2018!

Bosan dengan game lama? Ini dia 5 game Android terbaik Februari 2018! Ada Layton's Mystery Journey, Dissidia Final Fantasy Opera Omnia, dan lain sebagainya!
Baca Juga

Lalu apa yang kamu lakukan?

Intinya ada tiga hal: bekerja, bersosialisasi, dan dekorasi.

Ya, The Sims Mobile hanya berfokus kepada tiga hal tersebut. Di sini Sim akan memiliki yang namanya “Stories”, yang akan memperlihatkan progres sang Sim dalam aspek pekerjaan, hobi, dan hubungan sosial.

Ketiganya terbagi dalam chapter-chapter dan memiliki ending tertentu. Jika sebuah pekerjaan, hobi, atau hubungan telah mencapai ending, maka kamu akan mendapatkan bonus yang menggiurkan.

Namanya game gratis, pasti ada pembatasan

The Sims Mobile 6

Lalu bagaimana cara untuk menyelesaikan chapter-chapter yang ada?

Kamu harus melakukan event yang tersedia untuk story yang bersangkutan. Jika event sudah kamu mulai, maka akan ada timer yang akan menghitung kapan event tersebut selesai dan kamu pun mendapatkan poin untuk “level up” ke chapter berikutnya.

Dengan event yang bisa berlangsung berjam-jam, tentu kamu tidak mau dong menunggu lama dan ingin cepat melakukan progres. Jangan khawatir, kamu bisa melakukan sendiri aksi-aksi dalam event tersebut.

“Nostalgila” Game Kids Zaman Old! 3 Game Watch di Android

Mungkin hanya Kids Zaman Old saja yang tahu berbagai judul game watch yang bisa dimainkan di Android berikut ini. Game mana yang pernah kamu mainkan ketika kecil?
Baca Juga

Terdapat berbagai opsi aksi yang bisa dilakukan dan event akan selesai hanya dalam hitungan menit, bukan jam!

Tapi jangan terlalu kegirangan, ada sistem energi yang akan membatasi seberapa banyak kamu melakukan aksi di event! Tentunya ada item yang bisa kamu gunakan untuk mengisi energi secara instan yang bisa kamu dapatkan dari achievement tertentu dan *ehem* in-app purchase.

The Sims Mobile memang sangat fokus kepada progresi karier, hobi, hubungan sosial, dan juga dekorasi rumah/tempat kerja. Jadi bagi yang menginginkan simulasi penuh kehidupan dengan segala jerih payah memenuhi kebutuhan dasar layaknya The Sims versi PC, maka kamu akan kecewa.

Ingin tahu bagaimana penilaian kami terhadap grafis The Sims Mobile? Agak mengecewakan sih, tapi ada baiknya kamu baca dulu penjelasannya di halaman kedua!