Wajib Diketahui Pengguna Android! Begini Cara Menghemat Kuota Internet di 2018!

cara menghemat kuota internet

Smartphone merupakan perangkat yang dibekali dengan sederet fitur. Salah satu fitur yang paling berguna adalah kemampuan terhubung dengan internet. Bagi kamu yang boros, begini cara menghemat kuota internet yang wajib diketahui!

Kuota internet seakan menjadi persediaan kita dalam mengunjungi dunia maya. Beragam hal di dunia maya hanya bisa dinikmati ketika kita memiliki kuota yang cukup, seperti video, foto, artikel, ataupun hal-hal lainnya.

Nah, kuota internet juga tidak hanya berguna untuk “melihat”, namun juga “memiliki.” Memiliki yang dimaksud di sini adalah mengunduh konten yang ada di dunia maya dan menyimpannya ke dalam ruang penyimpanan perangkat.

Dengan demikian, kehadiran kuota internet sangat wajib di saat ini. Bahkan, internet lumrah disebut sebagai kebutuhan primer masyarakat yang hidup di zaman ini. Sehingga mereka wajib mengetahui cara menghemat kuota internet yang benar.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya!

Pakai Browser dengan Fitur Hemat Kuota

cara menghemat kuota internet
Sumber: PC Mag

Browser adalah salah satu jendela bagi mereka yang ingin melihat atau bahkan menyentuh dunia internet saat ini. Banyak pilihan browser yang bisa dipilih oleh para pengguna smartphone, namun sayang hanya sedikit yang memiliki fitur hemat kuota.

Browser dengan fitur hemat kuota akan membantu kamu dalam membatasi jumlah penggunaan kuota internet. Sehingga kamu tidak akan kebablasan setiap kali menggunakan browser dalam mengunjungi Internet.

Anak Nakal? Berikut Tips Bagi Orangtua untuk Menjaga Para Kids Zaman Now di Internet

Sekarang ini makin banyak anak-anak yang sudah mengenal dunia internet, dan berpotensi tinggi untuk mengetahui hal-hal yang belum saatnya mereka tahu. Yah, namanya juga Kids Zaman Now. Berikut adalah tips bagi orangtua untuk menjaga Kids Zaman Now.
Baca Juga

Terdapat segelintir browser yang mampu mengurangi penggunaan kuota internet kamu. Salah satu pilihan yang kami rekomendasikan adalah Opera Mini, yang memiliki fitur penghemat data.

Namun, jika kamu terbiasa dengan Chrome, maka silahkan manfaatkan fitur tersembunyinya. Kamu cukup mengunjungi Settings (ikon tiga titik), lalu sentuh bandwith dan pilih data saver!

Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi

cara menghemat kuota internet
Sumber: AddictiveTips

Kehebatan banyak gadget saat ini adalah fitur sinkronisasi. Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk menyesuaikan apa saja yang ada di dalam satu perangkat ke perangkat lainnya. Sayang, fitur tersebut membutuhkan jumlah kuota yang cukup besar!

Jika kamu merasa tidak perlu menggunakan fitur sinkronisasi, maka kamu bisa mematikannya yang berujung pada penghematan data internet. Untuk dapat melakukannya kamu cukup mengunjungi Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin dilakukan sinkronisasi.

Dengan dimatikannya fitur tersebut, maka kamu sudah dapat dipastikan menghemat sebagian jumlah kuota internet!

Manfaatkan Fitur Pembatas Kuota Internet

cara menghemat kuota internet

Tanpa disadari, perangkat kamu sudah dibekali fitur yang mampu menghemat data internet yang dimiliki. Fitur itupun menjadi teman yang sangat bisa diandalkan untuk menghemat pengeluaran di setiap bulannya!

Mungkin diantara kamu sudah banyak yang menyadari adanya fitur tersebut, namun tidak sedikit pula yang masih kebingungan untuk mengaktifkannya. Maka dari itu, kini saatnya untuk melihat cara memanfaatkan fitur pembatas kuota internet yang telah ada di perangkat kamu.

Kecepatan Internet Indonesia Berada di Peringkat 77, Memang Seberapa Cepat sih?

Soal kecepatan internet, rupanya Indonesia mengalami peningkatan yang cukup baik. Memangnya, seberapa cepat kini kecepatan internet negara kita?
Baca Juga

Kamu cukup mengunjungi Settings > Connections > Data usage > aktifkan opsi Data Saver yang tersedia. Kamu cukup menentukan jumlah kuota yang ingin dibatasi. Biasanya, banyak pengguna yang akan menentukan kuota di batas 5 GB, sesuai dengan banyak promo yang disediakan di antara operator saat ini.

Pada beberapa perangkat lain, fitur tersebut dapat dimanfaatkan dengan mengunjungi Settings > Data Usage > Data Saver. Kamu pun cukup menentukan jumlah kuota yang ingin dibatasi.

Cari Tahu Aplikasi yang Paling Boros Kuota

cara menghemat kuota internet

Penggunaan data yang besar biasanya dirasakan oleh mereka yang menggunakan banyak aplikasi. Sayangnya, beberapa aplikasi juga menjadi penyebab dibalik cepat habisnya kuota internet yang dibeli, bahkan bisa membuat pengguna beli kuota lebih dari satu kali di setiap bulannya!

Jika kamu merupakan pengguna yang memiliki jumlah aplikasi banyak, maka kini saatnya mencari tahu aplikasi mana yang paling banyak menyedot kuota kamu.

Bagaimana caranya? Kamu kembali harus mengunjungi Settings > Connection > Mobile Data Usage, lalu disana kamu bisa kamu bisa melihat aplikasi yang paling boros.

Pengguna Nokia 5 dan Samsung Galaxy S7 Harap Siapkan Kuota Internet!

Pengguna perangkat Nokia 5 dan Samsung Galaxy S7 diharapkan untuk menyiapkan sejumlah kuota yang cukup besar. Pasalnya Google telah menyiapkan sebuah update
Baca Juga

Pada perangkat yang kami pegang, Facebook merupakan aplikasi yang paling besar menggunakan kuota internet. Bahkan, belum sampai sebulan aplikasi tersebut sudah menghabiskan lebih dari setengah GB dari jumlah seluruh kuota yang kami miliki!

Batasi Penggunaan Kuota di Aplikasi

cara menghemat kuota internet

Selain kamu bisa membatasi penggunaan kuota internet pada smartphone secara keseluruhan, kamu juga bisa membatasi penggunaan kuota di setiap aplikasi yang ada di dalam smartphone.

Pembatasan dilakukan dengan opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan data yang digunakan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan fitur notifikasi yang ditimbulkan oleh aplikasi tersebut.

Untuk dapat mematikan fitur notifikasi dari aplikasi tersebut, kamu cukup mengunjungi Settings > Apps, lalu pilih aplikasi yang hendak dimatikan notifikasinya dan silahkan pilih Not Allowed di dalam window tersebut. Cara lainnya adalah dengan menggeser opsi on dan off pada pilihan Allow Notifications.

Kesimpulan

cara menghemat kuota internet

Cara menghemat kuota internet ini telah saya terapkan di setiap bulannya. Hal ini terbukti ampuh untuk mengurangi keborosan, terutama di segmen kuota internet. Uang yang sebelumnya hangus untuk membeli kuota yang berlebihan, akhirnya bisa saya gunakan untuk membeli cilok.

Bagaimana menurutmu? Apakah cara ini juga bisa membantu?