Baterai Boros? Kenali 4 Penyebab Umum Baterai Android Kamu Cepat Habis

smartphone baterai besar
sumber: upcoming technologies

Duh, memang terasa menyebalkan dan membuat kita kesal ketika smartphone Android kesayangan kita menjadi mendadak boros baterai. Padahal kita sangat butuh untuk mengerjakan berbagai pekerjaan.

Jika ada akibat, tentu saja ada sebab. Android kita boros baterai tentu saja ada penyebabnya. Yang jadi masalah adalah apa penyebab Android kita menjadi boros?

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa saja penyebab smartphone maupun gadget Android kita menjadi boros. Nah di artikel ini, kita akan membahas 4 penyebab umum baterai Android menjadi cepat habis. Apa sajakah itu? Yuk kita simak!

1

Terlalu Banyak Aplikasi Idle

Sumber: Howtogeek

Ketika kamu membuka aplikasi, tentu saja hal tersebut akan memakan daya. Semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka akan semakin banyak juga baterai termakan dayanya dan menjadi cepat habis.

Terkadang kita lupa, ketika kita menutup aplikasi di Android, tidak selalu aplikasi tersebut tertutup secara otomatis. Aplikasi tersebut masih tersimpan di RAM sebagai Recent Application yang bisa kita lihat dengan cara menekan tombol menu yang biasanya terletak di samping tombol home.

Oleh karena itu, perlu kita lakukan clear cache atau clear recent apps untuk menutup sepenuhnya aplikasi-aplikasi yang telah kita buka sebelumnya.

2

Animasi Launcher dan Widget

Sumber: Droid Guy

Menggunakan launcher pihak ketiga memang bisa menjadikan tampilan Android kamu makin kece dan hal itu bisa membuat kamu lebih gaul. Apalagi ditambah dengan widget yang bisa kamu terlihat layaknya nerd canggih yang datang dari abad 22.

Hanya saja kamu harus selalu ingat hukum fisika. “Semakin besar gaya, semakin besar juga energi yang dibutuhkan”. Semakin keren dan semakin banyak animasi launcher dan widget, akan semakin banyak pula daya baterai yang dibutuhkan.

3

Sinyal Lemah

Sumber: Bunicomic

Ketika kamu datang ke sebuah tempat di mana memiliki sinyal yang lemah, di situlah smartphone Android kamu butuh kerja yang lebih keras untuk bisa menangkap sinyal.

Lemahnya sinyal membuat sistem dalam Android harus bisa menyesuaikan diri untuk mengoptimalkan data yang masuk maupun keluar. Ketidakstabilan ini menjadikan prosesor dalam Android kamu harus bekerja secara terus menerus agar mengoptimalkan sistem.

Oleh karena itu, jika kamu berada di sinyal yang lemah, ada baiknya kamu menjadikan satu mode konektivitas, seperti menjadi hanya 4G saja, 3G saja ataupun 2G saja. Pastikan salah satu sinyal yang paling stabil di daerah sinyal lemah tersebut yang kamu pilih.

4

Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Hal ini sudah tidak bisa terbantahkan lagi. Kembali ke hukum fisika, semakin besar gaya maka akan semakin besar energi yang dibutuhkan. Semakin terang layar Android kamu, semakin besar daya baterai yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, jika tidak dibutuhkan, turunkan tingkat kecerahan layar. Biasanya ada fitur mengatur tingkat kecerahan secara otomatis, hanya saja hal tersebut juga menjadikan baterai Android lebih boros. Lebih baik atur saja secara manual dan sesuai kebutuhan.


Itu dia 4 penyebab umum baterai Android lebih boros. Bermain game juga bikin baterai cepat habis sih, tapi hal tersebut bukan penyebab dari hal yang tidak diinginkan jadi tidak termasuk ya.

Diedit oleh Arya W. Wibowo