Lawan Hoaks! Google Berkolaborasi Dengan Youtuber untuk Melawan Hoaks!

youtuber untuk melawan hoaks
Youtube gandeng Youtuber untuk Melawan Hoaks? Seperti apa ya usahanya?

Lelah dengan banyaknya video hoaks di Youtube, Google gandeng para Youtuber untuk melawan hoaks.

Google menggandeng para Youtuber seperti asapSCIENCE dan Smarter Every Day untuk mengedukasi para warganet tentang usaha literasi, khususnya literasi media, untuk mendidik para warganet agar dapat membedakan mana fakta mana hoaks.

Para kreator yang berfokus pada konten pendidikan atau berita dapat juga bekerja sama dengan inisiatif Youtube dalam melawan hoaks. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah meningkatkan kemampuan literasi warganet, agar para warganet mampu membedakan mana fakta dan hoaks.

Yang menjadi pendorong inisiatif ini adalah kejadian penembakan sekolah di Parkland, Florida beberapa waktu lalu. Sehubungan dengan kejadian ini, banyak video konspirasi yang bermunculan pada tingkat “Youtube Trending” yang meresahkan pihak Google dan Youtube.

Youtuber untuk melawan hoaks
Youtuber ASAP Science, salah satu Youtuber di bidang sains yang cukup populer

Salah satu cara yang digunakan oleh Youtube untuk menanggulangi masalah ini adalah dengan menambahkan anonasi dari Wikipedia tentang topik dari video bersangkutan.

Sayangnya, cara ini mendatangkan banyak kontra termasuk dari Wikipedia sendiri yang merasa tidak mendapatkan konfirmasi apa-apa dari youtube sebelum ini.

Salah satu masalah yang cukup mengganggu adalah; para pendukung teori konspirasi dan pembuat berita hoaks menggunakan algoritma Youtube untuk mendorong konten mereka ke tingkat trending Youtube dengan memanfaatkan kejadian yang sedang ramai dibicarakan.

Youtuber untuk melawan hoaks
Youtuber Smarter Every Day, agak ngaco tapi tetep pinter

Diharapkan dengan menggandeng youtuber untuk melawan hoaks, Google dapat membantu usaha untuk melawan hoaks dengan cara mengedukasi publik tentang berita palsu dan fakta serta meningkatkan tingkat literasi publik.

Semoga saja usaha Google ini berdampak cukup positif, dampak berita hoaks selain membuat publik paranoid dapat juga mempengaruhi pilihan publik khususnya mendekati pemilu. Contoh paling kuat adalah ketika pemilihan Donald Trump.

Mau Dengerin Musik di YouTube dengan Kondisi Layar Smartphone Mati? Begini Triknya!

Kamu termasuk orang yang gemar dengerin musik di aplikasi YouTube tapi malas menonton videonya? Tenang, ada trik mengakalinya kok!
Baca Juga

Hoaks bisa berbentu berita negatif maupun positif, sehingga kemampuan publik untuk kritis dan membedakan mana fakta mana kebohongan sangat diperlukan untuk menghentikan penyebaran hoaks.

Bagaimana menurut kalian? Apakah menurut kalian cara Google untuk menggandeng youtuber untuk melawan hoaks sangat efektif? Tinggalkan komentar kalian di bawah, jangan lupa bagikan artikel ini ya.