Grab Resmi Membeli Uber, Saingan Hanya Tinggal Go-Jek

Grab Resmi Membeli Uber, Saingan Hanya Tinggal dengan Go-Jek

Siapa yang tidak kenal trio transportasi online ini. Grab, Uber, dan Go-Jek sudah menjadi komoditas utama bagi para masyarakat ibukota, dalam kebutuhan transportasi mereka beraktivitas.

Baru-baru ini terdengar kabar bahwa Uber menjual unit bisnis kawasan Asia Tenggara. Grab sempat dikabarkan akan membeli unit bisnis Uber tersebut. Kini hal tersebut bukanlah kabar burung semata.

Grab kali ini resmi mengakuisisi Uber. Uber akan menyerahkan semua layanan mereka kepada pihak Grab, baik layanan transportasi penumpang hingga antar makanan.

Dalam proses pengakuisisian ini diharapkan mampu meningkatkan keuntungan bagi Uber, yang telah banyak mengeluarkan biaya operasional. Berdasarkan Detikinet, Uber telah mengeluarkan total biaya sebesar 10 miliar USD sejak berdiri tahun 2009 lalu.

Setelah pengakuisisian ini, Uber akan tetap memiliki jumlah saham sebesar 25-30% dalam unit bisnis di Asia Tenggara. Dengan pengakuisisian Grab terhadap Uber ini, menjadikan persaingan transportasi online hanya melibatkan duel dua pihak. Yaitu pihak Grab dan Go-Jek.

Masing-masing memiliki layanan yang mirip, yaitu layanan taksi online, ojek online, maupun layanan antar makanan

Nasib 5 Ojek Online yang Kalah Pamor di Indonesia

Siapa yang tak mengenal ojek online seperti Go-jek, Uber, dan Grab Bike? Apa kabar ya pada kompetitor mereka yang dulu sempat exist?
Baca Juga

Go-Jek memiliki kelebihan, yaitu layanan yang lebih bervariasi disamping layanan transportasi online.

Contohnya seperti layanan Go-Clean, yaitu sebuah layanan membersihkan rumah, Go-Shop yaitu layanan menitipkan belanja kebutuhan sehari-hari atau bulanan kepada supir, Go-Massage layanan pijat dan urut, Go-Tix layanan pembelian tiket bioskop sehingga tidak perlu lagi mengantri, dan lain sebagainya.

Sedangkan Grab lebih mengedepankan kemudahan mendapatkan layanan transportasi. Seperti GrabHitch yaitu layanan taksi online dengan sistem menumpang. Serta Grab Now, yaitu fitur di mana penumpang tidak perlu menunggu sistem mencarikan supir, akan tetapi bisa langsung mendapatkan supir yang berada di depannya.

Diedit oleh Arya W. Wibowo