Benarkah Aplikasi Anti Nyamuk Nyata Mengusir Nyamuk?

Benarkah Aplikasi Anti Nyamuk Nyata Mengusir Nyamuk?
Sumber: One-Punch man Ch. 5

Sebagai penghuni daerah tropis, nyamuk bukanlah “alien” yang asing di kehidupan masyarakat Indonesia. Nyamuk sudah menjadi hewan pengganggu umum ketika di malam hari, terutama daerah yang begitu panas.

Hal ini yang menjadikan berbagai produk racun serangga beredar di pasaran. Tentu saja racun serangga itu berfungsi untuk membunuh nyamuk.

Menariknya, banyak juga beredar aplikasi anti nyamuk di Google Play Store maupun Apple App Store yang bisa kamu instal di smartphone kesayangan kamu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengubah smartphone kamu menjadi sebuah obat nyamuk, pengganti obat nyamuk bakar.

Bagaimana cara kerja aplikasi ini? Yaitu dengan mengeluarkan suara ultrasonik yang terdengar sangat kecil oleh manusia. Suara ini dianggap sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga diharapkan nyamuk-nyamuk akan pergi.

Benarkah demikian? Ternyata suara tersebut tidak berpengaruh apa-apa terhadap nyamuk. Berdasarkan artikel dari Independent, nyamuk memang berinteraksi dengan nyamuk lainnya menggunakan suara ultrasonik yang dihasilkan dari gesekan sayap mereka.

Hanya saja, hingga saat ini belum pernah ada penelitian yang memberikan kesimpulan bahwa suara ultrasonik dapat mengusir nyamuk atau setidaknya tidak menjadikan nyamuk enggan untuk menggigit manusia.

Jika kita lihat pada deskripsi salah satu aplikasi anti nyamuk yang beredar di App Store, sang pengembang aplikasi juga tidak bisa memberikan jaminan 100% bahwa aplikasi anti nyamuk mereka dapat mengusir nyamuk.


Well, dari informasi di atas kita bisa berhipotesis bahwa aplikasi anti nyamuk yang beredar baik untuk Android maupun iOS tidak efektif terhadap nyamuk.

Memang sih aplikasi tersebut dapat menghasilkan suara yang mungkin suara tersebut adalah suara ultrasonik. Hanya saja ketika dicoba tidak menjadikan nyamuk-nyamuk pergi menjauh dari kita.

Ya semoga saja di masa depan ada cara mengusir nyamuk yang lebih canggih, sehat, dan aman.