Fitur Keamanan Facebook Sudah Keluar! Begini Cara Menggunakannya!

fitur keamanan facebook
Sumber: Time Magazine

Beberapa waktu lalu jagat dunia maya diramaikan oleh kabar pencurian data puluhan juta pengguna Facebook.

Menanggapi hal tersebut, Mark Zuckerberg selaku Pendirinya berjanji untuk mengeluarkan fitur keamanan Facebook, yang saat ini sudah ditepatinya. Mau tahu cara menggunakannya?

Para pengguna Facebook sempat dibuat khawatir akan kabar tercurinya data user di dalam sosial media yang didominasi warna biru tersebut. Puncaknya, banyak netizen yang sampai memproklamasikan hashtag #DeleteFacebook melalui akun Twitter mereka!

Menanggapi hal tersebut, Mark yang saat ini duduk di bangku CEO Facebook menuliskan status panjang di laman akun resminya. Pada kalimat panjang yang dibuatnya tersebut, Mark berjanji akan bertanggung jawab dengan mengeluarkan sebuah fitur keamanan Facebook.

Waduh, Bos Facebook Benarkan Adanya Pencurian Data Pengguna!

Setelah setahun lamanya di dera isu kebocoran data pengguna, Mark Zuckerberg selaku bos Facebook akhirnya angkat bicara. Mark pun mengakui jika kebocoran data pengguna benar-benar terjadi, kok bisa?
Baca Juga

Pada statusnya tersebut Mark menyebutkan jika fitur keamanan Facebook yang baru akan muncul pada bulan depan. Rupanya, waktu peluncuran dari fitur yang dijanjikan Mark tersebut jauh lebih cepat. Saya pun telah memanfaatkan fitur tersebut.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

fitur keamanan facebook

Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Mark beberapa waktu lalu, Fitur tersebut bisa dimanfaatkan pada tab yang berada di pojok kanan atas halaman utama Facebook. Ketika kamu telah menekan tab tersebut (bergambar 3 garis), setelahnya kamu cukup mencari Privacy Shortcut.

Untuk menemukannya, kamu cukup menggeser layar ke atas hingga menemukan Privacy Shortcuts. Posisi dari fitur itu sendiri berada tepat di bawah Account Settings. Ketika sudah ketemu, jangan ragu untuk menekannya.

fitur keamanan facebook

Saat di dalam Privacy Shortcut, kamu akan menemukan sebuah pilihan baru, yang notabene menjadi fitur keamanan Facebook yang dijanjikan oleh Mark.

Pilihan tersebut bernama Privacy Checkup, yang memiliki fungsi untuk memindai segala aplikasi yang mampu mengintip data pengguna.

fitur keamanan facebook

Ketika kamu memilih Privacy Setup, maka kamu akan diwajibkan untuk melewati tiga langkah yang akan membantu Facebook untuk memastikan kamu berbagi hal dengan orang yang tepat.

fitur keamanan facebook

Dengan kata lain, fitur tersebut akan memindai dan mewajibkan kamu memilih kembali aplikasi yang dibolehkan mengintip akunmu.

fitur keamanan facebook

Langkah pertama adalah kamu wajib menentukan mereka yang boleh membaca News Feed yang kamu bagikan. Pada tab Choose Audience kamu akan disuguhkan dengan tiga pilihan, yakni Public, Friends (seluruh teman), dan Friends except.. (pemilihan teman).

fitur keamanan facebook

Sementara itu, langkah kedua akan menampilkan segala data pribadimu, menyangkut nomor telepon, email, tanggal lahir, tempat tinggal, hubungan dan semacamnya. Setiap data tersebut bisa kamu tentukan bisa dilihat oleh siapa saja.

fitur keamanan facebook

Nah, pada langkah ketiga kamu akan melihat daftar aplikasi yang sebelumnya kamu gunakan untuk log in, yang berarti aplikasi tersebut sebelumnya diperbolehkan untuk melihat datamu.

Jika terdapat aplikasi yang mencurigakan dan membuatmu takut untuk membagikannya lagi, kamu bisa menghapusnya.

Itulah cara penggunaan fitur keamanan Facebook yang baru. Hal ini tentu dilakukan demi menjaga keamanan para pengguna mereka.

Mungkin Facebook sempat kecolongan, namun harus diakui Mark Zuckerberg telah menepati janjinya untuk mengatasi masalah pencurian data pengguna Facebook!

Kalau aplikasi Facebook kamu belum menampilkan fitur tersebut, maka silahkan memperbaruinya atau melakukan update terlebeih dahulu. Bagaimana menurutmu? Apakah Facebook akan bangkit kembali dengan fitur keamanan tersebut?

Diedit oleh Audi E. Prasetyo