Microsoft Edge Sudah Tersedia di Tablet Android dan iPad, Tapi Kenapa?

Wah, wah, wah?

Sebuah langkah berani bagi Microsoft, yaitu dengan menyediakan Edge di tablet Android dan iPad. Tapi kenapa ya?

Microsoft Edge adalah browser yang digembor-gemborkan oleh Microsoft sebagai browser paling ringan, cepat, dan paling wah. Namun kepopulerannya di dunia PC sepertinya terus tergerus oleh browser lain, Google Chrome.

Sepertinya hal ini mendorong Microsoft untuk melakukan hal yang cukup berani, yaitu dengan merilis Edge di tablet Android dan iPad.  Sebenarnya pada awal bulan Maret Microsoft telah menguji cobakan Edge pada iPad, setelah sebelumnya merilis untuk iPhone.

Pada dasarnya, app Microsoft Edge di iPad dan tablet Android ini tidak begitu spesial karena hanya diperbesar saja untuk ukuran tablet.

Fitur yang mencolok adalah fitur “Continue on PC” yang bisa melanjutkan aktivitas kalian dari browser Edge di tablet ke aplikasi Edge di Windows.

Image result for Microsoft edge ipad

Namun secara tampilan ada yang berbeda, yaitu tema Microsoft Edge pada tablet cenderung menggunakan warna-warna gelap. Pada Windows, Microsoft Edge menggunakan warna terang sebagai temanya.

Walaupun begitu, aplikasi Microsoft Edge pada iPad masih terkesan belum maksimal khususnya pada iPad Pro. Fitur split screen pada iOS 11 masih belum diimplementasikan oleh Microsoft, sehingga Microsoft Edge tidak dapat digunakan berbarengan dengan aplikasi lain.

UC Browser Versi 12.0 Hadir! Browser Mobile Tercepat?

Pada 1 Februari 2018 kemarin, UCWeb merilis UC Browser versi 12.0. Versi ini diklaim menjanjikan pengalaman browsing yang lebih cepat dan cerdas. Apakah kita akan melihat browser tercepat untuk smartphone?
Baca Juga

Meskipun begitu, password akan tetap tersinkronisasi baik untuk versi Android maupun iPad.

Fitur “reading list” dan “reading view” juga didukung oleh aplikasi Microsoft Edge di tablet Android dan iPad. Jadi kalian tidak akan mengalami perbedaan yang begitu mencolok.

Kalian dapat mendownload Microsoft Edge untuk iPad di sini dan versi Tablet Android di sini.


Cukup menarik, sepertinya Microsoft sedang mendorong Microsoft Edge untuk menjadi browser untuk tablet. Walaupun kalah di segmen PC, Microsoft Edge terbukti cukup populer bagi pengguna tablet Windows khususnya pada lini Surface.

Apakah dengan rilisnya Edge di platform lain akan mengangkat kepopulerannya? Tinggalkan komentar kalian di bawah, jangan lupa membagikan artikel ini ke teman-teman kalian ya!

Diedit oleh Audi E. Prasetyo