Fitur GIF Instagram Stories Akhirnya Kembali Setelah Hilang

fitur gif Instagram
Akhirnya bisa bikin stories dengan gif alay lagi deh

Setelah sempat hilang, fitur GIF Instagram stories akhirnya dikembalikan. Apa ya alasan hilangnya fitur tersebut?

Beberapa waktu lalu, para pengguna Instagram terkejut karena fitur GIF Instagram stories tiba-tiba hilang tanpa penyebab. Banyak yang kecewa dan berspekulasi, namun ternyata alasan hilangnya fitur tersebut cukup tidak terduga.

Ternyata ada beberapa GIF berbau rasis yang menyusupi fitur gif instagram stories yang meresahkan beberapa pengguna. Instagram pun langsung melakukan tindakan sigap dengan menonaktifkan fitur tersebut untuk sementara waktu.

GIPHY, perusahaan penyedia layanan GIF yang menyetok stiker GIF pada Instagram Stories, langsung bertindak dengan melakukan pengecekan. Ternyata mereka menemukan bug pada sistem moderasi mereka sehingga stiker berbau rasis dapat melewati filter.

GIPHY bertindak cepat dengan menghapus stiker-stiker berbau rasis tersebut. “Setelah penyelidikan, bug ditemukan di filter moderasi konten kami yang memengaruhi stiker,” merupakan pernyataan dari GIPHY terkait insiden ini.

Image result for Instagram stories GIF

“Kami meningkatkan tingkat moderasi Giphy sehingga setiap stiker akan di cek  sebelum disetujui untuk dimasukkan ke perpustakaan GIF. Ini menjadi tambahan permanen untuk proses moderasi kita. ” jelas mereka.

Menurut klaim dari GIPHY, mereka telah mengecek ulang perpustakaan GIF mereka sebanyak empat kali agar yakin konten berbau rasis dan tidak senonoh lainnya tidak menembus perpustakaan GIF mereka.

Pihak Instagram sendiri sepertinya cukup puas dengan reaksi dari GIPHY sendiri, sehingga mereka pun mengembalikan fitur GIF Instagram stories.  Berikut adalah cuplikan dari pernyataan dari pihak Instagram:

“Kami telah berhubungan erat dengan Giphy selama proses ini dan kami yakin mereka telah melakukan langkah-langkah untuk memastikan bahwa pengguna Instagram memiliki pengalaman yang baik.”

Berbahagialah Milenial, Algoritma Instagram Diperbaharui untuk Kiriman Baru!

Akhirnya Instagram sadar, setelah banyak penggunanya yang protes akhirnya algoritma instagram diperbaharui untuk menampilkan kiriman terbaru paling atas. Kenapa ya alasannya?
Baca Juga

Saat ini belum semua pengguna dapat mengakses fitur GIF lagi, namun dapat dipastikan dalam jangka waktu dekat semua pengguna akan dapat mengakses fitur ini lagi.

Saat ini masalah rasisme menjadi isu yang sangatlah sensitif di Amerika Serikat, dengan banyaknya gerakan anti-rasisme justru menarik perhatian orang-orang rasis untuk melawan balik.

Tidak disangka ya, masalah yang biasa kita anggap sepele justru berdampak sangat fatal di sana. Tinggalkan komentar kalian di kolom komentar, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya.