Pelaku Penembakan Kantor Youtube Ternyata Seorang “Youtuber”

Sumber: Hindustan Times

Baru-baru ini terjadi insiden penembakan di kantor pusat Youtube di San Bruno, California, Amerika Serikat. Dilaporkan dari stasiun televisi CBS, terdapat 3 orang menjadi korban luka-luka.

Kepala Kepolisian San Bruno, Ed Barberini, mengatakan sejumlah polisi tiba di lokasi kejadian pada pukul 12.48 waktu setempat. Barberini mengatakan bahwa salah seorang korban yang menderita luka tembak ditemukan di depan kantor pusat Youtube.

Beberapa menit kemudian, polisi menemukan jenazah seorang perempuan yang tampaknya menembak dirinya sendiri. Dua korban lain didapati di restoran dekat lokasi penembakan.

Kepala Kepolisian San Bruno, Ed Barberini, menyatakan wanita yang menjadi pelaku penembakan ditemukan tergeletak tak bernyawa di lokasi. Dia diyakini menghabisi nyawanya dengan pistol tangan yang dibawanya.

Hingga berita ini dirilis, belum diketahui pasti apa motif sang penembak melakukan penembakan. Hanya saja diketahui bahwa satu dari tiga korban luka yang menjadi korban, adalah kekasih dari pelaku.

Pihak Rumah Sakit Umum Zuckerberg, Brent Andrew mengatakan bahwa ada tiga orang yang terkena tembakan pelaku yang dilarikan ke rumah sakit tersebut.

Kondisi kantor Youtube ketika kejadian. Sumber: CNN

Salah satu korban laki-laki yang berusia 36 tahun dilaporkan dalam kondisi kritis, sedangkan satu korban lainnya berjenis kelamin perempuan yang berusia 32 tahun dalam kondisi serius. Satu korban lagi yang juga seorang perempuan dan berusia 27 tahun dalam kondisi stabil. Identitas ketiga korban luka tidak dirilis ke publik.

Kantor pusat Youtube tersebut sempat lumpuh sekitar 3 hingga 4 jam. Polisi masih menyelediki kasus tersebut. Dilansir dari detikinet, penegak hukum AS menuturkan kepada berbagai media lokal, termasuk New York Post, menyebut penembakan ini dipicu oleh keributan antara pelaku dengan korbannya.

Menurut laporan sejumlah sumber kepada televisi lokal AS seperti KRON4 dan KTVU menyebutkan pula, bahwa pelaku yang berpistol mendatangi area makan outdoor di kantor YouTube dan langsung melepas tembakan ke arah kekasihnya pada Selasa 3 April siang kemarin, sekitar pukul 12.45 waktu setempat.

Pelaku Bernama Nasim Aghdam

Dilaporkan dari CNN, pelaku penembakan yang seorang wanita tersebut bernama Nasim Najafi Aghdam berumur 39 tahun dan bertempat tinggal di San Diego.

Yang menariknya, Nasim Aghdam ternyata adalah seorang Youtuber dan juga seorang aktivis pelindung hewan. Nasim Aghdam juga disebutkan bahwa sempat membenci Youtube karena Channel Youtube-nya dicabut izin monetisasinya.

Hanya saja, hingga artikel ini dirilis, polisi masih menginvestigasi motif utama dalam penembakan tersebut. Pihak polisi setempat juga sudah mengeluarkan press release yang dapat dilihat di cuitan twitter di bawah.

Diedit oleh Arya W. Wibowo