Nggak Perlu Kesel Sendiri Lagi, Ini Dia Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends

Ubah Graphics

Setting Mobile Legends untuk Pemula 1

Settingan juga sangat mempengaruhi lag atau tidaknya ponselmu saat digunakan untuk bermain Mobile Legends. Dengan settingan yang rendah, kamu tidak akan mengalami lag saat pertandingan berlangsung. Pada menu Basics, matikan high frame rate mode dan juga ubah graphics menjadi low.

Perhatikan Ping

Sumber: YouTube

Ping adalah suatu perintah pada command prompt yang berfungsi untuk tes, apa jaringan terhubung atau tidak. Ping dapat juga berarti program dasar yang mengijinkan satu pengguna untuk memverifikasi bahwa alamat protokol internet tertentu ada dan dapat menerima permintaan-permintaan.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dari ping yang bermasalah.

Langkah 1: Jika kamu menggunakan mobile data, periksa aktifitas di background-mu sebelum maju lebih jauh. Kamu bisa menutup berbagai aplikasi media sosial yang tidak terpakai seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, atau LINE karena itu juga bisa berpengaruh pada ping.

Langkah 2: Jika kamu menggunakan wifi, pastikan kalau tidak ada orang lain yang juga menggunakan koneksimu. Ini akan sangat mengganggu, terutama jika ia sedang menjalankan download.

Jangan Rebutan! Inilah Hero yang Seharusnya Berada di Mid Lane Mobile Legends

Siapa yang harus mengisi mid lane? Daripada kamu pada berantem atau berebut mid lane, panduan ini akan menjelaskan hero/pemain apa yang sepantasnya mengisi mid lane Mobile Legends!
Baca Juga

Langkah 3: Pastikan kalau perangkat yang kamu gunakan sudah memenuhi persyaratan minimum untuk bermain Mobile Legends. Jika belum, segera update Google Play Store dan Google Play Games milikmu ke versi yang terbaru.

Langkah 4: Mungkin kamu mempunyai koneksi yang sangat bagus, namun masih menghadapi lag. Untuk mengetahui tentang masalah ini, kamu bisa mendownload aplikasi yang bernama Ping. Aplikasi ini berlaku di Android dan iOS dan bisa kamu download pada link di bawah ini.

Ping: Android
Ping: iOS

Langkah 5: Buka aplikasi Ping tersebut dan cek ping dari beberapa website karena sebelum menyalahkan masalah server di Mobile Legends, kita harus pastikan apakah ping yang kita punya itu bagus. Untuk mengetauinya cobalah tes ping pada google.com dan mobilelegends.com.

Kita pilih Google karena itu adalah mesin pencarian terbesar dengan ketepatan waktu server sebesar 99.99%. Bandingkan dengan server Mobile Legends apakah sama bagusnya atau tidak. Di aplikasi tersebut klik on host dan ketik www.google.com atau www.mobilelegends.com, kemudian klik start.

Setelah itu kamu akan melihat balasan dari server yang menunjukkan kalau itu adalah ping yang kamu miliki. Coba cek apakah ping stabil atau tidak. Jika angkanya menunjukkan perubahan besar seperti 80ms, 200ms, 90ms, 300ms, maka ping-mu tidak stabil. Namun jika menunjukkan angka 80ms, 82ms, 90ms, 92ms, maka koneksimu stabil.

Sumber: YouTube

Langkah 6: Selanjutnya adalah pastikan kalau kamu sudah mendownload semua data yang ada di dalam game. Caranya dengan pergi ke setting ke pojok kanan atas layar lalu pilih Network Detection. Setelah itu pilih Detect dan tunggu sekitar 2-3 menit. Setelah waktunya tiba, kamu akan mendapatkan hasil dari itu. Hijau berarti bagus sedangkan merah berarti buruk.

Jika kamu masih mengalami lag setelah melakukan ini, pergi ke setting, Network Detection, Resource Check dan pilih tombol check. Setelah beberapa detik, hasilnya akan muncul. Jika kamu mengalami error, coba untuk clear cache gamenya. Dengan begitu semua data akan yang didownload akan menjadi normal.

Dengan mengikuti semua langkah diatas tadi, sekitar 90% pengguna berhasil mengatasi masalah lag mereka. Walaupun begitu, ini tidak menjamin kalau kita semua bisa mendapat ping yang bagus.

Dengan ping yang bagus, itu berarti kamu tidak perlu khawatir lagi dengan koneksi yang buruk karena itu sudah bisa mengatasi lag di Mobile Legends. Bermain Ranked Match pun akan menjadi tenang dan kamu bisa berfokus pada pertandingan.

8 Fanpage Shitposting Indonesia yang Memiliki Keunikan Tersendiri

Biasanya setiap fanpage shitposting memiliki keunikan tersendiri. Nah kali ini, Teknosaurus akan membahas mengenai 8 fanpage shitposting yang memiliki keunikan tersendiri. Apa sajakah itu? Yuk kita simak!
Baca Juga

Itu tadi tips untuk mengatasi lag di Mobile Legends. Dengan ini kamu bisa lebih mudah untuk mencapai rank Legends. Jangan lupa juga untuk memastikan koneksi aman. Jika kamu pikir ini cukup membantu, silahkan bagikan ke teman-temanmu agar mereka juga terbebas dari lag.

[dn_apps_badge postid=”19395″ iOS=”1160056295″ iOS_link=”” android=”com.mobile.legends” android_link=”” steam=”” caption=”Ajak teman-temanmu buat main game populer ini ya! Gratis loh!”]

Diedit oleh Arya W. Wibowo