4 Hoax yang Sering Muncul di Facebook Ini Pasti Pernah Mengganggu Timeline Kamu!

hoax yang sering muncul di facebook

Hoax adalah sebutan untuk sebuah kabar atau informasi bohong. Hoax ada yang bertujuan hanya sekedar iseng tapi ada juga yang memang menyebarkannya untuk tujuan tertentu.

Nah, bagi kita-kita para pengguna media sosial pasti setidaknya sekali pernah melihat hoax-hoax tersebut berkeliaran. Sayangnya hoax tersebut sangat mudah sekali kembali disebarkan oleh masyarakat.

Hal tersebut bisa jadi karena ketidaktahuan para pengguna media sosial. Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa saja hoax yang sering muncul di Facebook dan disebarkan. Lalu apa saja hoax tersebut? Yuk cek di bawah!

1

Klik Like dan Share

Pernah melihat postingan seperti ini? Postingan ini biasanya meminta kita untuk melakukan klik like lalu share postingan.

Dalam postingan biasanya akan memberikan foto yang bisa menggugah rasa iba, dan memiliki deskripsi klik like dan share agar kita blablabla. Yang pasti, kamu tidak akan mendapatkan apa-apa jika melakukan like dan share, hanya membuat trafik sang pembuat postingan menambah.

2

Ketik 1 dan Lihat Apa Yang Terjadi

Pernah melihat yang seperti ini juga? Sang pengirim akan mengirimkan sebuah foto dan meminta untuk para pengguna medsos untuk mengetik angka satu di kolom komentar.

Harapannya dengan mengetik angka satu tersebut, akan terjadi suatu hal. Entah gambarnya akan bergerak atau akan terjadi sesuatu. Sayangnya Facebook tidak bekerja seperti itu. Kamu tidak akan mendapatkan apa-apa. Sekali lagi sang pembuat postingan yang akan mendapatkan trafik.

3

Pernyataan Berstatus Hukum

Nah yang ini lebih menarik lagi. Kita disuruh membuat sebuah status pernyataan bahwa foto yang kita share bukanlah konsumsi publik.

Pada dasarnya status tersebut tidaklah memiliki kekuatan apa-apa. Facebook dari awal sudah memberikan perjanjian penggunaan, bahwa seluruh konten yang dimasukan oleh para pengguna dapat dikonsumsi publik.

Hanya saja, konten tersebut dapat kita atur untuk menjadi konsumsi kita atau teman dekat saja, dengan cara membatasi wilayah share ke teman saja atau bahkan hanya diri sendiri. Jadi, status yang kamu buat tersebut tidak memiliki kekuatan hukum.

4

Video Hoax

Wah ini banyak sekali tersebar tidak hanya di Facebook bahkan di berbagai media sosial. Video tersebut biasanya berbentuk video amatir yang memiliki durasi pendek.

Agar lebih heboh dan meyakinkan, maka video tersebut akan ditambah dengan deskripsi yang kesannya mengerikan. Salah satu contoh video telur palsu yang beru-baru ini beredar.


Itu dia hoax-hoax yang sering muncul dan disebarkan di Facebook. Dengan adanya informasi seperti ini, diharapkan kita bisa memberantas hoax-hoax yang beredar di Facebook dan berbagai media sosial lainnya.

Klik like dan share untuk mendukung artikel ini! 😀

Diedit oleh Arya W. Wibowo