Resmi! Kreator PUBG Tuntut Pembuat Rules of Survival Hentikan Peredaran Game Mereka!

pubg tuntut rules of survival

Ranah game internasional kembali dihebohkan dengan berita dari kreator PLAYERUNKOWN’S BATTLEGROUND (PUGB), PUBG Corp, yang menuntut NetEase. PUBG Corp menuntut NetEase menghentikan peredaran game mereka yang dianggap menjiplak PUBG yaitu Rules of Survival (ROS) dan Knives Out.

Popularitas sebuah game memang terkadang membuat developer lain terdorong untuk mengikuti dan membuatnya sendiri. Apakah itu dengan sekadar meniru beberapa mekanik utama dan memberikan bumbu sendiri atau malah meniru habis mulai dari segi tampilan hingga gameplay.

Hal ini terjadi juga ketika PUBG menjadi salah satu game yang sukses di tahun 2017 lalu. Pertama kali rilis sebagai game PC, di tahun yang sama mulai muncul berbagai game mobile yang mengambil konsep mirip dengan PUBG, salah satunya tentunya adalah ROS ini.

PUBG Mobile. Sumber: iMore

Menganggap ROS sudah terlalu jauh meniru game mereka, PUBG Corp pun tidak tinggal diam. Baru-baru ini mereka secara resmi melayangkan tuntutan kepada NetEase yang berasal dari Tiongkok kepada pengadilan negeri di negara bagian California atas tuduhan pelanggaran hak cipta, merek, dan kompetisi tidak adil.

PUBG Corp sendiri adalah anak perusahaan dari Bluehole yang bermarkas di Korea. Pada tuntutan tersebut, mereka menuduh NetEase merilis game mereka lebih dulu daripada PUBG Mobile untuk mengambil pangsa pasar lebih cepat.

Terdapat 25 karakteristik dari PUBG yang diklaim PUBG Cord yang dapat diklaim secara hak cipta. Beberapa dari mereka adalah pre-game lobby, mekanisme map yang menyusut, format battle royale 100 orang, dan frase “Winner, Winner, Chicken Dinner!”.

cara dapat banyak senjata di ROS
Rules of Survival

Memang sih, frase tersebut sudah menempel erat sebagai tagline PUBG.

Di lain pihak, PUBG Corp menambahkan bahwa mereka tidak akan menuntut Fortnite: Battle Royale yang memiliki genre yang sama seperti PUBG. Pasalnya, Fornite menurut mereka masih memiliki banyak elemen yang berbeda dibandingkan Rules of Survival dan Knives Out.

Fortnite tidak memiliki kendaraan, mempunyai struktur map dan bangunan yang berbeda, serta memiliki mekanisme implementasi armor yang berbeda.

Bikin Gagal Chicken Dinner! Inilah 5 Kesalahan Pemula PUBG Mobile (Part 1)

Jumlah pemula di PUBG Mobile sepertinya masih lebih banyak dibanding pemain pro yang mampu bertahan sampai peringkat 10 besar. Kali ini Teknosaurus.com ingin menjelaskan apa saja kesalahan pemula PUBG Mobile biar mereka bisa merasakan dapat chicken dinner alias menang.
Baca Juga

Pada tuntutan ini, PUBG Corp meminta pengadilan untuk memberikan sanksi berupa denda akan kerugian. Mereka juga menuntut NetEase untuk “menghapus setiap versi dari Rules of Survival, Knives Out, dan game yang melanggar lainnya, dari distribusi dan berhenti mengembangkan dan mendukung game-game tersebut.”

Kamu bisa membaca langsung isi tuntutan mereka di sini (bahasa Inggris).

Sumber: Rappler