Ingat Symbian? Ini 7 OS Hape Selain Android dan iOS yang Dulu Sempat Eksis!

Selain Android dan iOS, Sempat Eksis OS Smartphone Yang Kini Telah Mati
Sumber: Telekomasia

Tahukah kamu, bahwa sebelum Android dan iOS berjaya ada berbagai OS yang disematkan dalam berbagai Smartphone?

OS atau Operating System adalah sebuah software yang disematkan dalam setiap perangkat digital yang memiliki fungsi untuk mengoperasikan perangkat agar bisa digunakan.

Android dan iOS memang menjadi OS Smartphone paling populer di zaman sekarang. Sebelum OS tersebut berjaya di zaman sekarang, terdapat banyak sekali macam-macam ponsel dengan berbagai macam OS, disamping populer pula ponsel jenis featured phone.

Seperti Nokia yang baru-baru ini merilis smartphone baru mereka versi Android. Padahal sebelumnya Nokia memiliki OS sendiri. Sayangnya OS tersebut sudah tidak berlanjut atau sudah mati.

Lalu apa saja OS yang sempat eksis tersebut, cekidot!

1

Symbian OS

Selain Android dan iOS, Sempat Eksis OS Smartphone Yang Kini Telah Mati

Ini dia OS Smartphone yang menjadi OS utama dalam produk-produk Nokia pada zaman keemasannya. Symbian OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Foundation.

Awalnya Symbian Foundation terpisah dari Nokia, dan pada tahun 2008 Nokia resmi membeli Symbian Foundation dan menjadi salah satu bagian dari Nokia. Symbian OS tidak diteruskan lagi perkembangannya pada tahun 2014.

2

Blackberry OS

Selain Android dan iOS, Sempat Eksis OS Smartphone Yang Kini Telah Mati

Blackberry OS adalah sistem operasi yang dikembangkan untuk seluruh perangkat Blackberry ketika masih dipegang oleh RIM (Research in Motion).

Blackberry OS memiliki keunggulan dalam fitur-fitur yang biasa digunakan kantoran. Seperti push e-mail dan sinkronisasi pada Microsoft Exchange Server.

Blackberry OS tidak dilanjutkan lagi perkembangannya setelah RIM mengalami kebangkrutan. Hingga saat ini smartphone Blackberry pun menggunakan Android sebagai sistem operasi mereka.

3

Firefox OS

Selain Android dan iOS, Sempat Eksis OS Smartphone Yang Kini Telah Mati

Kamu pasti lebih mengenal browser Firefox-nya yang menjadi salah satu browser populer di samping Google Chrome.

Mozilla sebagai pengembang dari Firefox juga sempat mengembangkan Firefox OS untuk berbagai smartphone. Firefox OS memiliki sifat open-source sehingga berbagai pihak dapat mengembangkannya sendiri.

Sayangnya Firefox OS tidak begitu populer, hingga akhirnya Firefox OS tidak lagi dikembangkan oleh Mozilla.

Awas! Lakukan 3 Hal Terlarang Ini di Gadget Kamu dan Kamu Akan Menyesal!

3 hal terlarang ini suka disarankan oleh orang tak bertanggung jawab yang entah hanya sekedar iseng atau memang punya maksud tertentu. Kira-kira apa saja perintah terlarang tersebut? Cek di sini!
Baca Juga
4

Ubuntu Touch

Selain Android dan iOS, Sempat Eksis OS Smartphone Yang Kini Telah Mati

Salah satu inovasi yang sempat membuat orang-orang hype, dikarenakan Ubuntu adalah salah satu nama yang cukup terkenal di kalangan pegiat IT.

Ubuntu pada dasarnya adalah sebuah badan pengembang OS Ubuntu, yaitu sistem operasi berbasis Linux turunan dari Debian. Hingga saat ini, Ubuntu menjadi salah satu distro Linux paling populer.

Ubuntu Touch adalah salah satu OS untuk smartphone yang dikembangkan oleh Ubuntu. Sempat dicanangkan sebuah proyek crowdfunding untuk pengembangan Ubuntu Touch, sayangnya proyek tersebut tidak tercapai jumlah dananya, hingga akhirnya Ubuntu Touch tidak lagi dikembangkan.

5

Palm OS

Selain Android dan iOS, Sempat Eksis OS Smartphone Yang Kini Telah Mati

Masih ingat dengan istilah PDA (Personal Digital Assistants)? Palm OS inilah yang menjadi sistem operasi dari perangkat PDA tersebut.

Palm OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Palm. Inc. Palm OS memiliki fitur single-tasking, layar dengan resolusi 480×320 pixel, mendukung penggunakan memory card dan yang menjadi andalan adalah fitur tulis tangan.

Palm OS sudah tidak lagi dikembangkan sejak tahun 2009 dengan versi terakhir Palm OS Cobalt.

6

MeeGo

Selain Android dan iOS, Sempat Eksis OS Smartphone Yang Kini Telah Mati

MeeGo adalah sistem operasi yang awalnya dikembangkan untuk perangkat Nokia. MeeGo dikembangkan dari kerjasama antara Intel dan Nokia dengan tujuan pengembangan smartphone yang diperkuat oleh prosesor Intel.

MeeGo dikembangkan dari hasil gabungan antara Maemo dan Moblin. Sayangnya, perkembangan MeeGo ternyata tidak berjalan dengan baik. MeeGo ditutup sebelum dirilis ke publik pada September 2011.

7

Windows Mobile/Windows Phone

Selain Android dan iOS, Sempat Eksis OS Smartphone Yang Kini Telah Mati
Sumber: Giffgaff

Windows Mobile adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk PocketPC. Setelah era smartphone Android dan iOS, Windows Mobile berganti menjadi Windows Phone dan sekarang menjadi Windows 10 Phone.

Windows Phone sudah tidak lagi dikembangkan dan digantikan oleh Windows 10 Mobile pada tahun 2015. Windows 10 Mobile kini menjadi sistem operasi utama smartphone besutan Microsoft, yaitu Lumia.

8 Handphone Terburuk dalam Sejarah yang Bisa Bikin Geleng-Geleng!

Eh, emangnya ada handphone terburuk dalam sejarah? Tentunya ada dong, bahkan ada 8 loh! Wah asyiik! Klik artikel ini biar kamu ikut geleng-geleng bersama kami.
Baca Juga

Windows Phone sempat menjadi sistem operasi utama pada Lumia yang awalnya smartphone tersebut diproduksi oleh Nokia, yang dibeli oleh Microsoft.

Setelah Nokia kembali dilepas oleh Microsoft, kini Microsoft merilis produk Lumia sendiri dengan Windows 10 Mobile.


Nah itu dia, OS Smartphone yang sempat eksis di dunia yang kini sudah tidak dikembangkan lagi alias telah mati. Kamu sendiri pernah merasakan yang mana saja nih? Yuk share!

Diedit oleh Arya W. Wibowo