Wajib Tahu! Sejarah Ngobrol di Internet, Kamu Pertama Kali Pakai yang Mana?

Kamu Harus Tahu! Sejarah Ngobrol di Internet

Internet adalah salah satu teknologi komunikasi yang bisa dikategorikan salah satu pengubah zaman. Dengan internet sekarang segala urusan menjadi mudah, terutama dalam berbagi informasi.

Nah kamu harus tahu, bahwa internet juga tidak serta merta “blek” jadi canggih seperti sekarang. Ada banyak tahap perkembangan yang terjadi. Dari yang awalnya internet hanya berisi tulisan, sekarang internet juga memiliki banyak aplikasi.

Tahukah kamu bahwa dalam mengobrol via internet juga mengalami perkembangan? Nah di sini kita akan membahas mengenai sejarah perkembangan cara kita mengobrol di internet. Seperti apa itu? Yuk cekidot!

1

BBS

BBS singkatan dari Bulletin Board System. Layaknya sebuah papan berita yang berisi berbagai tulisan dan kamu bisa baca. Bedanya kamu juga bisa ikut melakukan posting layaknya kamu berkomunikasi dengan orang lain.

BBS memang adalah bentuk tradisional dari situs-situs forum zaman sekarang. Untuk bisa masuk ke BBS ini kamu perlu menggunakan aplikasi telnet dan memasukan username dan password.

Sesuai zamannya, BBS memiliki tampilan retro. Buat kamu yang lebih senang dengan tampilan zaman now, mungkin tidak akan suka dengan BBS tradisional ini.

2

Blog

Blog pada dasarnya bukanlah aplikasi komunikasi 2 arah. Blog lebih kepada seperti buku harian yang bisa dibaca para khalayak umum.

Blog sering digunakan untuk berbagi informasi ataupun pengetahuan. Biasanya jika blog yang dimiliki pribadi, maka isinya adalah sebuah opini pribadi para pemiliknya. Jika blog dimiliki oleh badan hukum, maka isinya bisa jadi fakta.

Hingga sekarang blog tetap digunakan sebagai alat untuk berbagi informasi. Kamu juga bisa membuat blog dengan mengunjungi Blogspot ataupun WordPress.

3

IRC

Nah ini, di zamannya jika belum pernah mencoba IRC, maka kamu belum gaul. IRC singkatan dari Internet Relay Chat. Yaitu sebuah platform untuk melakukan chatting.

Ketika kamu menggunakan IRC, maka kamu perlu masuk ke sebuah room dengan menggunakan username dan kamu bisa langsung melakukan chatting di room tersebut. Biasanya setiap room memiliki interest yang berbeda.

Kamu juga bisa chatting secara privat dengan pengguna tertentu. Biasanya mereka akan menanyakan “ASL”, tentu saja itu bukan menanyakan “asal darimana” akan tetapi singkatan dari “Age, Sex, Location” yang artinya menanyakan umur, jenis kelamin dan tinggal di mana.

IRC selain berfungsi platform chatting, terkadang ada juga yang memanfaatkannya untuk berbagi file. Seperti film, lagu, dan komik dalam bentuk softcopy.

4

Forum

Forum pada dasarnya adalah sebuah perkembangan dari BBS tapi berbasis PHP. Forum memiliki tampilan yang lebih bersahabat dibandingkan BBS tradisional.

Hingga sekarang forum masih banyak digunakan untuk berkomunikasi. Dalam menggunakannya juga kamu masih bisa menggunakan berbagai perintah yang digunakan dalam BBS tradisional.

Bedanya, tampilan yang diberikan lebih baik, dan tentu saja kamu bisa berbagi lebih banyak media dibandingkan BBS tradisional. Salah satu contoh situs forum yang terkenal di Indonesia adalah Kaskus.

5

Media Sosial

Friendster sosial media yang terkenal sebelum Facebook
Friendster, menyakiti mata sejak 2002. Sumber: Keepo.me

Zaman sekarang siapa sih yang nggak punya media sosial (medsos)? Kayaknya cupu banget ya kalo nggak punya medsos.

Ya media sosial juga ikut berperan dalam perkembangan berkomunikasi di internet. Media sosial pada dasarnya memiliki fungsi untuk saling tetap terikat dalam hubungan pertemanan.

Dalam media sosial biasanya setiap pengguna bisa melakukan update status yang biasanya berisi curahan hati si pengguna. Lingkaran pertemanan akan membacanya dan dapat memberikan respon terhadap status tersebut.

Yuk Nostalgia! Mengenang Sosial Media yang Terkenal sebelum Facebook

Kamu pernah menggunakan salah satu dari tiga sosial media yang terkenal sebelum Facebook di bawah ini? Ketahuan deh umurnya!
Baca Juga

Sesuai perkembangannya, media sosial bisa digunakan untuk berbagi foto, video, bahkan juga bisa bermain game. Media sosial biasanya dimanfaatkan untuk mencari teman lama yang telah menghilang, mencari teman baru, atau bahkan stalking gebetan.

Media sosial yang sempat populer sebelumnya adalah Myspace, Friendster yang kini sudah menghilang, dan digantikan oleh Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

6

Instant Messaging

sosial media yang terkenal sebelum Facebook
Tampilan Yahoo! Messenger, ada yang ingat Happy Tree Friends?

Sesuai namanya, Instant Messaging adalah aplikasi untuk mengirimkan pesan secara instan langsung sampai ke penerima di waktu saat itu juga. Meskipun memang, tidak semua pengguna akan segera membacanya.

Instant Messaging membutuhkan koneksi internet yang terus menerus, karena pengguna harus aktif untuk bisa terus menerima pesan yang dikirimkan. Jika pengguna tidak aktif, maka setiap pesan yang dikirimkan akan pending terlebih dahulu hingga si pengguna aktif.

Waspada, Inilah 7 Ciri-Ciri Smartphone Kena Hack!

Pernah merasakan keanehan di smartphone-mu? Hati-hati mungkin smartphone kamu terkena hack! Lalu bagaimana ciri-cirinya? Ini dia 7 ciri-ciri smartphone-mu terkena hack
Baca Juga

Secara perkembangannya, Instant Messaging yang populer pada saat itu adalah ICQ dan Yahoo Messenger. Di Indonesia sendiri Yahoo Messenger sempat menjadi yang populer di zamannya.

Hingga sekarang instant messaging memiliki perkembangan yang pesat, bahkan bisa memberikan push notification yang dipelopori oleh beberapa aplikasi instant messaging. Seperti Whatsapp dan BBM dari Blackberry.


Perkembangan internet membuat kita mudah dalam berbagi informasi. Tapi ingat, gunakanlah teknologi dengan bijak, jangan sampai teknologi malah menjadikan kita bodoh seperti menyebarkan hoax melalui internet.

Diedit oleh Arya W. Wibowo