Jaga Datamu! Tips untuk Menjaga Data Media Sosial dan Privasi Kamu beserta Keluarga!

Ketika kamu memasuki dunia maya, kamu selayaknya masuk ke hutan belantara yang sangat liar. Kamu tidak akan tahu apa atau siapa yang mengintaimu secara diam-diam.

Begitupun media sosial (medsos) yang menjadi bagian dari luasnya internet. Siapa yang tahu bahwa ada yang sedang mengawasimu, atau setidaknya ada yang sedang melakukan stalking terhadapmu.

Hal tersebut belum seberapa, bagaimana jika seluruh informasi yang kamu sampaikan di media sosial disalahgunakan oleh banyak orang?

Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dalam bersosial media, salah satunya kita wajib untuk menjaga berbagai data/informasi kita pada sosial media.

Kamu bisa mengikuti tips-tips berikut agar tetap terjaga dari ancaman dan bahaya dalam bersosial media. Apa saja itu? Yuk kita simak tips menjaga data media sosial.

1

Jangan Share Terlalu Banyak Informasi

Jaga Datamu! Tips Untuk Menjaga Data Media Sosial

Lagi jalan-jalan update status, baru jadian update status, baru putus juga update status, pergi ke sekolah update status juga.

Hati-hati, terlalu banyak share status seperti di atas, bahkan disertai foto bisa membahayakan kamu. Hal ini sering terjadi di masyarakat Indonesia. Jika kamu googling dengan kata kunci “update status kecurian”, maka kamu akan menemukan banyak berita mengenai kasus kriminal pencurian hanya karena update status.

Tidak Hanya Facebook, Google Juga Tahu Semua Tentang Kamu!

Tidak hanya Facebook, Google ternyata juga sering mengambil data-data oleh kita yang sering menggunakan berbagai fasilitas Google. Apa sajakah itu? Cek selengkapnya di sini!
Baca Juga

Yap, orang yang berniat jahat bisa memanfaatkan status-status kamu untuk melacak kegiatan kamu dan bisa melakukan aksinya di saat yang mereka harapkan.

Intinya, jangan terlalu banyak share informasi, cukup kamu saja yang tahu jika hal tersebut dirasa tidak perlu diketahui oleh orang lain.

2

Atur Privasi Profil

smartphone kena hack
Security concept: Lock on digital screen, contrast, 3d render

Terkadang hal ini dilupakan oleh para pengguna medsos. Padahal dengan mengatur privasi profil kamu bisa memutuskan, siapa saja yang bisa melihat profil kamu.

Jika profil medsos kamu hanya digunakan untuk pribadi, lebih baik atur agar privasi profil kamu hanya bisa dilihat oleh pertemanan kamu. Mungkin hal ini tidak berlaku jika memang profil medsos dibuat untuk kepentingan bisnis.

3

Atur Pertemanan

Jaga Datamu! Tips Untuk Menjaga Data Media Sosial
Sumber: Popsugar

Berbagai media sosial sekarang sudah bisa melakukan pengaturan pertemanan. Kamu bisa mengkategorikan pertemanan, seperti yang mana keluarga, yang mana teman ketika sekolah atau teman kerja.

Pastikan orang yang kamu add adalah teman yang kamu kenal. Jika kamu tidak mengenalnya, ada baiknya kamu mengirimkan pesan dan menanyakan kapan bertemu dan lain sebagainya.

Jika kamu yang melakukan add teman tapi kamu belum kenal, ada baiknya kamu mengirim pesan terlebih dahulu. Menyampaikan salam dan mengenalkan diri itu lebih baik, bisa jadi itu adalah awal dari kamu menuju kesuksesan. Baik kesuksesan dalam karir maupun jodoh.. hehe.

Setiap status yang kamu share juga bisa kamu atur, siapa saja yang bisa lihat. Jadi selalu ingat, atur terlebih dahulu apapun yang mau kamu kirim.

4

Buat Password Kamu Jadi Kalimat

Jaga Datamu! Tips Untuk Menjaga Data Media Sosial
Buatlah Password Setidaknya Seperti Ini

Nah ini sesuatu yang sangat penting tapi sering dilupakan oleh banyak pengguna komputer. Penggunaan password atau kata sandi yang panjang sangat direkomendasikan.

Jika kamu sering lupa dengan kata sandi, ada baiknya buat sebuah kalimat yang bisa kamu ingat selalu. Hindari menggunakan kata sandi dari nama ibu, bapak atau pacar. Hindari pula tanggal lahir dan tempat lahir.

Ada baiknya kamu menggunakan kombinasi angka, huruf dan karakter. Well, kamu bisa minta saran kepada anak-anak alay yang sering membuat tulisan kombinasi angka dan huruf untuk hal ini.

Gak kok, saya cuma bercanda soal anak alay itu.

5

Matikan Fitur Auto-Upload di Ponsel

Jaga Datamu! Tips Untuk Menjaga Data Media Sosial
Sumber: Technobuzz

Aplikasi medsos di smartphone memiliki fitur auto-upload atau bahkan auto-synchrone. Fitur ini pada dasarnya sangat berguna untuk beberapa hal bisnis, akan tetapi untuk hal pribadi lebih baik fitur ini matikan saja.

Sebab dengan adanya fitur ini, kita bisa jadi tidak sadar bahwa kita telah mengunggah foto atau bahkan video yang sebenarnya tidak ingin kita share atau bahkan sangat pribadi.

Selain itu, kamu juga bisa hemat kuota data internet. Karena untuk mengunggah foto dan video memang butuh kuota data yang besar.


Itu dia tips yang bisa kamu ikuti dalam menjaga data-data pribadi kamu di medsos. Sebenarnya kamu bisa menjaga diri kamu agar data-data pribadi kamu tidak dicuri dengan satu cara ini.

Apakah itu? Jangan main media sosial… Ya itu.

Diedit oleh Arya W. Wibowo