Pertanyaan “Konyol” oleh Senator Amerika Serikat dalam Sidang Facebook

pertanyaan konyol sidang facebook

Masih terkait Facebook atas skandal mereka mengenai kebobolan data para pengguna Facebook yang dicuri oleh aplikasi pihak ketiga.

Hari Selasa kemarin, Mark Zuckerberg selaku CEO dari Facebook menghadiri sebuah sidang yang diselenggarakan oleh para Senator Amerika Serikat.

Sidang Facebook ini bertujuan untuk mendengarkan penjelasan mengenai kasus pencurian data yang terjadi pada Facebook yang dikenal dengan sebutan Cambridge Analytica.

Yang lucunya dalam sidang Facebook tersebut, para Senator AS seperti tidak mengerti dengan teknologi atau bahkan bisnis yang dijalankan oleh Facebook. Salah satu tweet dari editor media reason.com, bahkan menunjukkan betapa mengerikannya pertanyaan yang dihadapi oleh Zuckerberg.

Salah satu Senator, Patrick Leahy memberikan sebuah pernyataan yang mungkin bisa dibilang konyol dengan memperlihatkan sebuah salinan yang berisi berbagai macam grup Facebook.

Beliau menanyakan apakah Facebook adalah salah satu alat propaganda milik Rusia sebab Mark Zuckerberg pasti membaca satu persatu setiap posting-an yang ada di grup Facebook tersebut.

 

fitur keamanan facebook
Sumber: Time Magazine

Senator Orrin Hatch sendiri menanyakan model bisnis Facebook yang harusnya beliau telah mengetahuinya. Beliau menanyakan bagaimana caranya Facebook tetap berdiri padahal semua layanannya gratis.

Zuckerberg dengan wajah yang polos langsung menjawab: “Senator, Kami berjualan iklan”. “Oh ya, bagus itu!”, ungkap Senator Hatch.

Tidak hanya itu, Senator Brian Schatz bahkan terlihat tidak mengerti sama sekali bagaimana Facebook bekerja. Beliau menanyakan kepada Zuckerberg apakah Facebook bisa melihat seluruh “e-mail” yang dikirim via Whatsapp.

Zuckerberg menjawab bahwa hal tersebut tidak mungkin terjadi karena seluruh pesan yang dikirim via Whatsapp telah terenkripsi. Sehingga orang lain tidak akan mungkin bisa melihat pesan-pesan yang terenkripsi.

Senator Schatz kembali menanyakan, apakah Facebook akan menunjukkan sebuah iklan tentang film Black Panther jika seandainya kita mengirim pesan mengenai film Black Panther tersebut di Whatsapp.


Itu dia pertanyaan-pertanyaan konyol yang diutarakan oleh Senator AS di sidang Facebook kemarin. Menurut kamu mana yang paling lucu?

Diedit oleh Arya W. Wibowo