Review Vivo V9, Performa Ga Sebagus Desainnya!

Review Vivo V9

Pasar smartphone Indonesia pada akhirnya memiliki pilihan murah untuk sebuah smartphone yang berpenampilan premium khas tahun 2018, karena kehadiran Vivo V9. Perangkat itu pun memiliki desain yang indah, namun performanya cukup untuk membuat saya merasa kesal.

Pada tanggal 29 Maret 2018 kemarin, Vivo, salah satu vendor yang cukup antusias menyongsong keramaian pasar Indonesia secara resmi meluncurkan V9. Perangkat yang memiliki penampilan mirip iPhone X itu pun meluncur dengan sangat heboh, bahkan hingga mengikutkan Candi Borobudur dan juga barisan artis lokal.

Sayang, kehebohan itu bagi saya tidak selaras dengan perangkat yang diluncurkan. Vivo V9 di pandangan mata saya merupakan perangkat yang menyongsong pasar entry level, namun sayang harga yang dipatoknya bisa dikatakan menengah ke atas.

Kehebohan lain juga hadir dari spesifikasi Vivo V9 yang diklaim banyak pihak tidak sesuai dengan ekspektasi. Spesifikasi yang dimaksud adalah chipset yang dibenamkan oleh Vivo ke dalam V9. Namun belum bisa saya pastikan sebelum memeriksanya sendiri.

Saya pada akhirnya diberi kesempatan untuk bertualang bersama Vivo V9 selama beberapa hari. Segala hal mengenai Vivo V9 tanpa ragu saya kupas secara tuntas. Berikut kisah petualangan saya bersama perangkat baru Vivo, yakni Vivo V9.

Unboxing

Review Vivo V9

Sebelum mengupas kemampuan dari Vivo V9, hal pertama yang tentu saya akan kupas adalah kotak dari perangkat tersebut. Vivo menghadirkan perangkatnya itu dengan kotak yang didominasi warna putih, dan juga terdapat hiasan Fifa World Cup Russia 2018.

Pada bagian depan kotak itu juga saya bisa melihat wajah dari V9, yang dengan percaya dirinya Vivo menuliskan “Perfect Shot, Perfect View”. Di bagian belakang kotak tersebut kita dapat melihat segilintir informasi spesifikasi Vivo V9, seperti desain layar, lensa selfie 24 MP, lensa ganda di belakang, dan kapasitas RAM sekaligus ROM.

Unboxing: Xiaomi Redmi 5, Murah Tapi Ga Murahan!

Xiaomi telah memulai penjualan dari dua produk terbarunya, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di hari ini, 22 Februari 2018. Jika boleh saya perkirakan, mulai besok kita semua akan melihat Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus mulai berada di genggaman tangan banyak orang.
Baca Juga

Ketika kotak tersebut dibuka, saya tidak langsung disambut oleh perangkat terkait. Smartphone rupanya berada di balik sebuah kotak yang menjadi tempat dari soft clear case, buku garansi, buku manual, dan juga tempat SIM Ejector.

Setelah saya selesai mengangkat Vivo V9 yang masih berselimutkan plastik pelindung, saya menemukan rangkaian aksesoris. Vivo bisa dibilang sebagai vendor yang baik hati, karena masih menyematkan earphone bersamaan dengan kabel USB dan juga Adapter.

Desain

Review Vivo V9

Selain mengutamakan kamera selfie, Vivo juga merupakan vendor yang belakangan ini cukup mengutamakan desain dari perangkat-perangkatnya. Hal itupun dilakukannya terhadap V9, smartphone dengan desain yang patut diacungi jempol.

Sudah menjadi rahasia umum jika bagian depan Vivo V9 seakan menjiplak iPhone X, perangkat spesial besutan Apple yang meluncur di September tahun lalu. Namun, bagi saya masih terdapat beberapa perbedaan diantara V9 dan iPhone X.

Review Xiaomi Redmi 5 Plus, Smartphone yang Ga Ada Lawan Di Kelasnya!

Beberapa minggu lalu saya telah selesai melakukan review terhadap Xiaomi Redmi 5. Dan kali ini, saya akan kembali mengulas pilihan lain yang menjadi kakak dari Redmi 5, yang akan saya satukan ke dalam review Xiaomi Redmi 5 Plus.
Baca Juga

Vivo V9 hadir sebagai smartphone dengan bentang layar 6,3 inci, dengan rasio antara bodi dan layarnya mencapai 85,2 persen. Layar dari perangkat tersebut memanfaatkan panel IPS LCD, yang akan menyuguhkan resolusi 1080 x 2280 piksel, atau Full HD+.

Jika boleh jujur, Notch yang berada di bagian atas layarnya memang membuat perangkat tersebut mirip dengan iPhone X. Namun sayangnya, Notch itu hanya menyematkan lensa kamera selfie dan juga microspeaker.

Review Vivo V9

Walau sisi kiri, kanan dan atasnya memiliki bezel yang tipis, namun tidak pada sisi bawah layarnya. Bezel di bawah layar Vivo V9 masih terkesan besar, yang membuat saya merasa Vivo kepalang tanggung untuk menghadirkannya sebagai versi murah dari iPhone X.

Hal yang saya suka dari segi desain Vivo V9 adalah bagian punggungnya. Perangkat tersebut hadir dengan penampilan yang mewah. Hal itu tidak hanya disebabkan oleh kehadiran lensa ganda di bagian punggung, namun juga frame pada kamera utama dan juga pemindai jari.

Review ASUS ZenFone Max Plus M1, Jangan Cuma Liat Chipset Aja!

Saya akhirnya selesai melakukan review ASUS ZenFone Max Plus M1. Chipset yang tersemat di dalamnya sering menjadi bahan ejekan banyak orang. Namun, apakah itu menjadi masalah?
Baca Juga

Saya yang mendapatkan unit berwarna hitam, melihat adanya frame dengan warna emas di bagian kamera utama dan juga pemindai jari. Warna frame tersebut selaras dengan tulisan Vivo di bagian punggungnya.

Kemewahan juga disebabkan oleh dataran punggungnya yang melengkung, yang mengingatkan saya terhadap perangkat besutan Samsung, tepatnya yang dimulai dari Galaxy S6 hingga S9 Plus saat ini. Lapisan seperti kaca saya temukan di bagian tersebut.

Review Vivo V9

Tombol power dan volume saya temukan pada sisi kanan Vivo V9, sementara di sisi kiri hanya terdapat slot micro SIM dan juga microSD. Port USB, audio jack, speaker serta microphone disatukan pada sisi bawah perangkat, yang secara otomatis membuat sisi atasnya kosong melompong.

Secara rinci Vivo V9 hadir dengan dimensi 154,8 x 75,1 x 7,9 mm, dengan berat yang harus ditanggung penggunanya adalah 150 gram.

Bagaimana kemampuan kamera dari Vivo V9? Apakah sebagus slogannya? Temukan jawabannya di laman selanjutnya!