Bisakah Hidup Tanpanya? 5 Hal yang Bakal Hilang Saat Facebook Diblokir

facebook diblokir

Facebook adalah jejaring sosial yang kehadirannya telah melekat dengan masyarakat Indonesia. Sayangnya, dalam waktu dekat Facebook diblokir oleh pemerintah. Keputusan itupun membuat banyak pihak termasuk saya mengalami kegalauan mendalam. Bisakah hidup tanpa Facebook?

Pertanyaan itu mungkin terdengar lebay, terlalu melankolis, dan hiperbola. Namun, hal itulah yang memang tengah dirasakan banyak orang yang saya kenal, termasuk saya pribadi yang telah lebih dari 7 tahun menjadikan Facebook sebagai rumah di dunia maya.

Permasalahan ini berawal dari kabar bocornya data satu juta pengguna Facebook di Indonesia, yang pada akhirnya memicu perhatian pemerintah untuk mengambil sebuah tindakan.

Dikarenakan kekhawatiran akan data yang bocor tersebut, pemerintah mengultimatum Facebook agar segera memberikan laporan terkait nasib data satu juta pengguna Indonesia tersebut.

Pemerintah memberikan batas waktu hingga hari ini, Kamis (12/4). Namun sayang, permintaan pemerintah belum juga mendapatkan tanggapan. Hal ini tentu membuat nasib Facebook di Indonesia sudah lebih dari sekedar telur diujung tanduk.

Pertanyaan “Konyol” oleh Senator Amerika Serikat dalam Sidang Facebook

Hari Selasa kemarin, diadakan sebuah sidang Facebook mengenai pencurian data yang terjadi pada Facebook. Lucunya pertanyaan yang diutarakan oleh Senator AS kepada Mark Zuckerberg malah terdengar konyol. Seperti apa pertanyaan-pertanyaan tersebut? Cek selengkapnya di sini!
Baca Juga

Jika Facebook benar-benar diblokir, terdapat sebuah pertanyaan yang nampaknya wajib keluar dari mulut penggunanya. Bisakah kehadiran Facebook yang telah bertahun-tahun mewarnai kehidupan masyarakat dilenyapkan begitu saja? Apa saja yang akan hilang bersama dengan lenyapnya sosial media besutan Mark Zuckerberg tersebut?

Saya pun mencoba membuat daftar 5 hal yang akan berubah atau bahkan menghilang saat Facebook diblokir. Berikut daftarnya.

Hilangnya Teman di Dunia Maya

facebook diblokir
sumber: Busy Moms

Sebagai situs sosial, tentu pertemanan menjadi nilai jual paling utama ketika Facebook hadir. Langkah yang mudah dan sangat membantu bagi mereka yang introvert tersebut sudah sangat melekat bagi masyarakat Indonesia, bahkan sampai hari ini.

Saya pribadi menemukan banyak teman dari Facebook. Hal itu tentu jauh sebelum adanya fenomena akun kloning atau fake account yang saat ini mewabah di dunia Facebook.

Terkait Pencurian Data, Facebook Terancam Diblokir Menkominfo!

Menkominfo ternyata tidak main-main dengan kasus Facebook kemarin. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, menyatakan bahwa Facebook terancam diblokir lusa.
Baca Juga

Saya setidaknya menemukan puluhan teman yang bisa dipercaya, dan bahkan sempat bertemu beberapa kali di dunia nyata. Saya merasakan klop dengan mereka, bahkan saat berbicara hanya melalui Facebook.

Sayang, ketika nanti saat Facebook diblokir, maka hal ini tentu tidak dapat saya rasakan lagi. Menemukan teman yang tepat di dunia maya hanya menjadi kenangan, yang tentu sulit ditemukan di sosial media lainnya.

Tempat Ngumpul Paling Murah

facebook diblokir
sumber: Digital Trends

Seperti yang telah sampaikan sebelumnya, Facebook telah saya jadikan sebagai rumah di dunia maya. Namun, Facebook juga bisa menjadi tempat ngumpul yang paling murah yang bisa saya nikmati.

Facebook beberapa tahun terakhir menawarkan fitur fanspage. Nah, di sana saya bisa menemukan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Contohnya saja, saya bisa menemukan mereka yang memiliki hobi mengoleksi Gundam.

Di fanspage atau grup yang berkaitan, saya bisa saling bertukar informasi mengenai model gundam terbaru, jadwal rilis, dan bahkan bocoran harga untuk memiliki sebuah Gundam yang belum dirilis. Hal itu merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi saya, dan mungkin juga orang lain dengan ketertarikan yang hanya berbeda di jenis barangnya saja.

Pertanyaan “Konyol” oleh Senator Amerika Serikat dalam Sidang Facebook

Hari Selasa kemarin, diadakan sebuah sidang Facebook mengenai pencurian data yang terjadi pada Facebook. Lucunya pertanyaan yang diutarakan oleh Senator AS kepada Mark Zuckerberg malah terdengar konyol. Seperti apa pertanyaan-pertanyaan tersebut? Cek selengkapnya di sini!
Baca Juga

Ketika Facebook diblokir nanti, hal itu akan sulit untuk saya temukan kembali. Saya mungkin bisa melihat harganya di toko online dan langsung membelinya, namun saya tidak bisa menemukan beragam kebahagiaan lainnya, seperti membicarakannya secara lebih mendalam.

Terlebih, saya tak perlu mengeluarkan uang untuk berkumpul dan berbincang-bincang dengan orang-orang tersebut. Saya hanya harus diam di depan PC atau smartphone, dan membuka aplikasi Facebook, lalu mengunjungi grup atau fanspage yang menjadi tempat nongkrong itu.

Apalagi yang akan hilang ketika Facebook diblokir? Jawaban bisa kamu temukan di laman selanjutnya!