Merasa Data Akun Facebook Tercuri? Ini Cara Mendeteksinya

akun facebook tercuri cara mendeteksi

Cambridge Analytica adalah sebuah aplikasi pihak ketiga yang sempat populer di Facebook dengan bentuk kuis-kuis yang memang memancing orang untuk mengikutinya. Sayangnya karena Cambridge Analytica ini menjadikan data akun Facebook tercuri.

Hal ini pula yang menjadikan Mark Zuckerberg, selaku CEO dari Facebook dipanggil langsung menghadapi para Senator Amerika Serikat, untuk menjawab berbagai pertanyaan penting dari para Senator. Hal ini untuk mengklarifikasi tentang tanggung jawab Facebook dalam melindungi hak asasi rakyat Amerika atau bahkan dunia.

Sebanyak sekitar 87 juta pengguna Facebook mengalami kebobolan data yang disebabkan oleh Cambridge Analytica. Menariknya, meskipun target utama adalah para penduduk Amerika karena terkait data dengan tujuan pemenangan Donald Trump, para pengguna Indonesia juga terkena dampak dari aplikasi ini.

Sebanyak sekitar 1 juta pengguna Facebook di Indonesia juga mengalami kebobolan data. Hal ini juga yang menjadi perhatian Menteri Komunikasi Rudiantara yang sempat menemui pihak Facebook untuk membahas hal ini.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui bahwa data-data dari akun kita tercuri? Untungnya, Facebook langsung melakukan aksi untuk mengatasi masalah ini.

Kamu bisa langsung mengunjungi tautan berikut untuk mendeteksi apakah kamu pernah mengikuti kuis dari Cambridge Analytica tersebut. Jika kamu tidak pernah masuk atau mengikuti ke dalam aplikasi tersebut maka akan muncul keterangan berikut.

Merasa Data Akun Facebook Tercuri? Ini Cara Mendeteksinya
Tanda Bahwa Akun Kamu Aman

Jika muncul tanda tersebut, maka 100% data kamu aman dan tidak perlu khawatir mengenai pencurian data yang dilakukan oleh Cambridge Analytica tersebut.

Kamu juga bisa melihat melalui aplikasi Facebook di ponsel smartphone kamu. Pada menu newsfeed, akan muncul sebuah notifikasi di bagian atas seperti gambar di bawah ini. Jika ternyata akun kamu terdeteksi pernah mengikuti aplikasi Cambridge Analytica tersebut, maka akan muncul notifikasi seperti gambar di sebelah kanan.

Merasa Data Akun Facebook Tercuri? Ini Cara Mendeteksinya
Sumber: Kompas.com

Ada baiknya kamu mengganti semua data-data di akun Facebook-mu, meskipun tidak terdeteksi pernah mengikuti sebuah kuis “This is My Digital Life” dari Cambridge Analytica.

Seperti password, nomor handphone, dan data-data krusial lainnya yang bisa saja disalah gunakan oleh para pihak yang tak bertanggung jawab.

Facebook Diblokir? Ini Cara Mudah Gunakan VPN untuk Akses Facebook

Facebook diblokir? Meskipun masih wacana dari Menkominfo, masih ada kemungkinan bahwa Facebook benar-benar akan diblokir. Sebenarnya ada berbagai cara untuk bisa mengakses Facebook ketika Facebook diblokir nanti. Salah satu cara yang akan kita bahas di artikel ini adalah menggunakan VPN. Bagaimana caranya? Cek di sini!
Baca Juga

Yang pasti kita harus menjaga seluruh privasi kita semua. Jangan sembrono dalam sharing segala informasi bahkan aktivitas kita di media sosial. Sebab hal tersebut berbahaya!

Diedit oleh Arya W. Wibowo