Mau Internet Kenceng? Coba Pakai Layanan DNS Cloudflare Ini!

Kecepatan Internet Indonesia
Kecepatan Internet Indonesia Berada di Peringkat 77, Memang Seberapa Cepat?

Pada 1 April kemarin, Cloudflare tidak membuat sebuah April Mop, melainkan meluncurkan servis baru mereka, yaitu DNS publik dengan alamat IP http://1.1.1.1. Tentu saja hal ini bukanlah sebuah lelucon meskipun dirilis pada tanggal untuk merayakan lelucon.

DNS sendiri adalah singkatan dari Domain Name Server, yaitu perangkat server dalam jaringan yang bertugas untuk memberikan nama alias di setiap alamat internet. Bersyukurlah dengan adanya DNS, kamu tidak perlu menghafal IP address jika ingin mengunjungi situs, melainkan hanya menyebutkan www.namasitus.com.

Kembali ke topik, DNS Cloudflare ini dapat digunakan oleh publik. Layaknya DNS dari Google ataupun OpenDNS, kamu hanya mengganti pada pengaturan IP Address di networking, menjadi 1.1.1.1 atau 1.0.0.1.

DNS Cloudflare bekerja sama dengan APNIC (Asia-Pacific Network Information Centre) dalam peluncuran DNS 1.1.1.1 ini. Cloudflare mengklaim bahwa DNS 1.1.1.1 ini adalah DNS dengan sistem yang sangat cepat.

Kamu bisa mencoba dengan mengunjungi http://1.1.1.1

Cloudflare mengatakan bahwa DNS Cloudflare ini mampu mengolah berbagai trafik sampah dan dapat menyimpan berbagai alamat IP. Oleh karena itu, DNS 1.1.1.1 dapat menjadikan internet kamu lebih cepat.

Nantinya DNS Cloudflare ini bisa mendukung DNS-over-TLS dan DNS-over-HTTPS. Cloudflare berharap dengan adanya fitur ini, DNS 1.1.1.1 akan didukung sepenuhnya oleh berbagai browser maupun OS.

Jika kita lihat pada DNS Performance, yaitu sebuah situs yang melakukan pengurutan DNS, Cloudflare DNS memang menjadi tercepat di antara DNS lainnya. DNS dari Cloudflare ini menempati rangking pertama dengan kecepatan resolve sekitar 14 milisecond.

Tidak Hanya Facebook, Google Juga Tahu Semua Tentang Kamu!

Tidak hanya Facebook, Google ternyata juga sering mengambil data-data oleh kita yang sering menggunakan berbagai fasilitas Google. Apa sajakah itu? Cek selengkapnya di sini!
Baca Juga

Sedangkan yang kedua adalah OpenDNS dengan 21 milisecond. Yang menarik Google sebagai pemilik DNS 8.8.8.8 justru tidak menempati urutan tiga besar, melainkan hanya urutan keempat dengan kecepatan sekitar 35 milisecond.

Kecepatan internet pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kecepatan dari DNS melakukan resolve. Tentu tidak aneh memang jika Cloudflare DNS bisa menjadikan internetmu lebih cepat dibanding sebelumnya.

Tapi bukan berarti hanya dengan mengganti DNS serta merta kecepatan bandwidth internetmu dari 1Mbps menjadi 100Mbps. Jika seperti itu, kamu harus mengganti ISP atau setidaknya ganti servis.