6 Virus yang Terkenal dan Sempat Viral di Indonesia

virus yang tersebar di indonesia

Virus di dunia nyata adalah sebuah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Bahasa singkatnya, virus adalah sebuah parasit yang dapat menyebabkan penyakit baik tumbuhan, hewan, maupun manusia.

Istilah virus ternyata juga ada di dunia teknologi komputer. Sesuai namanya, virus memiliki sifat yang merugikan dan merusak karena membuat PC maupun gadget menjadi “sakit” jika “terinfeksi” virus.

Indonesia sendiri tidak lepas dari ancaman berbagai virus komputer. Beberapa ada yang bisa langsung diatasi, dan beberapa juga sempat menjadi viral karena sifatnya yang sangat merusak dan “unik”.

Kali ini kita akan membahas virus yang terkenal dan sempat viral di Indonesia, apa sajakah itu? Yuk kita simak!

1

Virus Kangen

6 Virus Yang Terkenal dan Sempat Viral di Indonesia
Sumber: YeahMahasiswa

Virus Kangen bukanlah berarti virusnya kangen oleh sesuatu, melainkan virus ini terinspirasi dari salah satu judul lagu yang dibawakan band rock Dewa 19 yang berjudul “Kangen”.

Virus ini sangat ditakuti oleh pengguna komputer kantoran karena menyamar sebagai aplikasi MS Word. Virus ini sebenarnya masih mirip dengan virus dari luar yang menamai dirinya dengan nama-nama romantik seperti virus Myheart dan sebagainya.

Virus Kangen ini menyebarkan diri melalui disket ataupun flashdisk. Hal yang ditakuti adalah file-file dokumen akan disembunyikan oleh virus Kangen dan menggantinya dengan file virus. Meskipun begitu, kamu tidak perlu panik sebab file dokumen tersebut tidak dihapus oleh sang virus hanya disembunyikan (hidden) saja.

Ciri-ciri PC kamu terinfeksi virus ini adalah kamu akan menemukan berbagai file dokumen menjadi kangen.doc yang berisi sepenggal lirik lagu Kangen Dewa 19. Serta muncul lirik penuh lagu Kangen di bagian taskbar yang berjalan.

2

Virus Melissa

6 virus yang terkenal dan sempat viral di Indonesia
Sumber: PandaSecurity

Virus Melissa adalah salah satu tipe virus makro. Virus makro sendiri adalah virus yang dibuat menggunakan Visual Basic Macro yang terdapat pada berbagai software office yang dikembangkan Microsoft.

Virus Melissa ini disebarkan melalui e-mail dan sekalinya virus ini menginfeksi sebuah PC, maka virus ini akan menyebarkan diri melalui akun e-mail sang korban yang terinfeksi. Nantinya, virus ini akan mengirimkan sebuah e-mail dengan subjek “IMPORTANT THING” atau sejenisnya dan memiliki attachment file berekstensi .doc yang sebenarnya adalah virus itu sendiri.

Virus Melissa ini sempat menjadi virus paling berbahaya di dunia karena telah mencuri berbagai akun e-mail AOL dan menyebabkan kerugian hingga 80 juta USD.

3

Virus Brontok

6 virus yang terkenal dan sempat viral di Indonesia

Virus lokal yang sempat menggegerkan dunia ini terinspirasi dari nama jenis Elang Brontok. Yang menarik virus brontok ini membawa sebuah pesan sosial seperti menuntut para koruptor dihukum mati, hentikan prostitusi, hentikan pencemaran laut dan penebangan hutan, dan lain sebagainya.

Virus Brontok pada awalnya menginfeksi via e-mail dan juga menyebar via flashdisk. PC yang terinfeksi Brontok tidak akan bisa mengakses Task Manager dan Regedit karena memang dimatikan oleh virus tersebut.

Virus Brontok ini selain merusak sistem Windows, juga dapat menghabiskan bandwidth internet, karena virus Brontok secara otomatis akan melakukan serangan flooding ping ke dua situs yaitu situs israel.gov.il dan playboy.com.

4

Virus Ramnit

6 virus yang terkenal dan sempat viral di Indonesia

Virus Ramnit terkenal karena virus ini selalu menyebar melalui berbagai jasa rental komputer dan fotokopian.

Virus yang juga dikenal dengan Virus Shortcut ini menyebar cepat melalui flashdisk. Virus ini sangat menjengkelkan karena sangat sulit untuk dihilangkan dan beberapa antivirus juga tidak mampu untuk menghilangkan secara total virus Ramnit.

Virus ini akan menyembunyikan semua file yang tersimpan dalam flashdisk yang digantikan dengan sang virus. Sehingga jika kamu membuka file tiruan, maka virus akan langsung aktif dan menginfeksi PC.

Virus ini juga dapat membuat flashdisk cepat penuh, karena sang virus akan terus-terusan membuat file shortcut.

5

Virus Ransomware

virus ransomware

Virus Ransomware adalah virus yang baru-baru ini menginfeksi berbagai PC bersistem operasi Windows. Virus Ransomware cenderung tidak merusak sistem akan tetapi dapat merusak file-file pribadi sang korban.

Ketika virus ini menginfeksi PC, maka virus ini akan mengunci dan mengenkripsi seluruh file yang ada di PC sehingga kamu tidak bisa membukanya tanpa di-decrypt oleh sang virus.

Virus Ransomware Ini Memaksa Kamu Main PUBG

Masih ingat dengan virus Ransomware? Virus ini sempat heboh di akhir tahun 2017 karena tingkat berbahaya yang lumayan tinggi. Anyway, baru-baru ini juga muncul sebuah virus Ransomware varian baru. Lucunya, virus Ransomware ini tidak menuntut kamu untuk mentransfer uang, melainkan memaksa kamu untuk memainkan PUBG.
Baca Juga

Virus ini mengancam akan menghapus seluruh file dalam waktu tertentu. Untuk memperbaiki seluruh file yang terenkripsi kamu harus mengirim sejumlah uang atau bitcoin ke akun yang tertulis pada virus.

Tidak ada jaminan pasti bahwa jika kamu mengirim sejumlah uang akan menyelesaikan seluruh kerusakan yang dibuat oleh sang virus. Untungnya, sekarang kamu sudah bisa mengunduh tool untuk membasmi Ransomware yang bisa kamu cari melalui Google.

6

Gadis Mabuk

6 virus yang terkenal dan sempat viral di Indonesia

Gadis Mabuk sebuah virus yang tidak menginfeksi sistem komputer, melainkan berperan sebagai add-on atau peramban pada browser seperti Google Chrome dan Firefox.

Virus ini disebarkan melalui aplikasi di Facebook yang di mana akan aktif jika kamu melakukan klik dari tautan yang di-share melalui timeline Facebook dengan bertuliskan sebuah video gadis mabuk dan berbuat tak senonoh.

Virus ini pada dasarnya tidak akan merusak sistem. Hanya saja dia akan meminta untuk menginstal berbagai aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan dan bisa saja akan mencuri berbagai data-data pribadi yang sangat dilarang untuk disebar. Seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening bank.


Itu dia berbagai virus yang terkenal di Indonesia dan sempat menjadi viral karena memang sangat mudah sekali menyebar dan sangat merusak.

Kamu sendiri pernah terkena virus tersebut tidak?

Diedit oleh Arya W. Wibowo

SHARE
Previous articleInilah 10 Hero Mobile Legends Paling Populer Sepanjang Masa, Kagura Gak Masuk!
Next article10 Hero Mobile Legends yang Paling Jarang Dipakai Sepanjang Masa