5 Trik dan Fitur Whatsapp Keren yang Wajib Kamu Ketahui – Part 1

trik dan fitur whatsapp CV

Whatsapp adalah aplikasi chat yang sudah sangat umum kita gunakan. Selain mudah, aplikasi yang telah diakuisisi Facebook ini juga sangat ringan. Walaupun terlihat sederhana, ternyata ada segudang trik dan fitur Whatsapp yang masih belum diketahui lho.

Apa saja ya mereka? Yuk kita cek satu per satu di sini!

1

Mengirim gambar tanpa kompresi

trik dan fitur whatsapp 1

Untuk mempercepat pengiriman gambar dan mengurangi penggunaan data, Whatsapp biasanya mengompres gambar yang kamu kirimkan di aplikasi tersebut. Namun, terkadang dalam situasi tertentu kamu perlu untuk mengirim gambar dengan kualitas aslinya.

Untuk melakukan itu, ketika kamu ingin mengirim gambar, kamu jangan pilih galeri. Kamu pilih untuk mengambil filenya dari menu dokumen dan cari gambar yang kamu inginkan sesuai foldernya.

2

Membaca pesan tanpa terdeteksi

trik dan fitur whatsapp 1

Kamu ingin tahu isi sebuah pesan tanpa harus ketahuan telah membacanya? Ada sebuah trik yang bisa kamu gunakan.

Alih-alih membuka Whatsapp langsung, kamu bisa membaca pesan yang masuk dari luar. Caranya adalah dengan mengaktifkan widget Whatsapp di menu home smartphone kamu. Dengan begini, kamu bisa melakukan scroll dan membaca pesan tanpa harus masuk Whatsapp dan terdeteksi.

3

Bikin gif di Whatsapp

trik dan fitur whatsapp 1

Tak perlu bingung lagi menyalurkan kreativitasmu dalam membuat gambar bergerak alias gif. Di Whatsapp, kamu bisa langsung membuat gif dari video yang kamu kirimkan.

Caranya adalah ketika mengirim video, edit durasi video tersebut sehingga hanya berdurasi 6 detik ke bawah. Dengan begitu video akan jauh lebih kecil ukurannya dan bisa digunakan untuk hiburan tambahan.

Oh tentu saja kamu bisa menambahkan berbagai emoji dan stiker yang disediakan oleh Whatsapp.

4

Menggunakan Whatsapp sebagai alat bookmark

trik dan fitur whatsapp 1

Ingin memiliki alat bookmark yang mudah untuk diakses kapan saja dan di mana saja? Trik berikut ini akan sangat membantu kamu. Trik ini sebenarnya bukanlah fitur yang “sengaja” disediakan oleh Whatsapp, tetapi sesuatu yang berasal dari eksperimen.

Caranya adalah dengan membuat sebuah grup Whatsapp baru. Masukkan satu temanmu secara acak ke dalam sebuah grup. Setelah itu, keluarkan dia dari grup tersebut sehingga hanya kamu saja yang ada di sana. Ubah nama grup tersebut sesuai yang kamu inginkan, misalnya “Bookmark”, “ruang penyimpanan”, dan sebagainya.

Tempat Berbagi atau Sekedar Shitpost? Ini Dia 5 Alasan Orang Bikin Grup WhatsApp

Mungkin sudah tidak terhitung lagi berapa banyak jumlah grup WhatsApp yang dibuat oleh penggunanya di seluruh dunia. Sebenarnya apa sih tujuan mereka membuat grup ini? Apakah untuk berbagi hal-hal penting? Atau cuma buat seru-seruan? Berikut adalah alasan orang bikin grup WhatsApp.
Baca Juga

Nah, sekarang kamu bisa “menitip” tautan, gambar, file, dan apapun di grup tersebut. Cukup share artikel yang kamu ingin simpan di Whatsapp dan kirimkan di grup rahasiamu itu.

Cara ini juga memudahkan kamu untuk mentransfer file dari smartphone ke PC melalui Whatsapp Web. Sebuah fitur yang sangat menarik bukan?

5

Mengubah font teks

trik dan fitur whatsapp 5

Ingin pesan yang kamu kirimkan lebih berestetika? Kamu bisa membuat variasi teks dengan cara berikut ini.

Untuk mengubah font teks, awali dan akhiri pesan kamu dengan simbol-simbol berikut:

Bold: *(teks)*

Italic: _(teks)_

Strikethrough: ~(teks)~

E s t e t i k a: simbol aksen (`) di awal dan di akhir teks


Itulah 5 trik dan fitur Whatsapp keren yang pasti akan bermanfaat bagi kamu, apakah sebagai hiburan atau untuk produktivitas. Trik dan fitur Whatsapp mana yang menurut kamu paling berguna?