Ucapkan Selamat Tinggal! Tidak Akan Ada Lagi Windows Phone yang Dijual!

windows phone

Selain Android dan iOS, terdapat satu buah sistem operasi smartphone yang sempat booming dan diprediksikan menjadi yang terbaik. Sayang, tidak hanya prediksi tersebut meleset, namun di tahun lalu Microsoft juga telah memastikan jika Smartphone Windows atau Windows Phone sudah tiada.

Walau demikian, sebelumnya Windows Phone masih bisa ditemui pada toko online resmi milik Microsoft, yakni Microsoft Store. Sayangnya, Kamis, 19 April 2018 lalu laman tersebut sudah tidak menampilkan lagi perangkat smartphone berbasiskan sistem operasi Windows.

Pada laman tersebut terdapat dua buah Windows Phone yang masih mejeng menjadi katalog, yakni HP Elite X3 dan Alcatel IDOL 4S. Sayangnya, tepat di bawah gambar kedua perangkat itu ada keterangan “Out Of Stock”, atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah barang sudah habis.

Hal ini tentu mengejutkan, bahwasannya stock dari kedua perangkat tersebut adalah yang terakhir yang bisa ditemui pada laman Microsoft Store, atau bahkan mungkin di toko resmi lainnya. Banyak pihak yang berpendapat, Microsoft tidak akan menambah stock kedua perangkat itu lagi, karena memang pihaknya sudah memastikan program Windows Phone telah mati.

windows phone

Saya yang dahulu sempat menggunakan Windows Phone tentu merasa sangat sedih. Terlebih, setelah sistem operasi Windows Phone ditingkatkan menjadi Windows 10, banyak janji manis yang dikeluarkan oleh Microsoft, seperti jumlah aplikasi yang akan meningkat, kemudahan para pengembang untuk berkreasi, dan menjadi pilihan OS yang bersahabat.

Sayang, semua janji tersebut mati bersamaan dengan diumumkannya penghentian program Windows Phone. Pada saat pengumuman itu muncul, saya merasa Microsoft tak bisa memenuhi janjinya. Semua janji yang saya tanamkan di dalam hati, dengan sangat terpaksa harus di kubur secara mendalam.

Jadi Smartphone Pertama Bertenaga Snapdragon 636, Ini Harga Xiaomi Redmi Note 5!

Xiaomi Redmi Note 5 rupanya memiliki beragam kejutan yang menarik bagi pasar Indonesia. Pasalnya, smartphone yang menjadi pertama bertenaga Snapdragon 636 tersebut rupanya dipatok dengan harga kurang dari Rp3 juta. Inilah spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Note 5.
Baca Juga

Rasa sakit yang saya rasakan itu pun semakin parah ketika melihat stock dari dua perangkat Windows Phone yang tersisa di laman Microsoft Store sudah tidak ada lagi. Padahal, kedua perangkat tersebut dijual dengan harga yang terjangkau, terutama Alcatel IDOL 4S.

Sebelum stock dinyatakan habis, Microsoft Store terlihat beberapa kali melakukan penurunan harga yang menggila. Contohnya saja HP Elite X3, yang sebelumnya dijual dengan harga USD799 (Rp11,030 juta) menjadi USD299 (Rp4,127 juta). Sementara itu, Alcatel IDOL 4S yang berharga awal USD299 (Rp4,127 juta) menjadi USD99 (Rp1,366 juta).

Rupanya penurunan harga yang menggila tersebut tidak berdampak banyak dan menjadi alasan tepat bagi Microsoft Store untuk tetap menjualnya. Well, selamat tinggal Windows Phone! Khayalan janji manismu mungkin akan dilupakan dalam beberapa bulan ke depan.

Diedit oleh Arya W. Wibowo