Dulu PC MOBA vs Mobile MOBA, Sekarang PUBG vs Fortnite: Bermacam Perang Antara Fanboy

Dulu ML vs AOV, Sekarang PUBG vs Fortnite: Bermacam Perang Antara Fanboy
Fanboy itu artinya bocah laki-laki kipas?

Persaingan antara dua kubu di dunia game, sudah menjadi hal yang biasa. Contohnya PUBG vs Fortnite yang memang kedua game tersebut saling bersaing untuk mendapatkan pemain.

Menariknya tidak hanya pihak developer dan publisher saja yang bersaing, para fanboy-pun juga ikut-ikutan saling bersaing untuk menunjukkan bahwa pilihan merekalah yang terbaik.

Fanboy sendiri adalah sebutan untuk para pengguna sebuah produk tertentu yang memiliki tingkat loyalitas yang tinggi. Sayangnya tidak semua fanboy memiliki tingkat toleransi yang baik, sehingga beberapa fanboy cenderung menjelekkan produk lain selagi mengagungkan produk yang mereka gunakan.

Hal inilah yang menjadikan perang antara fanboy. Indonesia juga adalah salah satu negara yang mengalami peperangan antara kedua kubu fanboy. Nah kali ini kita akan membahas berbagai macam jenis perang fanboy yang pernah terjadi di Indonesia. Yuk kita simak!

1

PC vs Konsol

Dulu PC MOBA vs Mobile MOBA, Sekarang PUBG vs Fortnite: Bermacam Perang Antara Fanboy
Sumber: Reddit

PC vs Konsol adalah salah satu perang yang pernah terjadi di masyarakat kita. Tentu saja perang ini adalah perang antara gamer yang di mana satu kubu sangat mengagungkan PC dan satunya mengagungkan Konsol.

Biasanya di kubu PC sering menyebutkan istilah “PC Master Race” yang menunjukkan bahwa PC adalah platform game yang bisa memainkan game dengan kualitas grafis yang tinggi. Setelah itu para fanboy biasanya akan merendahkan bahwa Konsol memiliki kualitas grafis yang rendah serta harga game yang mahal.

Sedangkan di kubu Konsol cenderung menunjukkan bahwa tidak perlu repot untuk merakit, hanya untuk bermain game. Kelebihan lainnya yang ditunjukkan adalah banyaknya game-game eksklusif yang tidak akan ada di platform lainnya.

Kubu Konsol akan merendahkan kubu PC dengan sebutan “PC Peasant” yang dimaksudkan bahwa para fanboy PC yang memiliki spesifikasi PC rendah tapi memaksakan diri untuk memainkan game-game AAA yang butuh speisifikasi tinggi.

2

Nvidia vs AMD

Dulu PC MOBA vs Mobile MOBA, Sekarang PUBG vs Fortnite: Bermacam Perang Antara Fanboy
Sumber: GPURendering

Biasanya disebut dengan kubu hijau (Nvidia) dan kubu merah (AMD dulunya ATI). Perang fanboy ini terjadi di kubu gamer PC karena memang para fanboy mengagungkan produk GPU andalan mereka.

Kubu hijau biasanya akan memamerkan efisiensi dari GPU mereka. Sedangkan kubu merah akan memamerkan harga yang lebih murah tapi memiliki performa yang tidak kalah dengan produk kubu hijau.

Tentu saja keduanya juga merendahkan satu sama lain. Kubu hijau akan menganggap bahwa kubu merah tidak efisien dan menganggap GPU-nya cepat panas. Sedangkan kubu merah menganggap bahwa GPU-nya cenderung mahal tapi tidak worth it.

3

Android vs iOS

android atau ios
Sekitar tahun 2009-2013, para fanboy Apple dan Android saling “berperang” hanya untuk menunjukkan gadget siapa yang lebih baik

Android vs iOS adalah salah satu perang fanboy yang sangat ramai yang terjadi sekitar tahun 2010-2013 di Indonesia.

Kubu iOS atau iPhone cenderung dianggap kaum elite. Karena di Indonesia gadget dari Apple tersebut memang memiliki harga yang mahal dan termasuk sangat canggih di masa itu.

Tidak semua bisa menerima anggapan tersebut, terutama dari para kalangan geek. Menurut beberapa kalangan geek, perangkat iOS memiliki harga kemahalan dibanding apa yang didapat.

Ketika Android rilis di Indonesia, Android disambut dengan baik oleh pasar. Sebab memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding perangkat iOS, tapi bisa memberikan fitur-fitur yang mirip dengan perangkat iOS. Selain itu Android juga disenangi oleh kalangan geek karena sifatnya yang Open Source.

5 Smartphone Android Terbaik di Kuartal Pertama Tahun 2018! (Januari – Maret)

Penetrasi smartphone yang begitu pesat di Indonesia membuat banyak vendor yang saling berlomba-lomba untuk menghadirkan perangkat besutannya. Pada awal tahun 2018 ini saja, yang saya mulai hitung dari Januari hingga April, telah banyak smartphone Android terbaik yang sudah bisa dirangkum menjadi satu.
Baca Juga

Dalam hal ini, biasanya kubu Android akan mengatakan bahwa perangkat iOS memiliki kekurangan besar yaitu harga yang mahal, tapi bisa didapatkan dengan membeli perangkat Android yang harganya lebih murah.

Sedangkan kubu iOS cenderung tetap kalem dengan produk kesenangan mereka. Karena dianggap segala fitur yang ada di iOS sangat membantu mereka. Selain itu kubu iOS selalu menganggap bahwa Apple selalu membuat inovasi yang memang memberikan “kenyamanan” untuk para fanboy.

4

PC MOBA vs Mobile MOBA

Dulu PC MOBA vs Mobile MOBA, Sekarang PUBG vs Fortnite: Bermacam Perang Antara Fanboy

Nah kali ini terjadi pada pihak gamer. Pernah dengar istilah “MOBA kok analog”? Istilah ini eksis ketika mulai populernya game Mobile Legends di Indonesia.

Mudahnya diakses dan memiliki gameplay yang lebih simpel, membuat Mobile MOBA juga digemari dan muncul para fanboy.

Hal yang menarik adalah beberapa fanboy Mobile MOBA menganggap bahwa pemain PC MOBA tidak jago dalam memainkan MOBA di Mobile. Mungkin karena itulah yang membuat para pemain PC MOBA ingin menunjukkan bahwa mereka lebih jago dan akhirnya ikut bermain MOBA di smartphone mereka.

5

Mobile Legends vs Arena of Valor

Dulu PC MOBA vs Mobile MOBA, Sekarang PUBG vs Fortnite: Bermacam Perang Antara Fanboy
Sumber: Duniaku

Populernya Mobile Legends menjadikan pihak Tencent naik pitam dan sempat menggugat Moonton selaku developer Mobile Legends. Pihak Moonton digugat karena dianggap telah melakukan plagiat dari game andalan mereka yaitu LOL atau League of Legends.

Tencent juga merilis Arena of Vaor (AoV) di Indonesia yang sudah terkenal terlebih dahulu di belahan dunia lain.

Dari situlah muncul kedua kubu fanboy. Biasanya kubu Mobile Legends akan mengejek “Moba kok iklan!” sedangkan pihak AOV akan mengejek dengan “Moba kok plagiat!”

6

PUBG vs Fortnite

Dulu PC MOBA vs Mobile MOBA, Sekarang PUBG vs Fortnite: Bermacam Perang Antara Fanboy

Salah satu perang fanboy yang cenderung tidak terlalu heboh dibandingkan contoh perang fanboy di atas. Memang pemain game Battle Royale cenderung tidak memiliki loyalitas yang tinggi dibandingkan beberapa fanboy game di atas.

Hanya saja biasanya pihak fanboy PUBG akan mengejek dengan menyebutkan “Battle Royale atau Minecraft?”.


Itu dia berbagai perang fanboy yang pernah terjadi di kalangan kita. Jangan sampai kita menjelekkan pihak lain saja ya, sebab sebaik apapun produk yang kamu gunakan, tetap tidak ada yang sempurna di dunia ini.

Diedit oleh Arya W. Wibowo