Kabar Duka, Opera VPN Akan Tutup Tak Lama Lagi!

Kabar Duka, Opera VPN Akan Tutup 7 Hari Lagi!

Sebuah kabar duka untuk para pengguna Opera, terutama layanan Opera VPN mereka. Opera mengumumkan secara resmi bahwa Opera VPN akan ditutup.

Kabar ini secara resmi langsung disampaikan oleh Opera melalui situs resmi milik Opera, OperaVPN. Opera mengatakan bahwa akan menutup permanen layanan VPN mereka, baik layanan VPN gratis maupun berbayar mulai dari tanggal 30 April 2018.

Opera VPN

Bagi yang telah berlangganan gold member, Opera akan memberikan opsi untuk melakukan pengembalian uang yang telah mengambil langganan VPN selama satu tahun.

Opera juga akan memberikan tawaran untuk upgrade ke layanan SurfEasy Ultra gratis untuk para gold member. SurfEasy sendiri adalah sebuah layanan VPN, hanya saja layanan ini tidak dipegang oleh Opera, melainkan salah satu anak perusahaan dari Symantec.

Para pengguna Opera VPN gratis juga akan diberikan tawaran untuk mendapatkan diskon 80% menggunakan SurfEasy Total VPN.

Layanan VPN yang ditutup tersebut adalah layanan VPN untuk Android atau iOS. Untuk para pengguna Opera Desktop masih bisa menggunakan layanan VPN dari Opera baik yang gratis maupun berbayar.

Belum ada keterangan resmi apa langkah selanjutnya dari Opera setelah menutup layanan Opera VPN ini. Beberapa spekulasi mengatakan bahwa layanan Opera VPN ditutup karena adanya perjanjian antara Opera dengan Negara Tiongkok.

opera mini

Opera VPN sangat populer di kalangan para penduduk Tiongkok. Tiongkok sendiri memang melakukan pemblokiran banyak situs luar yang menyebabkan para penduduk Tiongkok mencari cara untuk bisa mengaksesnya, salah satunya menggunakan VPN dari Opera ini.

Facebook Diblokir? Ini Cara Mudah Gunakan VPN untuk Akses Facebook

Facebook diblokir? Meskipun masih wacana dari Menkominfo, masih ada kemungkinan bahwa Facebook benar-benar akan diblokir. Sebenarnya ada berbagai cara untuk bisa mengakses Facebook ketika Facebook diblokir nanti. Salah satu cara yang akan kita bahas di artikel ini adalah menggunakan VPN. Bagaimana caranya? Cek di sini!
Baca Juga

Buat penulis sih, Opera VPN tutup tidak menjadi masalah, sebab masih ada layanan VPN lainnya yang bisa kita manfaatkan. Mungkin beda cerita jika sudah terlanjur langganan terutama langganan yang Gold Member ya.

Diedit oleh Arya W. Wibowo