Tidak Hanya Honor, Tahun Ini ASUS Pun Tampilkan Smartphone dengan 4 Lensa Kamera!

smartphone dengan 4 lensa kamera

Sejak beberapa tahun terakhir, pasar smartphone Indonesia telah diperkenalkan smartphone berkamera ganda. Namun, pada tahun 2017 kemarin muncul sebuah inovasi baru, yakni smartphone dengan 4 buah lensa kamera sekaligus, yang membuat sisi depan dan belakang memiliki lensa ganda. Dan di tahun ini, ASUS pun memiliki perangkat yang dibekali 4 lensa kamera.

Bersamaan dengan acara peluncuran Zenfone Max Pro M1 di Jakarta, Senin (23/4), ASUS turut memperkenalkan perangkat terbarunya yang mengutamakan kemampuan kamera. 4 buah lensa kamera langsung disematkan oleh ASUS ke dalam perangkatnya yang bernama ASUS Zenfone 5Q.

“Siapa yang tak suka berfoto? Hampir semua pengguna smartphone saat ini suka mengambil gambar. Saat ini, banyak pengguna yang tidak hanya ingin sekedar selfie, namun juga dibekali dengan kemampuan perangkat yang mumpuni pada bagian belakangnya,” ujar Tatjana Saphira, Brand Ambassador ASUS Indonesia.

“Maka dari itu, ASUS meluncurkan Zenfone 5Q, yang tidak hanya memiliki lensa ganda, namun 4 lensa kamera yang dibagi di depan dan belakang,” lanjutnya.

smartphone dengan 4 lensa kamera

ASUS Zenfone 5Q merupakan smartphone dengan 4 lensa kamera yang hadir mewarnai pasar. Sebelumnya, di tahun 2018 ini kita sudah diperkenalkan dengan Honor 9 Lite. Nah, dengan adanya Zenfone 5Q, maka pengguna yang ingin memiliki perangkat dengan 4 lensa kamera mendapatkan pilihan baru.

Zenfone 5Q merupakan smartphone yang hadir dengan ukuran layar 6 inci beresolusi 2160 x 1080 piksel atau Full HD+. Desain yang digunakan selaras dengan kebanyakan smartphone kelas menengah saat ini, yakni full view display, berkat rasio antara layar dan bodi yang sebesar 80,5 persen.

Unboxing ASUS Zenfone Max Pro M1, Adakah Earphone di Dalamnya?

Zenfone Max Pro M1 secara resmi diperkenalkan sebagai perangkat terbaru dari kubu ASUS, yang secara langsung menantang kegaharan Xiaomi Redmi Note 5 yang sudah meluncur lebih awal. Saya pun beruntung bisa melakukan unboxing ASUS Zenfone Max Pro M1.
Baca Juga

Pada bagian jeroan, ASUS menyematkan chipset Snapdragon 630 yang memiliki 8 inti dan telah berdiri dengan pabrikasi 14nm. RAM 4 GB dan ROM 64 GB menjadi rekanan dari chipset itu dalam menyuguhkan kinerja yang maksimal.

ASUS rupanya masih enggan menggunakan Android murni ke dalam Zenfone 5Q. Pasalnya, sistem Android 8.0 Oreo yang berjalan di dalam perangkat tersebut dikolaborasikan dengan ZenUI 5.0. Sehingga, Zenfone Max Pro M1 menjadi satu-satunya smartphone ASUS saat ini yang menggunakan Android murni.

smartphone dengan 4 lensa kamera

Sesuai dengan judul, ASUS Zenfone 5Q hadir dengan 4 lensa kamera sekaligus, yang dibagi menjadi dua lensa di depan dan di belakang. Pada bagian belakangnya, tersemat lensa 16 MP f/2.2 yang dilengkapi dengan phase-detection. Sementara itu, bagian depannya tersemat lensa 20 MP yang menggunakan sensor Sony IMX376.

smartphone dengan 4 lensa kamera

Sayang, ASUS tidak menjelaskan besaran lensa pada lensa kamera kedua di masing-masing sisi Zenfone 5Q. Hanya saja, setiap lensa kamera kedua tersebut memiliki kemampuan untuk meraih sudut pandang seluas 120 derajat, atau dalam arti kata lain adalah wide angle lens. Seluruh kinerja dari perangkat tersebut akan ditopang oleh baterai sebesar 3300 mAh.

Bagi kamu yang ingin memilikinya, maka silahkan mempersiapkan uang sebesar Rp3,499 juta. Berikut spesifikasi lengkap dari ASUS Zenfone 5Q:

Spesifikasi ASUS Zenfone 5Q
Layar 6 inci Full HD+ Resolution, Rasio 18:9 Full View Display
Chipset Qualcomm Snapdragon 630
OS Android 8.1 Oreo dengan ZenUI 5.0
Memory 4 GB + 64 GB
Kamera Utama Dual Lens: 16 MP F/2.2 + Unknown MP + LED Flash
Kamera Swafoto Dual Lens: 20 MP F/2.0 + Unknown MP + LED Flash
Baterai 3300 mAh
Jenis Kartu Dual SIM + Micro SD
Dimensi 160.52 x 76.06 x 7.75 mm
Sensor fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, e-compass, gyroscope
Harga Rp3,499 juta

Diedit oleh Arya W. Wibowo